Paradis dan Marley adalah dua negara atau wilayah yang muncul dalam cerita di franchise Attack on Titan. Paradis sendiri adalah sebuah pulau terpencil dimana wilayah tersebut menjadi rumah bagi bangsa Eldian, dan juga menjadi setting tempat dari sebagian besar ceritanya. Di sisi lain, Marley adalah salah satu negara yang paling pesat perkembangan industrinya. Namun, juga menjadi negara yang paling tiran di seluruh dunia.

Marley dan Eldia sudah sejak lama berperang, bahkan sudah sejak ribuan tahun yang lalu. Meskipun begitu seiring berjalannya cerita tidak jelas negara atau pihak siapa yang dianggap lebih “jahat,” namun bangsa Eldian sering kali dianggap sebagai sosok “iblis” berkat adanya kekuatan Titan. Padahal, Marley sendiri pun tidak luput dari “dosa” yang besar. Berikut adalah beberapa kejahatan yang dilakukan oleh bangsa Marley.

Mendoktrin Anak-anak Eldian Untuk Membenci Bangsanya Sendiri

Meskipun sebagian besar penduduk Eldian ada di pulau Paradis, namun tidak sedikit juga bangsa Eldian yang ada di wilayah Marley. Mereka semua harus tinggal di wilayah terpisah, yang bahkan jauh dari keramaian. Selain itu, mereka juga harus mengenakan semacam tanda pengenal berupa simbol di lengan mereka. Hal ini memunculkan segregasi diantara kedua bangsa.

Bangsa Eldian yang ada di wilayah Marley sudah sedari kecil harus menghadapi situasi yang pelik dan bahkan doktrin dari para petinggi Marley. Dan jika melihat dari apa yang terjadi pada Gabi Braun, bisa disimpulkan bahwa doktrinasi yang dilakukan bangsa Marley sukses besar. Gabi diperlihatkan membenci keberadaannya dan juga garis keturunannya, yang mana dia dilahirkan sebagai bagian dari bangsa Eldian. Gabi selalu berusaha untuk menjadi “Eldian yang baik” dan tidak ragu untuk membunuh sesama bangsanya sendiri.

Bangsa Marley Selalu Menekan Eldian

Seperti disebutkan di atas, sudah sejak kecil Eldian yang ada di Marley harus mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan. Tidak jarang juga mereka harus menghadapi ketidak adilan. Mereka semua tidak bisa mendapatkan kebebasan yang sama dengan bangsa Marley lainnya. Selain berlaku kepada masyarakat sipil, hal ini juga berlaku di pihak militer.

Hal ini bisa dilihat dari masa lalu Reiner Braun selama dia berada di militer. Sejak dia masih muda, banyak perlakuan yang kurang mengenakan harus dia terima. Doktrin yang sangat kuat dari Marley, pada akhirnya membuat Reiner harus berjuang kuat untuk membuktikan dirinya. Meskipun begitu, bangsa Marley sendiri selalu menaruh curiga terhadap para Eldian di tubuh militer mereka. Setiap pergerakan bahkan percakapan selalu diawasi oleh militer Marley lainnya.

Mengubah Eldian Menjadi Titan Hanya Untuk Kesenangan

Sersan Gross merupakan salah satu contoh nyata dari militer Marley yang selalu berbuat jahat dan bertindak sewenang-wenang terhadap para Eldian. Salah satu yang paling mengerikan adalah dia sangat menikmati untuk membuat bangsa Eldian menjadi Titan. Ross menyuntikan bangsa Eldian dengan cairan tulang belakang Titan. Dan yang gilanya lagi, dia senang melihat bagaimana momen mengerikan dari transformasi bangsa Eldian menjadi monster Titan yang meregang nyawa mereka. Eren Krueger menjadi sosok yang berhasil menghentikan semua tindakan Gross tersebut.

Sering Berperang Dengan Bangsa Lain

Meskipun pertahanan alami dari Pure Titan yang mencegah Marley untuk menyerang secara besar-besaran ke wilayah Paradis, sebenarnya ada alasan lain mengapa mereka tidak pernah menyerang sebuah wilayah dalam kekuatan penuh. Negara industrial tersebut sering kali terlibat perang dengan negara lain, dan mereka menggunakan para Titan yang mereka miliki untuk meraih kemenangan.

Hal ini diperlihatkan di awal musim keempat dari serinya, dimana kombinasi serangan Reiner Braun yang merupakan pemilik Armored Titan, Zeke Yeager pemilik Beast Titan, dan Porco Galiard pemilik Jaw Titan, berhasil menrebut benteng Slava. Dalam peperangan tersebut, bahkan pihak Marley menerjunkan tetara anak seperti Gabi, Udo, dan yang lainnya.

Marley Rela Menghancurkan Paradis

Salah satu dosa atau kesalahan terbesar yang pernah dimiliki oleh Marley adalah bagaimana mereka memanfaatkan para pasukan Warrior. Karena sebagian besar kekuatan militer mereka berada di negara lain untuk berperang, akhirnya mereka mengirimkan beberapa orang pemilik kekuatan Titan untuk menyusup ke pulau Paradis untuk mencari keberadaan pemilik Founding Titan.

Hal inilah yang menjadi awal mula rusaknya kedamaian yang sudah terjaga sejak bertahun-tahun lalu di pulau Paradis. Pasalnya, Reiner dan yang lain menjadi penyebab hancurnya distrik Shiganshina dan menjadi penyebab tewasnya penduduk Eldian di pulau Paradis, termasuk ibu dari Eren. Dan parahnya, Marley sendiri tidak pernah menghargai semua upaya mereka. Inilah yang membuat Reiner dan Bertholt sedih dan menyesali perbuatannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.