Akankah ada momen time-skip kedua pasca Wano? Apakah Luffy akan kembali berlatih setelah semua pertarungan di Onigashima selesai? Itulah beberapa pertanyaan yang muncul setelah melihat apa yang terjadi dalam penyerangan di Onigashima. Seperti yang kita ketahui, Luffy dan empat Worst Generation lainnya saat ini sedang bertarung menghadapi dua Yonko sekaligus.

Menghadapi seorang Yonko – yang notabene ada kaisar lautan – tentunya bukan sebuah hal yang mudah. Apalagi jika harus menghadapi dua Yonko sekaligus. Dan perlu juga dicatat bahwa arc Wano belum menjadi akhir dari petualangan Luffy di seri One Piece. Artinya, Luffy akan menghadapi lawan yang jauh lebih kuat lagi dan lebih mengerikan setelah arc Wano ini selesai.

Maka dari itu para fans bertanya mengenai apakah Luffy akan kembali berlatih setelah pertarungan di Onigashima ini selesai. Meskipun sebagian fans beranggapan bahwa Luffy dan yang lain masih perlu untuk kembali berlatih, namun ada juga spekulasi yang menyebutkan bahwa tidak perlu lagi ada arc tentang latihan. Mengapa? Karena arc Wano sudah menjadi arc “latihan” terbaik bagi Luffy.

Kasukiii - Hobbyist, Digital Artist | DeviantArtTidak akan ada lagi time-skip. Waktunya adalah sekarang. Jika Luffy memang mau membuktikan bahwa dia akan menjadi seorang raja, dia harus membuktikan hal tersebut sekarang dengan cara mengalahkan seseorang yang mendapatkan julukan “makhluk paling kuat di dunia” dalam pertarungan 1 lawan 1. Lalu, mengapa arc Wano disebut arc latihan terbaik?

Ada beberapa momen yang memperlihatkan bagaimana perkembangan Luffy mulai meningkat. Pertama, saat Luffy berlatih bersama Rayleigh saat time-skip. Kedua, saat dia berlatih atau mendapatkan Advanced Observation Haki di Whole Cake Island. Ketiga, Luffy berlatih bagaimana menggunakan Advanced Armament Haki di Wano, setelah dia berlatih bersama Hyogoro.

Terakhir, Luffy berhasil menggunakan Advanced Conqueror Haki dalam pertarungannya melawan Kaido. Luffy sendiri diperlihatkan kalah dengan mudah oleh Kaido. Bahkan, Luffy tumbang hanya dengan satu kali serangan saja. Luffy juga beberapa kali tumbang dalam penyerangan ke Onigashima ini oleh Kaido, namun dia tidak pernah mau menyerah. Bahkan, bisa dibilang, Kaido dan Luffy memiliki kemiripan.

This Is My One Piece Corner — Love the contrast between Doflamingo and Rosinante...Keduanya sama-sama berada di puncak kekuatan, berhasil mendapatkan kekuatan mereka saat ini, dengan kembali bangkit setiap kali dikalahkan. Dan sekarang salah satu dari mereka harus tumbang, agar salah satu lainnya masih tetap bisa berdiri. Berbagai petunjuk sudah diperlihatkan dalam ceritanya untuk kemudian membuat Luffy menghadapi Kaido satu lawan satu dan kemudian mengalahkannya.

Memang, tidak akan mudah bagi Luffy kedepannya, apalagi setelah dia berhasil menggunakan Advanced Conqueror Haki. Namun, Luffy sepertinya sudah siap dengan semuanya. Pertarungan ini akan menjadi pertarungan dua karakter kuat dan mengerikan, yang sama-sama memiliki cita-cita untuk menjadi raja bajak laut. Di chapter 830, Jinbe sendiri berani bertaruh pada Luffy untuk masa depannya sebagai raja bajak laut.

Hal itu menjadi bukti bahwa Luffy memang memiliki peluang besar mewujudkan mimpinya. Dan sejauh ini, Luffy sudah sering menghadapi “hewan buas” dalam ceritanya. Luffy berhasil mengalahkan “hiu” di Arlong Park, dia juga mengalahkan “buaya” di Alabasta, dan mengalahkan “macan tutul” di Water 7. Luffy juga bahkan berhasil mengalahkan hewan buas lainnya – bahkan mengendalikan mereka – selama di Rusukaina. Dengan semua “pengalaman” menghadapi “binatang buas” tersebut, waktunya Luffy menghadapi “sang raja binatang buas.”

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.