Para cast dan juga pihak dibalik layar The Falcon and The Winter Soldier sempat memberikan petunjuk mengenai adanya sosok karakter yang akan diperkenalkan sebagai cameo di episode lima. Berdasarkan hal tersebut, banyak dari para fans kemudian mulai berspekulasi dan berteori siapa yang kira-kira sosok yang dimaksud. Siapa karakter yang akan muncul sebagai cameo di episode 5.

Dalam episodenya kita melihat bagaimana John Walker akhirnya tidak lagi menjadi Captain America, dengan “dipecat secara tidak hormat” oleh kongres Amerika Serikat setelah dia membunuh seseorang di depan publik. Yang menarik adalah setelah persidangan, ketika istrinya sedang menguatkan John, muncul sosok wanita misterius yang memperkenalkan diri sebagai Contessa alentina Allegra de Fontaine. Siapa sebenarnya wanita tersebut?

Asal Usul Valentina Versi Komik

Contessa Valentina Allegra de Fontaine adalah karakter yang pertama kali muncul pada 1968. Sedari kecil, Valentina sudah dilatih oleh keluarganya untuk menjadi seorang mata-mata hebat. Ketika dianggap sudah siap, Valentina kemudian mengikuti jejak orang tuanya untuk bergabung dengan sebuah kelompok jaringan teroris rahasia yang bermarkas di Russia, yaitu Leviathan.

siapa valentina allegra de fontaineValentina berperan sebagai sleeper agent atau agen rahasia. Nama keluarga de Fountaine sendiri sebenarnya merupakan pemberian dari Leviathan, saat perang dingin terjadi. Mereka kemudian dipindahkan ke Italia sebagai bagian dari kelompok pejuang yang bertarung melawan USSR. Ketika orang tua Valentina dibunuh, Leviathan kemudian menghubunginya dan menawarkan tempat di organisasi mereka.

Setelah kematian orang tuanya, Val kemudian menggunakan identitas sebagai salah satu kaum “jet set” atau kaum kaya raya di Eropa, sampai sosok Timothy Dugan bertemu dengan Val. Menyadari kekuatan dan kemampuan dari Val, Dugan kemudian mengajak Val untuk bergabung dengan SHIELD. Memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menjadi mata-mata bagi Leviathan, Val akhirnya menerima tawaran tersebut.

Val kemudian kembali mendapatkan banyak sekali pelatihan dan berbagai hal lain yang mendukung operasionalnya di SHIELD. Val sendiri kemudian bertemu dengan sosok Nick Fury, yang mana mereka sempat saling bertarung satu sama lain. Val sendiri kagum dengan sosok Nick Fury, karena dianggap mampu menandinginya dalam pertarungan. Momen itu berhasil menarik perhatian dari Nick Fury.

Seorang Mata-Mata Rahasia Yang Sangat Terlatih

Meskipun Val tidak memiliki kekuatan super, Val memiliki kemampuan yang sangat luar biasa yang mendukung kegiatan mata-matanya. Seperti halnya Natasha Romanoff, Valentina juga merupakan sosok yang ahli dalam pertarungan jarak dekat dan tangan kosong. Val juga handal dalam penggunaan berbagai senjata, terutama senjata api. Dia adalah seorang penembak jitu yang brilian.

Contessa Valentina Allegra de la Fontaine - Marvel Comics - Profile #1 - Writeups.orgSebagai seorang mata-matar super rahasia, Val juga memiliki bekal kemampuan strategi, taktik, dan juga spionase yang luar biasa. Sering kali, saat Valetina melaksanakan tugasnya, dia menggunakan kostum yang berbahan anti peluru. Tidak lupa juga dia selalu membawa senjata api yang bisa digunakan kapanpun.

Seorang Triple Agent

Saat Val bertugas di SHIELD, dia kemudian bergabung dengan Femme Force, sebuah kelompok elit yang berisi para wanita dari agen SHIELD yang mana pemimpin mereka adalah Sharon Carter, Nick Fury, dan Captain America. Namun, selain mengabdi kepada SHIELD, Valentina juga bergabung dengan kelompok ekstremis Hydra, yang merupakan musuh bagi SHIELD.

Pin on MarvelSaat bergabung dengan Hydra, Valentina menggunakan identitas lain, yaitu Madame Hydra – karakter yang sudah muncul di Agent of SHIELD. Namun, meskipun Valentina bergabung dengan dua organisasi sekaligus, dia tetap menjadi anggota yang setia pada Leviathan. Tidak jarang dia membantu Leviathan dalam berbagai misi dan tujuan mereka, seperti misalnya saat dia membantu pemimpin Leviathan, Vasili Dassaiev alias Magadan, mengembalikan kemampuan untuk menciptakan manusia super dan membangkitkan kembali sang adik yang sudah tewas, Viktor Uvarov alias Orion.

Akan Muncul Di Film Black Widow

Kemunculan Valentina di seri The Falcon and The Winter Soldier benar-benar diluar ekspektasi dan dugaan para fans. Sebelumnya, banyak dari para fans Marvel menduga atau berspekulasi bahwa cameo yang akan muncul di episode 5 adalah Black Panther alias T’Challa. Namun, pihak produser sendiri dengan tegas membantah spekulasi tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka ingin “menghormati” warisan dari karakter tersebut.

Ada sebuah fakta menarik tentang sosok Valentina ini. Sebelum pandemi COVID-19 melumpuhkan banyak sektor, termasuk film, yang membuat banyak penayangan film layar lebar dan produksi film harus tertunda, film Black Widow rencananya akan dirilis tiga bulan sebelum The Falcon and The Winter Soldier tayang perdana di Disney Plus. Namun, Marvel kemudian merubah jadwal penayangan film dan series mereka.

siapa valentina allegra de fontaineYang juga menarik adalah seri tersebut tetap dijadwalkan rilis seperti semula. Dan sekarang akhirnya kita mengetahui apa alasannya. Menurut Vanity Vair, Louis-Dreyfus dijadwalkan muncul di film Black Widow dan dikabarkan akan memiliki peran penting di MCU melalui film tersebut. Mengingat Black Widow merupakan film prekuel dan bersetting setelah peristiwa Captain America: Civil War, semuanya jadi terasa masuk akal.

Film Black Widow sendiri akan menghadirkan sosok Natasha romanoff dan cerita masa lalunya bagaimana dia menjadi seorang Black Widow. Selain natasha, Yelena Belova dan juga Red Guardian akan muncul di filmnya. Dan mengingat setting filmnya sendiri disaat perang dingin dan pengaruh dari Uni Soviet (dan Hydra) sangat kental di filmnya, masuk akal jika sosok Madame Hydra akan muncul dan memiliki peran penting di filmnya.

Dengan hanya satu episode tersisa dari The Falcon and The Winter Soldier, ada kemungkinan bahwa Valentina tidak akan muncul di episode terakhir. Tapi, yang pasti, kemunculan Valentina akan memiliki dampak yang sangat besar di masa depan MCU. Dan ketika film Black Widow muncul, mungkin kita akhirnya akan melihat kembali sosok Valentina sebagai Madame Hydra.