Dalam episode kedua serial Falcon and Winter Soldier, Bucky tampaknya menggunakan nama baru yaitu White Wolf. Nama tersebut juga telah disebutkan dalam beberapa film di MCU. Falcon sendiri cukup kebingungan dengan nama baru tersebut. Pasalnya, nama tersebut diberikan oleh anak-anak di Wakanda kepada Bucky. Nama tersebut melekat pada Bucky saat ia menjalani perawatan di Wakanda setelah peristiwa Civil War. Bahkan T’Challa pernah menyebut nama tersebut dalam sebuah kesempatan.

Di komik Marvel, nama White Wolf sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun ada beberapa perbedaan antara White Wolf di komik dengan filmnya. White Wolf di komik adalah seorang pria bernama Hunter, sementara di MCU, White Wolf adalah Bucky Barnes. Di komik, Hunter adalah seseorang dari luar Wakanda yang diizinkan tinggal bersama orang-orang di sana oleh raja T’Chaka. Hunter sudah tinggal di Wakanda sejak kecil dan sejak itulah Hunter mulai dilatih menjadi sosok yang hebat oleh T’Chaka. T’Chaka pun sudah menganggap Hunter sebagai anak angkatnya.

Di Wakanda, White Wolf diberikan tanggung jawab oleh T’Chaka untuk mengelola pasukan khusus Wakanda bernama The Hatut Zeraze alias Dogs of War. Mereka ditugaskan untuk mengontrol kerusuhan yang terjadi di luar Wakanda. Sejak itulah Hunter mulai menggunakan nama White Wolf sebagai alter egonya. Nah setelah T’Challa ditunjuk untuk menggantikan T’Chaka, T’Challa mulai membubarkan pasukan Dogs of War karena dinilai terlalu brutal. Dogs of War memang terkenal karena sering menggunakan kekuatan yang mematikan untuk melindungi Wakanda. Oleh sebab itulah T’Challa marah dan membubarkan mereka.

Terlepas dari rasa benci White Wolf kepada T’Challa, tetapi White Hunter masih menyayangi Wakanda. Kapan pun T’Challa meminta bantuan kepada White Wolf untuk menyelamatkan Wakanda, maka White Wolf akan siap membantu. Namun dalam komik Black Panther # 50, akhirnya rasa kebencian White Wolf kepada Black Panther menjadi sangat besar, dan White Wolf malah bertindak terlalu jauh dengan melawan Black Panther.

Ketika Black Panther melepaskan tahtanya meninggalkan Wakanda, dan menjadi pelindung Hell’s Kitchen di America Serikat, White Wolf malah memutuskan untuk mengakhiri persaingannya dengan Black Panther alias T’Challa dengan membunuhnya untuk selamanya. Untuk melakukan itu, White Wolf lantas mulai membantai wanita di Hell’s Kitchen untuk memancing Black Panther dalam pertempuran terakhir. Beruntung Black Panther akhirnya dapat mengalahkan White Wolf dan mengadilinya atas kejahatan yang pernah ia lakukan.

Nah di MCU sendiri, White Wolf sangat berbeda dengan komik. Di MCU, T’Chaka tidak pernah memiliki anak angkat. Itu berarti tidak ada karakter Hunter yang pernah hidup di MCU. Nama White Wolf sendiri pada akhirnya diberikan kepada Bucky karena jalan hidup Bucky mirip seperti Hunter. Bucky pernah dirawat di Wakanda, dan ia juga merupakan orang kulit putih, persis seperti Hunter versi komik. Selain itu, Bucky juga adalah seorang tentara bayaran di masa lalunya, sehingga Bucky mirip sekali dengan Hunter alias White Wolf. Karena kemiripan itulah pada akhirnya Bucky juga disebut sebagai White Wolf.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/