Semenjak Conqueror Haki pertama kali diperkenalkan dalam cerita One Piece dan juga muncul di ceritanya, banyak para fans yang kemudian penasaran dengan kemampuan dari Conqueror Haki. Apakah itu hanyalah sebuah teknik pengendalian saja? Namun, sepertinya Conqueror Haki memiliki sesuatu yang sangat istimewa yang mungkin bisa digunakan untuk menghadapi Kaido dalam arc Wano ini.

Dalam chapter 1010 kemarin, kita akhirnya mendapatkan sedikit gambaran bagaimana berbahayanya dan mengerikannya Conqueror Haki. Hal ini diketahui setelah Luffy menyadari bahwa selama ini, yang membuat Kaido kuat dan sulit untuk dikalahkan atau dilukai bukanlah karena Armament Haki, melainkan Conqueror Haki. Haki ini ternyata bisa juga digunakan sebagai pertahanan ataupun penyerangan.

Peningkatan kemampuan Conqueror Haki Luffy sendiri sebenarnya sudah diperlihatkan ketika Hyogoro menyadari bahwa kekuatan yang ditampilkan Luffy sudah melebihi Ryuo. Hyogoro mungkin memang ahli dalam hal Armament Haki dan juga Advanced Armament Haki atau Ryuo. Namun, Hyogoro tidak memiliki Conqueror Haki. Dan mengingat Conqueror Haki tidak bisa benar-benar dilatih – kecuali memang seseorang bisa melakukannya seperti Rayleigh – maka bisa dipahami mengapa Hyo begitu terkejut melihat apa yang terjadi pada Luffy.

Wamiq (@Phoenixbrand_) | TwitterHal ini memang masuk akal karena seiring dengan perkembangan kekuatan dari penggunanya, maka Conqueror Haki si pengguna tersebut juga akan tumbuh dan berkembang – bahkan jika mereka tidak menyadarinya. Hal ini terjadi saat Luffy berhasil membuat takut binatang yang ditunggangi oleh Duval. Tanpa disadari Luffy sudah menggunakan Conqueror Haki miliknya.

Kemudian dia juga berhasil membuat tidak sadar beberapa penduduk Amazon akibat Conqueror Haki miliknya, serta ada beberapa lagi kejadian lainnya. Puncaknya sendiri adalah ketika dia berhasil menghentikan para algojo yang akan mengeksekusi Ace – serta beberapa angkatan laut lainnya. Setelah time-skip dan Rayleigh mengajari Luffy bagaimana menggunakan Haki miliknya, Luffy lebih bisa mengendalikan Conqueror Haki tersebut.

Selain dia bisa mengendalikan siapapun, dia bahkan bisa membuat puluhan ribu orang tidak sadarkan diri. Hal ini diperlihatkan saat Luffy menghadapi pasukan dari Hody Jones di pulau manusia ikan. Di Wano, setelah pertarungannya di Dressrosa dan Whole Cake Island, Luffy bahkan bahkan mampu menggunakan Conqueror Haki meskipun dia dalam keadaan tidak sadar. Hal ini diperlihatkan saat Luffy tidak sadarkan diri setelah menerima serangan Kaido.

Chapter Discussion - ONE PIECE CHAPTER 1010: COLOR OF THE SUPREME KING | Page 31 | WorstgenPeningkatan kekuatan sesuai dengan kemampuan penggunanya, sesuai dengan apa yang diungkapkan oleh Rayleigh dulu. Rayleigh menyebutkan bahwa Conqueror Haki adalah bentuk perwujudan dari semangat atau tekad penggunanya. Tidak ada cara cepat atau tidak ada latihan untuk bisa membuat Haki tersebut menjadi lebih kuat. Satu-satunya cara untuk meningkatkan kekuatan Conqueror Haki adalah dengan meningkatkan kekuatan penggunanya.

Luffy sendiri sejauh ini diperlihatkan tidak pernah berhenti membuat dirinya berada dalam situasi yang pelik dan terpojok. Dia selalu berusaha menghadapi musuh-musuhnya. Dengan sendirinya, kemampuan Conqueror Haki Luffy akan meningkat dan semakin kuat. Luffy sendiri saat ini sedang menghadapi seorang Kaido, sang kaisar lautan. Dengan kekuatan yang sangat dahsyat, mau tidak mau Luffy harus meningkatkan kemampuannya dalam waktu singkat.

Mengingat Luffy adalah sosok yang digadang-gadang menjadi pewaris tekad Roger, wajar jika kemudian pada akhirnya waktu dimana Luffy bisa memaksimalkan Conqueror Haki miliknya pun tiba. Pertarungan sebenarnya melawan Kaido baru saja dimulai. Namun, masih belum diketahui apakah Luffy bisa menghadapi Kaido sendirian, meskipun dia bisa menggunakan Conqueror Haki untuk menghadapinya. Bila melihat apa yang terjadi di akhir chapter 1010 kemarin, mungkin Luffy bisa menghadapi kaido sendirian.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.