Chapter terbaru dari manga One Piece memberikan kejutan besar dimana salah satu kru Topi Jerami, Roronoa Zoro, ternyata memiliki salah satu kemampuan dahsyat dan langka di serinya yaitu Haoshoku Haki atau Conqueror Haki. Hal ini dikonfirmasi oleh sang Yonko sendiri, Kaido, saat dia menerima serangan Asura yang dilancarkan oleh Zoro sebagai serangan terakhirnya.

Dalam chapter 1010 kemarin, Zoro diperlihatkan kembali mengerahkan tenaganya bersama Kidd, Killer, dan Law. Luffy sendiri diperlihatkan masih tidak sadarkan diri setelah terkena serangan dahsyat Kaido. Kaido sendiri berhasil menyerang Law dan Zoro untuk membebaskan Zeus, agar Big Mom yang terjatuh bisa diselamatkan. Kidd dan Killer kemudian mengejar Big Mom.

Di sisi lain, Law dan Zoro kembali bertarung melawan Kaido. Zoro berpesan kepada Law bahwa dia akan mengerahkan semua tenagaya untuk serangan terakhir. Jika tidak berhasil, maka Law yang harus melanjutkannnya. Zoro kemudian menyerang Kaido dengan teknik Asura, yang menjadi bukti bahwa Zoro memang serius. Asura sendiri baru akan digunakan Zoro jika situasi memang sudah terdesak atau situasi yang memang memaksa Zoro menggunakan teknik tersebut.

Kumi på Twitter: "Eustass Kid thread! For one thing, Kid has been fighting nothing but top tiers up until this point. He crossed paths with the Red Hair pirates, a Sweet CommanderTerbukti, Zoro langsung terluka cukup parah meskipun dia tidak tumbang. Yang menarik adalah Kaido kemudian mengatakan bahwa serangan tersebut bisa meninggalkan bekas luka di tubuhnya, karena Zoro memiliki Conqueror Haki. Ini seolah menjadi konfirmasi dari spekulasi para fans sejak lama, bahwa Zoro juga memang memiliki Conqueror Haki seperti halnya Luffy.

Namun, pada saat itu para fans baru hanya bisa berspekulasi, ditambah dengan beberapa momen yang menjadi petunjuk untuk spekulasi tersebut. Contoh yang paling nyata adalah pertarungan Zoro dan Monet. Monet dinyatakan “tewas” karena dia merasa Zoro sudah membunuhnya, yang mana pada kenyataanya tidak. Hal itulah yang kemudian dianggap sebagai efek dari Conqueror Haki – meskipun ada juga yang menganggap bahwa itu adalah efek dari “mata iblis” yang berada di mata kiri zoro.

Berbicara mengenai Conqueror Haki, ada pernyataan menarik yang muncul dari Kaido saat dia berhasil menumbangkan Luffy di awal pertemuan mereka. Saat itu, Luffy tidak sadarkan diri akibat terkena serangan Thunder Bagua. Namun, Haki dari Luffy masih begitu kuat terasa. Kaido sendiri mengatakan bahwa Luffy juga ternyata memiliki Conqueror Haki, dan sudah terlalu banyak pengguna Conqueror Haki di dunia ini.

Who are the One Piece characters who can use Conqueror's Haki? Who are your predictions about other characters who could potentially own this Haki? - QuoraKata-kata Kaido tersebut menarik karena memang “seharusnya” Conqueror Haki menjadi salah satu kekuatan yang jarang dimiliki oleh banyak orang. Seperti yang diketahui, Conqueror Haki adalah jenis Haki yang paling jarang dan langka dibandingkan Observation dan Armament Haki. Menurut informasinya, dari satu juta orang, maka hanya ada satu orang saja yang memiliki kemampuan ini.

Tapi, seiring berjalannya cerita dari awal sampai sekarang, diketahui total ada sekitar 16 orang yang memiliki kemampuan Conqueror Haki. Mereka adalah : Shanks, Boa Hancock, Big Mom, Silvers Rayleigh, Whitebeard, Portgas D. Ace, Donquixote Doflamingo, Chinjao, Charlotte Katakuri, Kozuki Oden, Eustass Kidd, Sengoku, Kaido, Monkey D. Luffy, dan Roronoa Zoro.

Di satu sisi, hal ini mungkin wajar mengingat mereka adalah sosok yang memang sangat kuat. Namun, di sisi lain, apa yang diungkapkan oleh Kaido bisa jadi ada benarnya. Conqueror Haki seolah kehilangan “eksklusifitasnya” dengan kembali diperkenalkannya karakter lain yang memiliki kemampuan ini. Mungkin, akan lebih baik jika Oda Sensei mengurangi jumlah pemilik Conqueror Haki, karena itulah esensi dari kemampuan tersebut.

Spekulasi lain pengguna Conqueror Haki juga bermunculan di kalangan para fans. Monkey D. Garp, Monkey D. Dragon, Rocks D. Xebec, Blackbeard, dan Sakazuki, disebut-sebut sebagai “kandidat” pemilik Conqueror Haki selanjutnya. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah seharusnya pengguna Conqueror Haki dikurangi atau justru lebih baik ditambah?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.