Seri Dragon Ball GT mungkin bukanlah salah satu seri yang populer di franchise Dragon Ball dibandingkan seri lainnya. Namun, satu hal yang menarik – dan juga dianggap aneh oleh para fans – dari seri tersebut adalah diperkenalkannya salah satu transformasi terunik, yaitu Super Saiyan 4. Transformasi ini memberikan para fans penampilan baru dari form Super Saiyan yang selama ini kita kenal.

Pengguna dari form Super Saiyan 4 akan memiliki rambut hitam dan juga muncul bulu di tubuhnya. Padahal, biasanya form Super Saiyan akan merubah warna rambut penggunanya menjadi keemasan atau putih. Metode untuk menggunakan form ini pun dianggap tidak biasa dibandingkan form lainnya. Dan mungkin ada beberapa fakta dari Super Saiyan 4 yang mungkin belum diketahui oleh Geeks semua. Apa saja?

Bisa Menyerap Energi

Salah satu hal luar biasa dari Super Saiyan 4 adalah kemampuannya menyerap energi. Hal ini memang sama dengan kemampuan yang dimiliki oleh form Super Saiyan God. Yang juga menarik dari hal penyerangan energi ini adalah penggunanya menggunakan energi yang diserap untuk membuka potensi penuh dari transformasi ini. Inilah yang dilakukan Goku saat mengalahkan Baby Vegeta.

Penyerapan energi ini juga bisa digunakan dalam hal menyerang. Dalam pertarungan Goku melawan Baby Vegeta, dimana Goku menyerap Revenge Death Ball milik Baby Vegeta, Goku kemudian menyalurkan energi yang dia serap untuk kemudian “dirubah” menjadi teknik Kamehame dengan kemampuan 10 kali lipat dari biasanya. Salah satu hal yang juga menjadi perhatian para fans adalah Goku tidak perlu usaha banyak saat menyerap energi tersebut.

Memerlukan Blutz Waves

Untuk bisa mencapai Super Saiyan 4 butuh banyak sekali energi. Bahkan, setelah penggunanya berhasil berubah ke form tersebut, mereka butuh energi Blutz Wave untuk bisa kembali menggunakan form tersebut. Ketika Vegeta akhirnya berubah ke form lainnya setelah menggunakan Super Saiyan 4 saat bertarung menghadapi Omega Shenron, Vegeta tidak bisa lagi kembali menggunakan form tersebut.

Beruntung, Vegeta kemudian menggunakan mesin dari Blutz Wave milik Bulma. Ternyata masalahnya adalah Vegeta tidak memiliki ekor. Dan dia membutuhkan mesin tersebut untuk menumbuh ekor. Jika ekor pada Goku kecil kemudian dilepas dari tubuhnya, maka dia akan kehilangan kemampuan untuk bisa berubah menjadi Super Saiyan 4.

Mampu Membetulkan Pakaian Yang Rusak

Salah satu detail kecil yang mungkin banyak fans lewatkan adalah setiap kali penggunanya berubah ke Super Saiyan 4, maka pakaian yang mereka gunakan akan kembali seperti semula. Biasanya, ketika seorang Saiyan bertransformasi ke form baru, maka pakaian yang mereka gunakan akan menghilang, entah karena efek dari perubahan tersebut atau hancur karena otot mereka yang membesar – seperti halnya Hulk.

Hal tersbeut mengindikasikan bahwa form Super Saiyan 4 memang bisa menyerap dan menggantikan pakaian yang digunakan oleh penggunanya atau aura yang ada di form tersebut membuat pakaian yang dikenakan kembali seperti semula. Memang tidak ada penjelasan yang jelas dan pasti mengenai hal ini.

Super Saiyan 4 dan Super Saiyan Bisa Dipadukan

Ultra Fusion dari Dragon Ball Fusion mungkin adalah komponen teraneh yang berasal dari Super Saiyan 4. Meskipun bukan bagian dari cerita canon, gamenya sendiri memperkenalkan sebuah konsep fusion lima arah/lima cara (five-way fusion). Jika formnya dilakukan oleh seorang Saiyan laki-laki, maka form Ultra Fusion akan mirip dengan Super Saiyan 4 yang dipadukan dengan form Super Saiyan.

Semua bulu dan rambut di tubuh mereka akan berubah menjadi keemasan. Perpaduan ini seolah menirukan apa yang bisa dilakukan oleh Super Saiyan dan Super Saiyan God. Dengan sumber kekuatan yang luar biasa dahsyat ini membuat Ultra Fusion menjadi transformasi yang epik. Masih belum diketahui apakah Super Saiyan 4 bisa juga dipadukan dengan form Super Saiyan lainnya.

Super Saiyan 4 Adalah Super Saiyan Legendaris (?)

Transformasi Super Saiyan 4 mungkin adalah form Legendary Super Saiyan yang selama ini menjadi bahan perbincangan di dunia Dragon Ball. Bukti dari hal tersebut banyak sekali muncul di Dragon Ball Z. ketika Vegeta berbicara tentang sosok legendaris, maka Vegeta mengaitkannya dengan transformasi Golden Oozaru, yang kemudian baru muncul di Dragon Ball GT.

Hal tersebut memunculkan beberapa pertanyaan, salah satunya adalah jika memang Super Saiyan 4 adalah transformasi Super Saiyan legendaris, lalu bagaimana dengan form Legendary Super Saiyan yang dimiliki oleh Broly? Broly diketahui memiliki transformasi unik Golden Oozaru, seperti yang diperlihatkan di Dragon Ball Heroes. Dalam form tersebut, bulunya berubah menjadi hijau seperti halnya rambutnya.

Setelah berhasil mengendalikan transformasi tersebut, dia kemudian bertransformasi menjadi Super Saiyan 4. Semua transformasi tersebut dipengaruhi oleh sifat alamiah Broly sebagai Legendary Super Saiyan, yang membuat transformasi Super Saiyan 4 miliknya menjadi luar biasa epik. Selain itu, semua kemampuan dan kelebihannya berhasil dibuka berkat hal tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.