Seperti yang terlihat di adegan terakhir serial Falcon and Winter Soldier, Captain America baru alias John Walker secara resmi beralih ke sisi gelap. Seperti yang sebelumnya dikatakan oleh Erskine di film Captain America: The First Avengers, serum super soldier memperkuat kepribadian dan juga fisik seseorang. Ketika sosok baik disuntik oleh serum tersebut, maka ia akan menjadi semakin baik. Begitu juga sebaliknya, ketika sosok jahat disuntik oleh serum tersebut, maka kejahatannya akan semakin menjadi. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah apakah sekarang John Walker akan sama jahatnya seperti dalam komiknya? Di komik Marvel sendiri, ada berbagai hal buruk yang pernah dilakukan John Walker. Apa saja? Simak di bawah ini Geeks!

Menggunakan Jalan Pintas Untuk Menjadi Kuat

Walker dulunya adalah seorang anak yang ingin mengabdi pada negaranya dan menjadi seorang patriot seperti ayah dan saudara laki-lakinya. Walker berjuang untuk mengikuti reputasi ayah dan saudara laki-lakinya, dan ia pada akhirnya memutuskan bergabung dengan angkatan darat bersama dengan temannya, Lemar Hoskins. Dalam upaya untuk menjadi lebih hebat, Walker tertarik dengan tawaran dari seorang pengusaha korup bernama Curtiss Jackson, alias Power Broker. Walker bersama dengan Lemar dan teman-teman lainnya, Lennox dan Johnson, lantas menggunakan serum Super Soldier, sehingga memberi mereka kekuatan seperti manusia super. Itulah yang pada akhirnya mengubahnya sebagai Super Patriot yang haus akan kekuasaan.

Bertentangan Dengan Steve Rogers

Meskipun sama-sama berasal dari Amerika dan memiliki niat untuk melindungi Amerika, tetapi nyatanya Steve Rogers dan John Walker tidaklah sama. Mereka berdua seringkali berseteru, dan bahkan perseteruan antara mereka berakhir dengan pertarungan. John Walker lah yang sebenarnya menginisiasi perseteruan dengan Steve Rogers. Faktanya, Walker pernah melakukan perjalanan dari kota ke kota, dan memberikan pidato seperti layaknya kandidat politik. Ia mengklaim bahwa cita-cita Steve Rogers sudah tidak berharga dan ketinggalan jaman. Walker pun mengklaim bahwa dirinya sendiri adalah sosok yang dapat mewakiliki nilai-nilai Amerika yang lebih modern.

Mengkhianati Teman Lama

Setelah Walker menjadi Captain America, identitasnya dirahasiakan. Begitulah yang terjadi, sampai teman-teman lamanya, Lennox dan Johnson, muncul. Dengan menggunakan identitas baru yaitu Left-Winger dan Right Winger, mereka pun mengungkap identitas asli John Walker. John Walker kemudian menjadi sangat marah dengan apa yang dilakukan mereka sehingga dia terus mengancam orang tua Lennox dan Johnson. Pada akhirnya Walker berhasil menangkap mereka dan mengikatnya di samping tangki minyak yang bocor. Kemudian Walker pun menyalakan apinya sehingga tangkinya meledak. Hasilnya, keduanya terbakar parah dan koma karena ledakan yang dihasilkan.

 Membantai Habis Musuhnya

Setelah identitas John Walker terungkap ketika dia menjadi Captain America, sebuah kelompok teroris bernama Watchdogs mengejar orang tua Walker dan benar-benar membunuh mereka. Setelah keluarganya dibantai, satu-satunya hal yang ada di pikiran Walker adalah membalas dendam. Amarahnya pada akhirnya menjadi-jadi dan ia membunuh semua anggota Watchdog yang ada. Peristiwa mengerikan itu terjadi di komik Captain America # 345. Pembalasan yang brutal tersebut menunjukkan bahwa Walker memang tidak bias mengendalikan dirinya sendiri, seperti versi  MCU.

Meninggalkan Lennox dan Johnson

Ini adalah contoh bagaimana sosok John Walker tidak setia pada kawannya, Johnson dan Lennox. Dengan menggunakan nama baru mereka yaitu Left-Winger dan Right-Winger, mereka mengungkap identitas rahasia Walker kepada dunia. Tapi mereka berdua melakukan itu karena mereka punya alasan. Lennox dan Johnson memang memiliki sejarah yang panjang dengan Walker, dari mulai mendapatkan serum Super Soldier dari Power Broker, hingga membantu Walker agar terlihat lebih heroik oleh public dengan melakukan beberapa serangan, agar Walker terlihat seperti pahlawan. Jadi, Lennox dan Johnson merasa sangat dikhianati ketika Walker adalah satu-satunya orang yang direkrut menjadi Captain America baru, sementara mereka berdua ditinggalkan begitu saja dalam kegelapan oleh Walker.

Bertarung Melawan Sam Wilson

Setelah hari-harinya sebagai Captain America dan Super Patriot telah berakhir, Walker terus berusaha untuk kembali mendapatkan gelar tersebut. Namun gelar Captain America baru saat itu dipegang oleh Sam Wilson. Walker pun tidak bisa menahan diri untuk menghadapi Captain America baru, Sam Wilson. Pemerintah AS pun sebenarnya tidak menyukai Sam Wilson sebagai Captain America baru sehingga mereka menyewa Walker untuk menghabisi Sam Wilson. Walker sendiri memang sangat keberatan karena Sam Wilson mengambil alih gelar tersebut. Oleh sebab itulah John Walker dan Sam Wilson sudah beberapa kali bertarung.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/