Setelah sekian lama, akhirnya para fans kembali melihat salah satu teknik andalan milik Zoro yaitu Asura. Namun, kali ini “mode” atau “form” dari Asura yang dipraktikan sedikit berbeda dibandingkan yang sebelumnya. Meskipun begitu, pada dasarnya teknik ini tetap sama. Zoro diperlihatkan menggunakan sembilan pedang yang menyerang satu target dalam waktu bersamaan.

Teknik Ashura/Asura ini pertama kali dipraktikan oleh Zoro dalam arc yang menjadi favorit para fans, yaitu Enies Lobby. Pada saat itu, Zoro harus bertarung melawan salah satu anggota dari CP9 yaitu Kaku. Kaku terbukti menjadi lawan yang sulit bagi Zoro, bahkan Zoro harus mengerahkan semua tenaga dan kemampuan yang dia miliki. Ini pertama kalinya Zoro menggunakan kekuatannya 100%.

Dan yang paling epik adalah ketika Zoro kemudian menggunakan teknik Asura untuk mengalahkan Kaku. Ketika menggunakan teknik Asura ini, Zoro diperlihatkan akan memiliki dua kepala, enam tangan dan kaki tambahan. Mirip seperti sosok Asura dalam mitologi agama Hindu. Teknik tersebut kemudian dikenal sebagai Kyuutoryu, atau teknik sembilan pedang.

one-piece-1010-8 — ImgBBSejak pertarungan melawan Kaku, Zoro belum pernah menggunakan lagi menggunakan teknik tersebut. Zoro kemudian kembali menggunakan teknik Asura saat melawan Pacifista di kepulauan Sabaody. Namun, teknik Asura yang digunakan saat itu bukanlah Asura Ichibugin, melainkan asura Makyusen. Secara garis besar, memang tidak ada perbedaan diantara keduanya, dimana Zoro menggunakan sembilan pedang. Yang membedakannya mungkin adalah pola sayatan yang dilakukan Zoro.

Yang paling baru adalah Zoro mempraktikan teknik Asura Hell Hakkei kepada Kaido. Teknik ini ternyata mampu melukai Kaido, bahkan sampai mengeluarkan darah. Kaido sendiri menyebutkan bahwa serangan tersebut mungkin akan meninggalkan luka di tubuhnya. Lalu, apa yang menyebabkan Zoro bisa menggunakan teknik ini? Secara pastinya memang belum ada penjelasan rinci.

Namun, Kaki sendiri mengatakan bahwa Asura merupakan sebuah ilusi yang disebabkan oleh jiwa atau semangat dari Zoro. Banyak fans yang beranggapan bahwa itu adalah Haki, meskipun ada juga yang beranggapan bahwa hal itu bukanlah Haki. Ada beberapa alasan mengapa teknik Asura dianggap bukanlah Haki. Pertama, bisa jadi itu adalah bagian dari “kutukan” dari pedang Kitetsu.

Kemudian beberapa pedang memiliki kemampuan khusus. Contohnya pedang Kinemon mampu memotong api, dengan teknik Foxfire Style. Dengan begitu, pedang Kitetsu pun memiliki kemampuan untuk menciptakan ilusi mengerikan. Namun, berdasarkan apa yang diungkapkan oleh Kaido tentang Zoro memiliki Conqueror Haki, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa dibalik teknik Asura terdapat kemampuan Haki.

Jika kemudian pedang Zoro bisa menjadi “penyebab” teknik Asura, mengapa kemudian Zoro tidak menguasai teknik tersebut? Besar kemungkinan bahwa hal itu ada kaitannya dengan efek negatif dari Asura. Kita belum tahu a[a yang menjadi efek negatif atau efek samping dari tekniknya. Bisa jadi, efek yang muncul sangatlah dahsyat, sehingga Zoro lebih memilih untuk mempelajari teknik dasarnya saja dibandingkan harus menguasai sepenuhnya.

Ada kemungkinan juga, seperti yang disebutkan di atas, bahwa untuk bisa menggunakan teknik tersebut Zoro harus mengerahkan kekuatannya 100%. Jika hal itu tidak dilakukan, maka Zoro tidak akan bisa mengaktifkannya. Dan melihat apa yang terjadi kepada Zoro setelah menggunakan tekniknya, mungkin masuk akal jika kemudian Zoro tidak menguasai teknik tertinggi dari Asura. Pasalnya, resiko yang didapatkan oleh Zoro adalah kematian.

Eiichiro Oda memang sangat jarang memberikan penjelasan dari mana asal nama teknik yang digunakan para karakter utamanya. Oleh karena itu, untuk saat ini kita hanya bisa berspekulasi dan menebak-nebak mengenai teknik Asura tersebut. kita nantikan saja ya Geeks apakah Zoro akan menguasai tekniknya atau justru memperkenalkan dengan “form” Asura lainnya

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.