Kejutan besar muncul di chapter terbaru seri manga One Piece, dimana Zoro ternyata memiliki kemampuan yang dahsyat. Zoro diketahui memiliki Conqueror Haki. Inilah yang dikatakan oleh kaido, saat dia terkena serangan dari Zoro. Namun, Zoro sendiri masih belum menyadari dengan kekuatannya tersebut. Lalu, kira-kira seberapa kuat sebenarnya kekuatan Conqueror Haki dari Zoro?

Eiichiro Oda menjanjikan bahwa arc Wano akan menjadi panggung bagi Roronoa Zoro untuk bisa lebih banyak muncul dan memiliki peran di dalamnya. Dan sampai sejauh ini, Oda Sensei sepertinya memang menepati janjinya. Mulai dari adanya keterkaitan Zoro dengan klan Shimotsuki, kemudian Ryuma dan pedang Shusui, sampai Enma dan Kaido. Zoro seolah menjadi pemeran utama lainnya di arc ini selain Luffy.

Dalam pertarungan di Onigashima pun Zoro diperlihatkan sangat luar biasa. Di chapter 1009 kemarin, kita melihat bagaimana Zoro menahan dua serangan dahsyat dari Kaido dan Big Mom. Bahkan, salah satunya dianggap sebagai serangan yang paling dahsyat di seri One Piece sejauh ini. Zoro benar-benar menunjukan kemampuannya dalam bertahan maupun menyerang.

Raymond Dwipa on Twitter: "YASSSS CAPTAINNNNNNN!!!!merinding baca chapter baruuuuu aaaaaaa!!!!!!! #ONEPIECE1010… "Meskipun pada akhirnya dia terluka akibat menahan serangan tersebut, tetap saja pencapaian Zoro sangatlah luar biasa. Namun, kejutan besar kemudian muncul di chapter 1010 kemarin. Dalam chapter tersebut diperlihatkan bagaimana Zoro mengerahkan semua kemampuan dan tenaga yang dia miliki untuk mengalahkan Kaido – atau setidaknya membuat Kaido tidak berdaya

Dia kemudian menggunakan teknik Asura yang benar-benar melukai Kaido. Sayangnya, meskipun Kaido terluka, ternyata teknik terakhir Zoro tersebut tetap tidak cukup untuk melumpuhkan Kaido. Yang menarik adalah bagaimana reaksi dari Kaido setelah terkena serangan itu, dimana dia mengatakan bahwa Zoro memiliki kemampuan Conqueror Haki. Kaido sendiri kemudian meyakini bahwa serangan tadi akan meninggalkan bekas luka – seperti halnya serangan Oden.

Hal ini menarik karena para fans sendiri sebenarnya meyakini bahwa Zoro akan mengaktifkan Conqueror Haki miliknya suatu hari nanti. Sejak lama, para fans meyakini bahwa Zoro akan memiliki kemampuan yang sama dengan Luffy, terutama dalam hal Haki. Para fans meyakini bahwa Zoro juga memiliki Conqueror Haki. Hal ini juga memang ada kaitannya dengan kebiasaan Oda untuk membuat paralel dengan karakter lama. Dalam hal ini, Zoro dianggap memiliki kesamaan dengan Rayleigh.

Chapter Discussion - One Piece Chapter 1009 - Hell | Page 23 | WorstgenYang kemudian menjadi pertanyaan adalah seberapa kuat Conqueror Haki Zoro. Memang, rasanya masih terlalu dini untuk menjawab hal tersebut. Namun, chapter 1010 kemarin setidaknya memberikan kita sedikit petunjuk mengenai hal tersebut. Dan petunjuk yang paling besar adalah apa yang diungkapkan oleh Kaido setelah dia terkena serangan Asura milik Zoro.

Seperti yang dibahas di artikel sebelumnya, Zoro besar kemungkinan memiliki kemampuan yang jauh lebih kuat dibandingkan Kozuki Oden. Beberapa hal yang menjadi petunjuk untuk hal ini. Pertama, Zoro memiliki Kekuatan fisik tingkat tinggi. Untuk bisa menahan serangan kombinasi Kaido dan Big Mom, tentunya orang biasa tidak akan mungkin mampu melakukannya.

Zoro juga mampu bertahan melawan dua Yonko sekaligus, sesuatu yang mungkin sulit dilakukan oleh Oden. Kedua, pertahanan luar biasa Zoro. Pertahanan dan juga Haki dari Zoro mampu menghentikan Hakai untuk beberapa saat, dengan menghasilkan gelombang kejut dengan radius yang bahkan lebih besar dari Onigashima. Bahkan, para Yonko sendiri terkejut dengan apa yang dilakukan oleh Zoro.

Untuk saat ini, bisa disimpulkan bahwa kemampuan Conqueror Haki Zoro jauh lebih hebat dari Kozuki Oden. Namun, kita masih belum mengetahui apakah kemampuan Conqueror Haki Zoro juga melampaui Conqueror Haki Luffy – meskipun sangat kecil kecenderungannya. Kemampuan tersebut bisa membuat Zoro meninggalkan bekas luka di tubuh Kaido. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana Oda Sensei akan menghadirkan kemampuan Conqueror Haki Zoro lainnya dalam cerita.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.