Seri Dragon Ball Super terus memperkenalkan berbagai form baru kepada para fans. Super Saiyan God, Super Saiyan Blue, dan yang paling baru adalah Ultra Instinct menjadi form yang paling populer saat ini.  Namun, sebagian fans sendiri penasaran apakah para karakter yang mempelajari berbagai form lama, seperti Super Saiyan 3, akan juga menambah kekuatan mereka.

Hal ini tentunya menarik, mengingat bagaimana transformasi ini menjadi salah satu hal yang penting dalam franchisenya. Seperti yang kita tahu, transformasi tersebut membantu para karakter untuk bisa terus berkembang menjadi lebih kuat. Dengan begitu, mereka akan mampu menghadapi musuh selanjutnya. Jadi, apakah mempelajari form lama akan menambah kekuatan?

Menguasai Teknik Super Saiyan

Seperti yang diperlihatkan di Cell Saga, menguasai sebuah fungsi dari transformasi berarti mempelajari bagaimana cara mengendalikan ki sampai si penggunanya bisa menyalurkan ki tersebut dengan kemampuan atau kekuatan penuh. Dengan menggunakan form dasar Super Saiyan, Goku dan Gohan belajar untuk mengendalikan ki mereka sampai pada titik mereka mampu menandingi kekuatan dari Perfect Cell.

Hal itu membantu Gohan untuk mempersiapkan diri ketika dia mencapai form Super Saiyan 2. Dia harus belajar untuk mengendalikan ki-nya untuk mempersiapkan tubuhnya demi proses tersebut. dengan mempelajari stabilitas sebuah transformasi, seorang Saiyan bisa meningkatkan potensi maksimal mereka dalam form tersebut sambil juga meningkatkan kekuatan dari form sebelumnya.

Gohan sendiri berhenti berlatih setelah Cell Saga, karena inilah meskipun dia menggunakan Super Saiyan 2, dia tetap tidak lebih kuat dibandingkan ketika dia berlatih bersama Goku saat menyambut Cell Games. Hal ini mengindikasikan bahwa latihan Super Saiyan yang rutin akan membuat penggunanya bisa mengendalikan ki lebih baik dan meningkatkan form mereka.

Salah satu alasan mengapa mereka bisa tetap berada dalam transformasi Super Saiyan God saat mereka menyatu adalah karena Gohan dan Goku sudah menguasai teknik dari Super Saiyan. Bahkan, mereka berdua juga mampu mencapai transformasi Super Saiyan Blue. Pertanyaanya, bisakah penguasaan Super Saiyan 3 membuat seorang Saiyan bisa menguasai Super Saiyan Blue 3 atau bahkan menguasai teknik Ultra Instinct?

Akankah Menguasai Super Saiyan 3 Meningkatkan Kendali Ki?

Fakta menarik mengenai Super Saiyan 3 adalah form tersebut sebenarnya hanya form dasar dari Super Saiyan yang kemudian dialiri kekuatan Ki yang sangat dahsyat. Goku sendiri mengaktifkan Super saiyan 3 dengan memaksa mengalirkan ki lebih banyak ke dalam sistem tubuhnya, dan akhirnya membuat Goku menjadi sangat kuat dan mengerikan. Efek sampingnya adalah Goku akan sangat cepat kelelahan.

Masih belum diketahui memang apa yang akan terjadi kepada Goku jika kemudian dia berhasil menguasai Super Saiyan 3. Kemungkinan akan ada dua hal yang terjadi. Pertama, Goku akan mampu menahan lebih lama transformasi tersebut dan bahkan akan mampu memadukannya dengan transformasi lainnya, seperti Super Saiyan God. Kemungkinan lainnya adalah Super Saiyan 3 mungkin akan menjadi standar Super Saiyan baru bagi Goku.

Akira Toriyama sendiri sudah mengungkapkan bahwa ketika Goku menguasai Super Saiyan 3, maka dia akan mampu meningkatkan kekuatannya, mengendalikan dan menjadi form standar bagi Goku dengan kekuatan yang jauh lebih besar. Lalu, bagaimana kemudian hal ini mempengaruhi form terbaru para Saiyan seperti yang dibayangkan para fans?

Jika mereka bisa memperbaiki pengendalikan ki mereka, hal tersebut juga bisa menjadi jalan untuk melahirkan sebuah form yang berbeda, apalagi dalam cerita Dragon Ball Super perubahan non-linear sangat lazim terjadi. Pengendalian ki sangat penting untuk menjaga Super Saiyan Blue dan Kaio-Ken. Jika semua itu memang berhasil dilakukan, maka Goku bisa dipastikan akan menjadi sosok paling kuat di seluruh alam raya Dragon Ball.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.