Setelah satu dekade lebih seri Attack on Titan karya Hajime Isayama muncul di dunia industri manga, akhirnya seri tersebut selesa pada 9 April kemarin dengan dirilisnya chapter terakhir yaitu chapter 139. Seri Attack on Titan merupakan salah satu seri manga yang populer di dunia, selain beberapa nama besar lainnya seperti One Piece.

Attack on Titan banyak mendapatkan perhatian para pecinta manga, berkat artwork dan juga cerita yang unik dan menarik dari Isayama. Dengan berakhirnya seri manganya pada chapter 139 kemarin, pada akhirnya kita mengetahui bagaimana cerita akhir dari apa yang terjadi selama ini. Namun, ternyata chapter terakhir ini juga memunculkan banyak pertanyaan. Apa saja?

Kemana Ymir Fritz?

Di chapter 139 ini kita akhirnya mendapatkan konfirmasi bahwa sosok Eren Yeager, sang protagonis utama serinya, akhirnya tewas setelah Mikasa Ackerman menebas kepalanya. Namun, muncul sebuah pertanyaan. Dimana sosok Ymir Fritz sekarang? Kemana dia pergi? Apakah dia juga tewas bersama Eren? Terakhir kali Ymir Fritz muncul di akhir chapter 138, dimana dia terlihat tersenyum melihat Mikasa mencium Eren.

Bagaimana Caranya Para Titan Kembali Menjadi Manusia?

Dalam salah satu momen di chapter 139 kemarin, kita melihat bagaimana para Titan – baik Titan Shifter maupun para Pure Titan – kembali ke wujud manusia mereka. Hal ini terjadi kemungkinan karena Mikasa berhasil membunuh Eren Jeager, dengan menebas kepalanya. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana kemudian mereka bisa kembali menjadi manusia? Apakah artinya Eren menjadi pusat kekuatan, setelah Ymir meminjamkan kekuatannya, yang mana jika Eren tewas maka semua Titan juga akan “tewas”?

Hajime Isayama memang belum menjelaskan secara rinci mengenai detail-detail penting Titan. Di beberapa chapter sebelumnya, memang kita mendapatkan pelajaran sejarah berupa sejarah para Titan, yang ternyata adalah parasit. Sayangnya, kita sendiri tidak mengetahui apa yang terjadi kepada parasit berbentuk tulang belakang yang mengubah manusia menjadi para Titan.

Mengapa Mikasa Menjadi Sosok Yang Dipilih Ymir?

Kita akhirnya tahu alasan mengapa Ymir Fritz terjebak di dunia Path selama ribuan tahun. Menurut Eren, semuanya dikarenakan rasa cinta yang sangat besar Ymir terhadap sang raja. Sehingga, dia rela melakukan apapun demi orang yang dia sayangi. Namun, hal itu ternyata membuatnya terjebak di dunia Path, dan dia pun menunggu seseorang yang bisa melepaskannya dari kesedihan cinta.

Dan kemudian Ymir bertemu dengan Mikasa. Eren sendiri tidak tahu mengapa Mikasa menjadi sosok yang dianggap Ymir bisa melepaskan agoni dari rasa cinta. Menurut Eren, hanya Ymir sendiri yang mengetahuinya. Apakah karena Mikasa juga merasakan apa yang Ymir rasakan? Bisa jadi. Mikasa dan Ymir memiliki kesamaan, yaitu sosok yang mereka sayangi tidak merespon rasa sayang mereka.

Siapa Ayah Dari Anak Historia?

Inilah mungkin salah satu pertanyaan yang membuat para fans penasaran sejauh ini. Ada banyak sekali spekulasi dan teori mengenai kehamilan Historia, terutama yang berkaitan dengan siapa ayah dari anak yang dikandung Historia. Banyak yang mengatakan bahwa anak tersebut adalah anak dari Eren. Namun, ada juga yang berspekulasi bahwa Historia hamil oleh suaminya, yang juga merupakan teman masa kecilnya.

Di chapter 139 sendiri, kita melihat pada bagian epilog bahwa anaknya sudah berusia tiga tahun. mereka nampak bahgia sebagai sebuah keluarga kecil.  Tapi, teka-teki mengenai siapa ayah dari anak tersebut tetap masih belum terjawab. Melihat dari apa yang diperlihatkan di ceritanya, bisa ditarik kesimpulan bahwa Historia memang bukan hamil anak dari Eren melainkan dari sang suami.

Bagaimana Nasib Marley?

Momen Rumbling benar-benar meratakan hampir seluruh wilayah Marley. Bahkan, satu-satunya pertahanan terakhir manusia adalah benteng Salta, yang juga pada akhirnya harus terkena imbas dari serangan Rumbling. Namun, setelah momen mengerikan tersebut selesai nasib para penduduk Marley dan wilayah mereka tidak diperlihatkan di akhir ceritanya.

Kita hanya diperlihatkan bahwa mereka yang selamat, berada di sebuah kamp pengungsian yang sangat besar. Apakah artinya tidak ada yang selamat dari wilayah Marley? Apakah tidak ada rencana pembangunan ulang wilayah tersebut? Bagaimana dengan bantuan dari negara lain? Keadaan sekarang sudah kembali berbalik, dimana justru penduduk Eldia di Paradis yang meningkatkan kemampuan militer mereka.

Dalam salah satu panel, dimana Levi, Onyakopon, Gabi, dan Falco berada memang diperlihatkan mereka sedang berada di sebuah kota yang modern. Namun, belum bisa dipastikan apakah itu adalah Liberio atau Paradis. Pasalnya, pembangunan kembali sebuah wilayah hanya dalam waktu tiga tahun dirasa terlalu singkat. Sehingga kecil kemungkinan itu adalah Liberio.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.