Di episode keempat serial Falcon and Winter Soldier, John Walker resmi menyuntikkan dirinya sendiri dengan serum Super Soldier. Walker menggunakan serum yang dikembangkan oleh Dr. Nagel. Setelah menjadi Super Soldier baru, Walker menjadi ancaman yang serius, tidak hanya bagi Flag Smasher, tetapi bagi siapapun yang menghalangi jalannya. Namun yang menjadi pertanyaan adalah seberapa besar kekuatan John Walker saat ini? Simak pembahasannya berikut ini ya Geeks!

Kekuatan Super Soldier John Walker di MCU

Tentu saja serum Super Soldier yang digunakan oleh John Walker tidak sama dengan yang digunakan oleh Steve Rogers di film Captain America: The First Avengers. Juga, serum tersebut berbeda dengan serum yang diberikan kepada Bucky oleh HYDRA. Dalam serial Falcon and Winter Soldier episode ketiga, terungkap bahwa Dr. Nagel telah merekayasa ulang formula serum Super Soldier. Nagel pun pada akhirnya menyempurnakan serum tersebut dan memperbaiki semua-semua kekurangan dari versi sebelumnya. Nagel sendiri mengatakan bahwa versi serum Super Soldier yang sekarang “lebih dioptimalkan”.

Sekarang serum Super Soldier yang dibuat oleh Nagel memiliki dosis yang lebih kecil. Terbukti bahwa seseorang dapat menjadi seorang Super Soldier dengan hanya menyuntikkan botol kecil berisi serum Super Soldier. Namun ada perbedaan yang signifikan setelah orang tersebut menyuntikkan serum Super Soldier versi Nagel. Orang tersebut tidak akan memiliki otot besar seperti yang dialami oleh Steve Rogers. Karli Morgenthau pun sudah membuktikannya, di mana tubuhnya tampak seperti manusia biasa, dan bukan manusia super. Tetapi walau tidak memiliki otot sebesar Steve, mereka sangatlah kuat.

Kekuatan John Walker pun sempat dipamerkan menjelang akhir episode The World is Watching, saat ia sedang mencari Battlestar dan Flag Smasher yang akhirnya ditangkap. Seluruh kepekaan indranya tampak melesat drastis. Sekarang ia memiliki refleks secepat kilat, yang membuatnya bisa menghindari pisau yang tiba-tiba dilemparkan ke arahnya dari belakang. Walker pun juga dapat melempar perisai Captain Americanya dengan cukup keras. Bahkan lemparan perisai Captain Americanya dapat menembus dinding yang tebal.

John Walker pun tampak menendang salah satu Flag Smasher ke udara dengan cukup mudah, dan ia terlihat mampu membengkokkan sebuah pipa logam dengan tangan kosong. John Walker memang tampak sekuat Steve Rogers di masa jayanya, dan karena amarahnya yang menggebu-gebu, mungkin itulah yang akhirnya membuat John Walker lebih kuat dari sosok Steve Rogers.

Seberapa Kuat John Walker di Komik?

Di komik Captain America #333, John Walker mengungkapkan bahwa dia membeli serum Super Soldier langsung dari Power Broker, bersama teman lamanya Lemar Hoskins (yang kemudian mengambil nama Bucky ketika John menjadi Captain America). John mengatakan bahwa setelah menerima serum tersebut, dia mampu mengangkat beban 10 ton, yang berarti setara dengan truk besar atau beberapa ekor gajah. Iapun memiliki beberapa kekuatan seorang Super Soldier, seperti daya tahan yang tinggi, healing factor, kecepatan, dan kelincahan yang lebih baik.

Satu hal yang tidak bisa dilakukan oleh serum Super Soldier adalah mengajari John cara menggunakan perisai Captain Americanya dengan tepat. Awalnya John Walker kesulitan menggunakan perisai Captain America dalam pertarungan. Dalam latihan, John Walker memperlihatkan bahwa ia dapat melempar perisai Captain America dengan cukup baik, namun ia tidak bisa menangkap perisai tersebut dengan baik. John Walker pada akhirnya dilatih oleh Taskmaster hingga akhirnya John dapat menggunakan perisai Captain America dengan benar.

Apakah John Walker Lebih Kuat dari Steve Roger?

Marvel Comics sebenarnya sudah menjawab pertanyaan ini sejak awal saat memperlihatkan pertarungan satu melawan satu John Walker melawan Steve Rogers. Steve Rogers dikejutkan dengan kekuatan dan keterampilan bertarung dari John Walker, dan mereka pun bertarung dengan cukup sengit selama beberapa jam. Akhirnya mereka berdua kelelahan dan pertarungan berakhir dengan hasil imbang. Itu membuktikan bahwa mereka berdua memiliki kekuatan yang seimbang.

Sementara itu Steve Rogers di MCU memang sudah menunjukkan kekuatannya yang luar biasa. Dalam film Captain America: Civil War, Steve Roger mampu mencegah helikopter terbang hanya dengan kekuatannya. Dalam film Avengers: infinity War, Steve bahkan sempat bertarung dengan Thanos yang menggunakan Infinity Gauntlet. Bahkan Thanos dibuat terkejut saat pertempuran terakhir yang terjadi di Avengers: Endgame. Jika melihat John Walker di MCU, sepertinya ia akan sama kuatnya dengan Steve Rogers, dan jika keduanya bertarung, mungkin pertarungan tersebut akan berakhir imbang seperti yang terjadi di komik. Namun Geeks ada kekurangan yang signifikan pada sosok John Walker. Pasalnya John Walker kurang bisa mengontrol emosinya, dan itulah yang menjadi kelemahan signifikannya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/