Roronoa Zoro, Monkey D. Luffy, dan Sanji Vinsmoke sering dianggap sebagai tiga kru terkuat dari kelompok Topi Jerami. Mereka adalah sosok yang paling sering bertarung dibandingkan yang lain. Dengan kekuatan fisik mereka yang diatas rata-rata, wajar memang jika ketiganya dianggap sebagai yang paling kuat diantara yang kru Topi Jerami lainnya.

Meskipun begitu, diantara mereka bertiga, Sanji adalah sosok karakter yang sering kali dianggap sebagai karakter yang “tersingkirkan.” Pasalnya, dengan peningkatan kekuatan yang diberikan oleh Oda Sensei dalam ceritanya terhadap seluruh kru Topi Jerami, yang paling pesat peningkatannya adalah Luffy dan Zoro. Bahkan, harus diakui bahwa kemampuan Sanji sekarang dibawah Zoro.

Memang selalu muncul perdebatan mengenai siapa yang lebih kuat antara Zoro dan Sanji di kalangan para fans. Zoro sempat lebih unggul dari Sanji, dan begitu juga sebaliknya. Namun, saat ini, Zoro bisa dibilang kembali lebih unggul dibandingkan Sanji, bahkan jauh lebih unggul. Hal ini bisa dilihat di chapter 1010 kemarin dimana Zoro diketahui memiliki Haki yang sangat langka, Conqueror Haki.

One Piece: Observation Sanji Lebih Hebat Dari Milik Luffy? | GreensceneSeperti yang diketahui, bahwa tidak semua orang bisa memiliki kemampuan Conqueror Haki. Berdasarkan hal tersebut artinya Zoro bukanlah sosok sembarangan. Zoro sendiri diprediksi akan menjadi seperti halnya Rayleigh, di kru Gol D. Roger. Para fans beranggapan bahwa Zoro dan Rayleigh memiliki banyak sekali kemiripan, karena itulah Zoro dianggap akan memiliki cerita akhir seperti Rayleigh.

Lalu, bagaimana dengan Sanji? Apakah kemudian Sanji juga akan memiliki kemampuan Conqueror Haki? Para fans sebagian beranggapan bahwa Sanji juga akan memiliki Conqueror Haki seperti halnya Luffy. Seperti yang diketahui, bahwa Sanji adalah keturunan raja yang mana bisa saja Sanji memiliki kemampuan Conqueror Haki, karena salah satu orang yang diketahui bisa memiliki kemampuan Haki tersebut adalah ketturunan bangsawan atau raja.

Namun, besar kemungkinan Sanji tidak akan mendapatkan kemampuan tersebut. Hal ini dikarenakan Sanji sudah memiliki “spesialisasinya” sendiri yaitu Observation Haki. Lagipula, dibandingkan dengan Zoro dan Luffy, Sanji tidak terlalu sering bertarung atau terjebak dalam situasi yang memaksanya untuk bertarung. Berbeda dengan Luffy dan Zoro, yang memang bagi mereka bertarung adalah satu-satunya jalan untuk menyelesaikan masalah.

One Piece: Observation Sanji Lebih Hebat Dari Milik Luffy? | GreensceneSanji memiliki kecerdasan yang bisa membuatnya menjadi sosok yang lebih baik di satu sisi dibandingkan Zoro dan Luffy. Bukti nyata dari hal ini adalah ketika Sanji mampu merasakan dan mendengarkan ada seseorang di sebuah tempat. Tidak ada satu orang pun yang bisa merasakan atau melakukan hal tersebut selain Sanji. Bahkan, Luffy pun belum sampai pada tahap seperti Sanji.

Ini seolah menjadi bukti bahwa memang Sanji akan lebih baik dalam hal Obsevation Haki dibandingkan Luffy dan Zoro. Sehingga, Sanji dirasa tidak memerlukan kemampuan Conqueror Haki. Sebagian fans mungkin akan menganggap ini adalah sesuatu yang tidak adil, dimana Oda Sensei selalu lebih mementingkan Zoro dan Luffy serta sering melupakan sosok Sanji.

Akan tetapi, jika dilihat dari efektivitasnya, memang Sanji dirasa tidak terlalu memerlukan kemampuan Conqueror Haki. Lagipula, jika ada banyak orang yang kemudian memiliki kemampuan tersebut, maka eksklusifitas dari Conqueror Haki menjadi sedikit berkurang. Sanji setidaknya bisa mengisi hal dari apa yang tidak dimiliki atau tidak bisa dilakukan oleh Zoro dan Luffy. Sehingga semuanya bisa saling mengisi satu sama lain.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.