Mengapa Roronoa Zoro selalu berlatih di waktu senggangnya? Mengapa kemudian dia ingin menjadi ahli pedang terhebat dan terkuat di dunia? Kedua pertanyaan tersebut memang masih menjadi misteri sampai saat ini. Zoro memang dikenal sebagai sosok pekerja keras. Sedari kecil Zoro sudah berlatih dengan giat, bahkan bisa dibilang dia memiliki kemampuan fisik di atas teman-temannya.

Sampai sekarang kita masih belum terlalu banyak mengetahui masa lalu dari Zoro. Kita tidak tahu siapa keluarganya atau yang berkaitan dengan masa lalunya. Mungkin suatu saat Oda bisa mulai menceritakan semua itu, sebelum cerita One Piece benar-benar selesai. Di arc Whole Cake Island, kita akhirnya melihat masa lalu salah satu kru Topi Jerami yaitu Sanji.

Sanji ternyata memiliki masa lalu yang sangat menyedihkan dan juga memilukan. Mungkin kisah hidup yang menyedihkan itulah yang kemudian menjadi alasan reaksi dari Sanji yang nampak begitu dingin saat mendengarkan kisah dari Cricket. Sanji mungkin teringat akan masa lalunya. Ada sebuah hal menarik yang juga ditunjukan oleh Zoro mengenai detail masa lalunya.

Dalam chapter 807-810 kita melihat reaksi yang sama ketika Zoro mendengar cerita dari Wanda. Zoro seolah memahami atau memiliki koneksi dengan cerita yang sama dengan apa yang diungkapkan oleh Wanda. Hal tersebut memunculkan spekulasi di kalangan para fans. Bagaimana jika Zoro (atau keluarganya) pernah mengalami sebuah kekalahan yang luar biasa, yang membuat Zoro pada akhirnya termotivasi untuk menjadi sosok yang kuat?

Pin by Victoria Diaz on Roronoa zoro | Roronoa zoro, Anime, ZoroSebagian fans yang meyakini hal tersebut berpendapat bahwa pasti ada alasan mengapa Zoro mau bekerja keras dan berlatih dengan giat sejak dini. Bahkan, untuk usia seumuran Zoro dulu dia yang justru lebih keras dan giat berlatihnya. Diyakini bahwa trauma yang mampu memotivasi seorang anak untuk bisa berkembang menjadi lebih hebat lagi. Selain itu, Zoro juga memiliki janji kepada sahabat masa kecilnya, Kuina, yang harus ditepati yaitu menjadi ahli pedang terhebat di dunia.

Pembahasan mengenai Zoro memang selalu menarik dan juga selalu berhasil membuat para fans penasaran. Apalagi mengenai masa lalunya yang masih misterius. Apakah memang trauma masa lalu yang kemudian menjadi motivasi Zoro untuk menjadi lebih kuat? Mudah-mudahan saja Oda Sensei bisa segera memberikan penjelasan atau jawaban terkait hal tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.