Dimana sosok Ymir Fritz saat ini? Apakah dia sudah tewas? Atau masih terjebak di dunia Path? Itulah beberapa pertanyaan yang muncul terkait Ymir Fritz pasca dirilisnya chapter terakhir dari seri manga Attack on Titan. Pada Jumat kemarin, chapter terakhir dari karya Hajime Isayama resmi dirilis di Jepang, yang mana memberikan kita cerita penutup dari perjalanan selama satu dekade terakhir.

Dalam chapter 139 kemarin, kita melihat bagaimana Armin yang diajak oleh Eren berbicara di dunia Path mengenai apa yang terjadi dan juga apa alasan dia melakukan Rumbling. Armin sendiri pada akhirnya memahami semua penjelasan Eren dan alasan dibalik itu semua. Selain Armin, ternyata Eren juga berbicara dengan semua orang di dunia Path.

Di chapter tersebut kita akhirnya mendapatkan konfirmasi bahwa sosok Eren Yeager, sang protagonis utama serinya, akhirnya tewas setelah Mikasa Ackerman menebas kepalanya. Namun, muncul sebuah pertanyaan. Dimana sosok Ymir Fritz sekarang? Apakah dia tewas? Terakhir kali Ymir Fritz muncul di akhir chapter 138, dimana dia terlihat tersenyum melihat Mikasa mencium Eren.

Sayangnya, di chapter 139 kemarin kita sama sekali tidak melihat sosok Ymir Fritz. Apakah Ymir ikut tewas bersama para Titan lain? Apakah dia kembali terjebak di Path? Itulah yang menjadi pertanyaan saat ini. Seperti diperlihatkan di chapternya, dengan Mikasa menebas kepala Eren yang sekaligus juga membunuhnya, berdampak pada hancurnya semua kekuatan Titan.

Semua orang yang menjadi Titan – baik Titan Shifter ataupun para Pure Titan – semuanya berubah kembali menjadi manusia. Kemudian diperlihatkan dalam salah satu panel para Titan lainnya seperti meleleh dan meninggalkan tulang belulang saja. Asap pun masih membumbung tinggi dan sangat tebal pasca kejadian. Meskipun Hajime Isayama tidak menjelaskan dimana keberadaan Ymir, ada kemungkinan dia sudah tewas.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa pada momen Rumbling, Eren menjadi “wadah” bagi Ymir Fritz untuk melaksanakan dendamnya. Ymir memberikan seluruh kekuatannya kepada Eren untuk kemudian berubah menjadi sosok raksasa. Artinya, dengan kata lain Ymir Fritz dan Eren Yeager saling terhubung satu sama lain. Jika Eren tewas, maka Ymir Fritz pun ikut tewas.

Namun, bukankah Ymir Fritz memang sudah tewas ribuan tahun lalu? Memang, Ymir Fritz sudah tewas sejak ribuan tahun lalu. Tapi, dia belum benar-benar tewas. Dia terjebak selama ribuan tahun di dunia Path. Baru ketika Eren berhasil menemukannya dan mengerti keadaanya, dia kemudian “terbebas” dari sana. Dan pada akhirnya, dia benar-benar tewas setelah Mikasa menebas kepala Eren, karena, seperti disebutkan di atas bahwa Ymir dan Eren saling terhubung.

Ada kemungkinan lainnya yang mungkin saja terjadi. Di chapter 139 disebutkan bahwa selama terjebak di Path, Ymir berusaha mencari sosok yang bisa melepaskannya dari kesedihannya akan cinta. Sampai kemudian dia menemukan sosok yang dianggap pantas, yaitu Mikasa Ackerman. Dan seperti yang kita ketahui, Mikasa begitu sangat menyayangi dan mencintai Eren Yeager.

Bisa jadi jiwa dari Ymir Fritz “berpindah” ke sosok Mikasa. Atau mungkin Mikasa adalah sosok reinkarnasi dari Ymir Fritz. Memang masih belum jelas bagaimana kemudian caranya Mikasa melepaskan atau menghilangkan agoni cinta dari Ymir Fritz. Yang pasti ada kaitannya dengan rasa sayang yang dimiliki Mikasa terhadap Eren. Mungkin inilah alasan mengapa Ymir tersenyum di akhir chapter 138 kemarin, saat Mikasa akhirnya mencium Eren. Bagaimana menurut kalian Geeks? Kemana kira-kira sosok Ymir? Apakah dia memang sudah tewas?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.