Jika mau mencoba dan berjuang keras, Future Trunks seharusnya mampu untuk bisa mengakses form Super Saiyan God dalam seri anime Dragon Ball. Sejauh ini, form tersebut hanya digunakan oleh Goku dan Vegeta dalam cerita canon Dragon Ball. Namun, hal itu tentunya bisa berubah jika kemudian sang karakter kembali muncul dalam ceritanya.

Ketika Future Trunks kembali muncul dalam Dragon Ball Super, dia memiliki level kekuatan yang cukup jauh di bawah Goku dan Vegeta, yang mana mereka berdua sudah mengalami banyak sekali peningkatan pasca akhir cerita Cell Saga. Trunks sendiri terkejut bahwa Goku sudah berhasil mengakses Super Saiyan 3, dan juga terkejut melihat form Super Saiyan Blue.

Mengingat kekuatan mereka berdua yang sangat luar biasa, Trunks sering kali mengandalkan kemampuan mereka terutama saat konflik menghadapi Zamasu dan Goku Black. Meskipun begitu, Future Trunks juga diperlihatkan melakukan sesuatu yang epik. Dengan berlatih bersama Vegeta dan juga pertarungan terus menerus melawan kedua villain tersebut, Trunks akhirnya mencapai level kekuatan baru.

Dragon Ball Explains Why Super Saiyan God Trunks Was CreatedTrunks juga terbukti menjadi salah satu faktor untuk mengalahkan kedua villain. Dengan kemampuan Sword of Hope miliknya, trunks bahkan mampu menghancurkan Fused Zamasu. Berdasarkan hal tersebut bisa disimpulkan bahwa dia bisa saja mengakses form Super Saiyan God. Setelah menjadi orang pertama yang menemukan Super Saiyan Rage, Trunks memperlihatkan kemampuan yang biasa menghadapi musuh-musuhnya.

Dia cukup mampu bertahan menghadapi Goku Black, yang mana kemampuan form Super Saiyan Rose miliknya mampu menandingi form Super Saiyan Blue. Ditambah lagi dia juga mampu bertahan saat menghadapi Fused Zamasu. Yang luar biasa adalah Goku dan Vegeta sendiri harus melakukan Fusion untuk bisa menandingi mereka, sedangkan Trunks tidak perlu.

Hal tersebut seolah menjadi sebuah indikasi yang baik bagaimana Trunks sudah siap untuk mengakses kekuatan ke level selanjutnya, seperti Super Saiyan God – atau bahkan lebih. Future Trunks bisa mendapatkan peningkatan kekuatan dari ritual para Saiyan yang Goku alami sebelumnya dalam Battle of God Saga. Namun, dengan kekuatan yang dia miliki, Trunks mungkin bisa melewati tahapan tersebut.

Dragon Ball: Why Future Trunks Can Go Super Saiyan God NowDalam cerita Golden Frieza Saga, Vegeta tidak mengikuti ritual Saiyan dan langsung mendapatkan form Super Saiyan Blue. Artinya, dengan Trunks yang memiliki kekuatan yang sangat luar biasa – bahkan jauh lebih kuat dari Vegeta saat itu – Trunks bisa saja melewati ritual tersebut dan langsung mendapatkan formnya. Bahkan, mungkin Trunks bisa juga “melewati” Super Saiyan God dengan langsung mempelajari Super Saiyan Blue.

Namun, sepertinya untuk saat ini Super Saiyan God menjadi form yang lebih cocok untuk Trunks. Perlu dicatat juga bahwa dalam cerita Dragon Ball Heroes, Trunks diperlihatkan berhasil mendapatkan form Super Saiyan God. Sayangnya, cerita Dragon Ball Heroes bukanlah bagian dari canon franchisenya. Akan tetapi ini bisa menjadi cerminan bahwa Trunks memang bisa saja mendapatkan form tersebut jika memang dia mau. Kita nantikan saja ya Geeks apakah kemudian Future Trunks akan bisa mengakses kemampuan tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.