Saat ini, proses pembuatan serial Hawkeye masih terus dikebut. Rencananya serial tersebut akan dirilis pada akhir tahun 2021 mendatang. Walau proses produksinya hampir selesai, tetapi kita masih belum mengetahui siapa villain yang akan dihadapi Hawkeye. Besar kemungkinan jika kita baru mengetahui siapa villain Hawkeye setelah trailer perdananya rilis. Nah di Marvel Comics sendiri, ada beberapa villain Hawkeye yang sangat potensial untuk dihadirkan dalam serialnya. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini ya Geeks.

Swordsman

Hiro Studios

Swordsman adalah salah satu villain yang cukup menarik. Pasalnya ia pernah berusaha bergabung dengan Avengers. Namun, niat Swordsman bergabung ke Avengers bukanlah niat yang tulus, karena ia hanya ingin memenuhi rasa egoisnya. Awalnya, Swordsman memimpin pemberontakan untuk membebaskan orang-orang dari kekuasaan Prancis. Tetapi kemudian Swordsman berubah 180 derajat setelah pemimpim pemberontakan lainnya mengakhiri hidup ayahnya. Sebenarnya, Swordsman pernah melatih Hawkeye dan mengajarinya cara menggunakan pisau. Namun ketika Hawkeye mendapati Swordsman mencuri, Swordsman memukul Clint, sehingga pertarungan mereka berdua tidak terelakkan. Oiya Geeks, di serial Hawkeye sendiri, aktor Tony Dalton akan memerankan Jacques Duquesne alias Swordsman. Namun masih belum diketahui apakah ia akan menjadi villain utama ataukah menjadi villain sampingan.

Hangman

Villain potensial lainnya dalam serial Hawkeye adalah Hangman alias Jason Roland. Sebenarnya Jason Roland bekerja sebagai seorang aktor. Namun perjuangan untuk menjadi seorang aktor sangatlah berat, hingga akhirnya ia memutuskan membuat kesepakatan dengan iblis, untuk meningkatkan karier aktingnya. Bukannya menjadi terkenal karena hal positif, Roland malah berubah menjadi monster yang dikenal sebagai Hangman. Hangman sempat melawan West Coast Avengers selama beberapa tahun, dan Hangman telah menjadi sosok yang kuat dan memiliki daya tahan yang tinggi. Bahkan Hangman sempat menjadi lawan tangguh Wonder Man dan Hawkeye. Ia disebut Hangman karena memiliki sebuah tali ajaib yang tidak bisa dihancurkan, dan Hangman bisa menggunakan tali tersebut untuk memanjat meski talinya tidak terikat dengan apapun.

Circus of Crime

Circus of Crime berbeda dengan villain lainnya dalam daftar ini. Pasalnya mereka bergerak secara tim. Mereka adalah villain paling produktif yang pernah dihadapi Hawkeye selama bertahun-tahun. Ironisnya, ada beberapa kelompok yang pernah menggunakan nama Circus of Crime ini, termasuk Old West dan satu kelompok yang bekerja untuk Nazi sebagai mata-mata di Perang Dunia Kedua. Nah kelompok ini dipimpin oleh seorang bernama Ringmaster, yang menggunakan keahliannya untuk mengendalikan orang lain. Orang lain yang berada dibawah kendalinya akan melakukan perampokan dan uangnya akan diserahkan kepada Circus of Crime. Uniknya nih Geeks, Circus of Crime pernah mencoba merekrut Hawkeye, Quicksilver dan Scarlet Witch tetapi gagal dan akhirnya menjadi musuh Hawkeye.

Trickshot

Trickshot adalah villain Hawkeye yang cukup terkenal. Ia adalah salah satu saingan terhebat Hawkeye untuk urusan tembak menembak. Awalnya, sosok dibalik nama Trick Shot adalah Buck Chisholm, mantan mentor Clint yang pernah melatihnya dalam memanah. Namun kemudian Trick Shot berbalik melawan Hawkeye setelah Hawkeye lebih memilih saudaranya ketimbang Trick Shot. Kemudian, sosok yang menjadi penerus Trick Shot adalah saudara Hawkeye sendiri yaitu Barney Barton, yang sebelumnya telah meninggal beberapa tahun lalu, namun kemudian dihidupkan kembali oleh Baron Zemo. Barney Barton sendiri dilatih oleh mantan Trick Shot, Buck Chrisholm dan menjadi rival Hawkeye.

Crossfire

Crossfire menjadi villain Hawkeye paling terkenal karena menjadi musuh bebuyutannya. Nama aslinya adalah William Cross. Ia merupakan sepupu dari villain Ant-Man, Darren Cross. Crossfire memiliki implan cybernetic dan ia memiliki rencana untuk membuat para superhero menjadi terpecah belah dan mengakhiri kebangkitan superhero di dunia. Crossfire bahkan bukan hanya pernah menghadapi Hawkeye, tetapi juga Moon Knight. Dengan Hawkeye dan Moon Knight yang akan mendapatkan serialnya sendiri, maka tampaknya Crossfire sangat mungkin bergabung ke MCU.

Hiro Studios

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.