Film Zack Snyder’s Justice League bukan hanya menyuguhkan cerita lebih lengkap dari kreasi tim superhero tersebut dan bagaimana usaha mereka menghadapi Darkseid dan Steppenwolf, tapi juga memberikan kita informasi mengenai sejarah yang terjadi di DC Universe. Salah satunya adalah pertarungan yang terjadi di masa lalu antara bangsa Amazon dan Atlantis.

Diceritakan bahwa dahulu kala kedua bangsa tersebut saling membenci dan saling berperang. Dan kebencian tersebut masih tetap berlangsung sampai sekarang. Yang menarik adalah peperangan tersebut mungkin akan memberikan petunjuk akan apa yang terjadi di film The Flash nanti. Kedua ras tersebut memiliki ceritanya masing-masing yang diperlihatkan di film Wonder Woman dan Aquaman. Tapi, apa yang sebenarnya membuat mereka saling berperang?

Hiro Studios

Peperangan Atlantean – Amazon di DCEU

Dalam versi DCEU terdapat sedikit detail mengenai apa yang terjadi dalam peperangan kedua ras tersebut. Wonder Woman menyebutkan bahwa “Atlanteans bisa sedikit licik. Kaumku dulu pernah berperang dengan mereka.” Perang tersebut memicu kebencian yang berlangsung sampai saat ini, dan Justice League menjadi momen pertama kali kedua ras tersebut kembali berbicara.

Baik Amazon maupaun Atlantean sama-sama memiliki pemimpin yang pernah menjadi saksi peperangan besar diantara mereka. Dari Amazon mereka memiliki sang ratu, Hippolyta, ibu dari Diana Prince. Sedangkan dari Atlantean mereka memiliki Atlan. Berdasarkan apa yang terjadi di filmnya, pertempuran antara Amazon dan Atlantean mungkin terjadi pasca pertempuran melawan Darkseid.

Karena, seperti diperlihatkan di filmnya, saat Darkseid muncul ke bumi, semua bangsa bersatu menghadapi sang penguasa Apokolips. Artinya mungkin pertempuran diantara mereka terjadi antara 25.000 sampai 3.000 tahun sebelum masehi. Jika Geeks ingin menggali lebih dalam pertempuran tersebut, maka komik adalah jawabannya.

Peperangan Atlantean – Amazon Versi Komik

Cerita masa lalu dari Amazon dan Atlantean memang banyak mengalami perubahan, mengingat DC Comics sudah berusia 85 tahun lebih dan kedua karakter sendiri muncul pertama kali di awal 1940an. Namun, cerita asal usul yang paling baru yang kemudian diadaptasi di DCEU, memperlihatkan bahwa bangsa Amazon sudah ada sejak kebangkitan masyarakat Yunani Kuno.

Atlantis juga memiliki beragam asal usul di komiknya, mulai dari sebuah kota yang ditemukan oleh ayah Arthur Curry yang seorang penjelajah sampai pada sebuah tempat yang mengasingkan diri dari dunia luar. Sedikit lebih modern, Atlantis sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu, dan tenggelam akibat perang para penyihir kuno. Yang paling baru, Aquaman diceritakan merupakan anak yang lahir dari ibu seorang Atlantean dan ayah manusia biasa, menggabungkan dua dunia yang ada.

Sebenarnya, pertarungan antara Amazon dan Atlantean bukanlah merupakan tema yang populer di DC Comics, dan tidak banyak juga pertempuran keduanya yang diceritakan oleh DC Comics. Apa yang diungkapkan Diana di filmnya kemarin tentang pertempuran diantara dua ras yang ada, mungkin bisa menjadi cerminan rencana Zack Snyder kedepannya. Tapi, ada satu cerita yang memperlihatkan dimana para penduduk Atlantis dan Amazon saling bertarung.

Apakah The Flash Akan Menghadirkan Perang Lainnya?

Dalam cerita Flashpoint, diceritakan bahwa Barry Allen kembali ke masa lalu untuk menyelamatkan sang ibu. Sialnya, hal yang dilakukan Barry tersebut justru menciptakan sebuah realita alternatif dimana Superman, Flash, dan Justice League justru tidak ada. Ini merupakan sebuah cerita crossover besar yang memperlihatkan DC Universe yang baru dan dimulainya “New 52.”

Flashpoint juga memperlihatkan versi kelam dari Wonder Woman dan Aquaman yang memimpin rakya mereka dalam sebuah peperangan. Peperangan diantara kedua ras tersebut benar-benar menghancurkan sebagian besar Eropa Barat dan menyebabkan banyak sekali kehilangan bagi kedua kubu.

Dalam universe tersebut, Wonder Woman diperlihatkan sebagai sosok pemimpin yang kejam dan tegas. Dia berhasil membunuh Mera dan membuat Aquaman marah. Para penduduk Atlantean pun tidak jauh berbeda dengan para Amazon. Film Flash yang akan tayang disebut-sebut akan terinspirasi dari cerita Flashpoint. Namun, bukan berarti kita akan kembali melihat peperangan antar Atlantis dan Themyscira.

Berdasarkan informasi yang ada dan terbaru, filmnya sendiri akan lebih berfokus pada pengenalan multiverse dan menghadirkan berbagai versi dari Batman. Gal Gadot dan Jason Momoa dirumorkan akan juga muncul, dalam beberapa momen. Jadi, mungkin saja kita akan melihat versi lain dari Diana Prince dan juga Arthur Curry. Tapi, intinya peperangan antara Atlantean dan Amazon tidak akan kembali terjadi.

Namun, masih ada ruang di DCEU untuk menampilkan konflik lainnya di film lain.  Kita nantikan saja ya Geeks apa yang kana dilakukan WB dan DC Film untuk menghadirkan cerita lebih mendalam mengenai sejarah dari DC Comics di DCEU.

Hiro Studios