Untuk pertama kalinya TV seri Loki akan memperkenalkan kepada para fans sebuah organisasi yang bertugas untuk menjaga linimasa agar bisa tetap sesuai pada jalurnya. Dan organisasi tersebut adalah Time Variance Authority (TVA). Mereka memantau setiap pergerakan linimasa di MCU dan akan mencatat berbagai kejanggalan yang terjadi di linimasa, seperti yang dilakukan oleh Loki.

MCU sendiri memperkenalkan konsep memanipulasi waktu sejak 2016 lalu dalam film Doctor Strange. Diperlihatkan bahwa Strange mampu memanipulasi waktu sesuai dengan keinginannya dengan menggunakan salah satu Infinity Stones, yaitu Time Stone. Namun, baru pada Avengers: Endgame kita diperkenalkan dengan konsep perjalanan waktu, yang mana sekarang hal itu menjadi bagian penting bagi franchisenya.

Hiro Studios

Filmnya sendiri memperlihatkan para Avengers kembali ke masa lalu untuk mengumpulkan Infinity Stones, sebelum Thanos berhasil mendapatkannya dan melakukan Decimation. Setelah berhasil, Infinity Stones tersebut kemudian dikembalikan ke linimasa awal mereka. Yang menarik dari filmnya adalah saat mereka mencoba mengambil Space Stone yang ada di dalam Tesseract, mereka gagal dan Loki – dari tahun 2012 – berhasil mencurinya dan kabur. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa Loki ditangkap oleh TVA.

Tapi, muncul sebuah pertanyaan besar dalam hal ini. Dengan tugasnya sebagai pengawas linimasa, dan Loki yang gemar untuk memanipulasi waktu serta kematian, TVA tentu mengenal Loki. Dan Loki pun mengenal dengan organisasi ini. Mereka kemungkinan pernah menjalin koneksi satu sama lain. Yang menjadi pertanyaannya kemudian mengapa TVA tidak muncul dalam film Endgame?

Para Avengers yang kembali ke 2012 untuk mengambil Infinity Stones, tidak menyadari bahwa ada konsekuensi yang harus mereka hadapi. Bruce Banner sendiri beruntung bisa bertemu dengan Ancient One, yang memang memiliki banyak pengetahuan tentang waktu. Dia mengungkapkan bahwa ketika salah satu Infinity Stones diambil dari masanya atau tempat seharusnya, maka akan muncul sebuah cabang linimasa baru dalam realita yang ada.

Namun, Ancient One kemudian menimpali bahwa mengembalikan Infinity Stones tersebut ke asalnya akan mampu menutup cabang yang muncul tersebut, dan tidak akan ada cabang yang muncul. Ancient One sendiri mengatakan bahwa cabang linimasa tersebut baru akan muncul ketika ada “gangguan” dengan Infinity Stones, yang mana menurutnya Infinity Stones membantu menjaga “aliran waktu” di alam raya.

Avengers: Endgame Abaikan Seluruh Aturan Time Travel – Dafunda.comJika memang begitu, maka penjaga waktu seperti halnya TVA, tidak diperlukan untuk memantau linimasa, karena cabang linimasa baru bisa muncul dalam keadaan dan situasi yang unik dimana perjalanan waktu terjadi dengan menggunakan atau melibatkan sebuah Infinity Stone. Apa yang diucapkan oleh Ancient One mungkin adalah oversimplifiying atau penyederhanaan dari sebuah pengertian yang kompleks.

Namun, yang paling penting adalah dia mencoba mengatakan bahwa para Avengers tidak boleh membuat kerusakan terhadap linimasa. Dengan begitu, para pengawas waktu seperti TVA tidak perlu terlibat atau ikut campur, karena mereka tahu para Avengers akan mengembalikan semuanya ke asal pada akhirnya. Hal ini kembali memunculkan sebuah pertanyaan

Apakah TVA juga mengenal atau memiliki koneksi dengan Ancient One? Bukan tanpa alasan, pasalnya Ancient One memiliki banyak pengalaman dengan manipulasi waktu. Belum lagi, dia menjadi penjaga dari Time Stone. Time Stone sendiri sudah sering menjadi sumber anomali waktu, karena banyak eksperimen yang dilakukan oleh berbagai penyihir dengan Infinity Stone tersebut.

Here's What You Need to Know About the TVA in the 'Loki' TrailerDalam The Book of Cagliostro sendiri sudah tertulis resiko dan bahaya yang harus dihadapi para penyihir yang menggunakan Time Stone. Wong dan Mordo sendiri pernah menyebutkan bahwa memanipulasi waktu “bisa menciptakan cabang dalam waktu (linimasa). Pembukaan (portal) dimensi yang tidak stabil. Paradoks ruang. Perulangan waktu!”

Mungkin, para penyihir tersebut sempat mengalami kesulitan dalam memahami tentang waktu, dan TVA sendiri membantu mereka menjelaskan semua itu. Mereka juga mungkin membantu membereskan semua kekacauan yang ada. Kita nantikan saja ya Geeks apakah di serinya nanti kita akan mendapatkan penjelasan pasti dari hal tersebut.

Hiro Studios