Geeks masih ingat peristiwa mengerikan yang terjadi di Ohara puluhan tahun yang lalu, sebelum timeline saat ini dimulai dalam cerita One Piece? Seperti yang kita tahu, semua penduduk Ohara dihancurkan oleh serangan angkatan laut atas apa yang mereka kerjakan yaitu mencoba membaca Poneglyph. Hal ini membuat Pemerintah Dunia murka dan akhirnya buster call pun diaktifkan.

Satu-satunya orang yang selamat dari peristiwa mengerikan itu adalah Nico Robin, yang sekarang menjadi bagian dari kru Luffy. Robin berhasil diselamatkan oleh seorang mantan admiral angkatan laut, Jaguar D. Saul. Dalam peristiwa itu, ibu dari Robin, Nico Olivia harus “tewas” akibat serangan es yang dilakukan oleh Kuzan alias Aokiji. Selain Nico Olivia, Saul juga dibekukan oleh Aokiji.

Hiro Studios

Hal inilah yang kemudian membuat banyak fans menyangka jika dia sudah tewas dalam serangan itu. Tapi, ada kemungkinan jika mereka sebenarnya masih hidup dan selamat. Hanya saja, kondisi mereka masih dalam keadaan membeku. Selama ini, Eiichiro Oda memperlihatkan jika Aokiji sering membekukan orang-orang. Namun, jika Geeks perhatikan sebenarnya orang-orang tidak dibunuh atau tidak tewas oleh Aokiji.  Tidak pernah ada yang terluka akibat serangan es yang dilakukan oleh Aokiji, kecuali Diamond Jozu yang harus kehilangan tangan kanannya. Orang-orang yang dibekukan tersebut dibiarkan begitu saja oleh Aokiji. Mereka bisa saja lolos dari serangan itu – seperti yang diperlihatkan oleh Whitebeard dan Doflamingo – tapi pilihan lainnya tetap menjadi es. Kecuali jika mereka memiliki cukup kekuatan.

Yang menarik juga adalah Aokiji menyebutkan salah satu jurusnya, ketika akan membekukan Saul yaitu ‘Ice Time Capsule’. Buat Geeks yang belum paham dengan konsep kapsul waktu, pada intinya adalah kita menanam atau menguburkan sesuatu untuk kemudian ditemukan di masa depan. Dengan teknik yang digunakan oleh Aokiji tersebut memunculkan sebuah dugaan jika hal itu memang sengaja dilakukan oleh Aokiji. Lalu, apa yang bisa digunakan untuk mencairkan Saul yang membeku? Mungkin mereka bisa menggunakan api atau benda panas apapun yang ada di pulau itu.

Nico Olivia dan Para Peneliti Ohara Lainnya

Meskipun buster call memiliki tujuan untuk menghancurkan semuanya yang ada di Ohara kita tidak melihat mereka tewas. Bahkan, Professor Clover yang sebelumnya ditembak di bagian dada, masih sempat melemparkan buku ke arah danau bersama dengan peneliti lainnya. Keesokan harinya sekelompok angkatan laut kemudian menyisir wilayah Ohara untuk mencari apa masih ada yang selamat.

Satu hal yang tidak mereka temukan di lokasi itu adalah jenazah atau mayat dari para peneliti tersebut. Bahkan, di animenya yang diperlihatkan lebih jelas nampak sama sekali tidak ada jenazah di lokasi itu. Satu-satunya hal yang mereka temukan adalah tumpukan buku yang menutupi seluruh danau. Yang menarik juga adalah tidak ada reruntuhan yang mengenai danau tersebut.

Apakah artinya danau itu merupakan sebuah tempat persembunyian? Memang rasanya lebih masuk akal jika mereka melakukan hal itu, dibandingkan berdiam diri sambil menunggu kematian mereka. Meskipun masih belum diketahui kebenarannya, ada kemungkinan jika mereka lolos dari serangan itu.
Bukankah jika mereka melompat ke danau, mereka akan tenggelam? Disinilah peran Dragon dan pasukan revolusi muncul. Bisa jadi, ketika mereka masuk ke danau, Dragon berhasil menyelamatkan mereka semua. Dragon kemudian merekrut mereka untuk menjadi bagian dari Pasukan Revolusi, termasuk Nico Olivia dan Saul.

Terbentuknya Pasukan Revolusi

Dalam Vivre Card Databook Volume 3, Oda Sensei memberikan kita petunjuk tentang bagaimana Pasukan Revolusi terbentuk. Berdasarkan data tersebut ada sesuatu atau seseorang di 19-24 tahun yang lalu yang kemudian memicu terbentuknya organisasi ini. Jika hal itu adalah seseorang, bisa jadi Roger atau Rayleigh yang memberi tahu Dragon tentang Pemerintah Dunia yang sebenarnya.

Jika hal itu adalah sesuatu, maka peristiwa ini kemungkinan besar adalah kejadian atau peristiwa yang paling tragis yang diakibatkan oleh Pemerintah Dunia. Sebenarnya ada beberapa peristiwa yang terjadi di masa lalu yang bisa menjadi petunjuk, seperti penyerangan Fisher Tiger ke Mary Geoise untuk membebaskan para budak. Tapi, peristiwa itu terjadi setelah Luffy lahir yang membuat dugaan ini akhirnya dibatalkan.

Satu-satunya kejadian besar yang terjadi diantara kematian Roger dan kelahiran Luffy adalah peristiwa Ohara. Peristiwa ini terjadi 22 tahun yang lalu, dimana seluruh pulau dihancurkan atas perintah Gorosei. Bisa jadi juga sebenarnya ada peristiwa atau kejadian yang belum pernah diperlihatkan sebelumnya, berdasarkan apa yang terjadi sejauh ini.

Sama Dengan Penyerangan Grey Terminal

Penyerangan ke pulau Ohara, sama seperti pembakaran yang terjadi di Grey Terminal. Satu hal yang sama dari kedua peristiwa ini adalah sama-sama tidak terdapat mayat atau jenazah. Hal ini diakibatkan Dragon yang muncul dan berhasil menyelamatkan sebagian penduduk Grey Terminal. Grey Terminal memang masih memiliki tubuh yang terbakar tapi tidak banyak. Berdasarkan logika itu, jika memang mereka terbakar seharusnya sisa jenazahnya masih bisa ditemukan.Kedua peristiwa ini juga memiliki kesamaan lainnya. Pertama adalah kedua peristwa ini terjadi demi melindungi kepentingan seseorang dari kaum naga. Banyak orang-orang tidak bersalah tewas, tapi hal itu justru dianggap wajar oleh sebagian pihak. Kedua, disaat mereka merasa tidak ada lagi harapan Dragon akan muncul dan membantu mereka. Ketiga adanya seorang anak yang selamat – Nico Robin dan Sabo. Jadi, besar kemungkinan jika kedua peristiwa ini memiliki similaritas yang sangat kuat.

Ada Hubungannya Dengan Julukan Dragon

Dragon disebut-sebut sebagai orang paling berbahaya di dunia oleh Pemerintah dunia. Berdasarkan hal ini kemungkinan dia menjadi karakter yang paling banyak memiliki nilai buruan. Jika yang diukur adalah kekuatan, tentunya nilai buruan Sabo harusnya lebih dari 602 juta Belly. Bahkan, Fisher Tiger yang menyerang Mary Geoise pun hanya mendapatkan nilai buruan sebesar 230 juta Belly.

Jadi, sebenarnya apa yang membuat Dragon begitu berbahaya dan nilai buruannya sangat tinggi? Bisa jadi dia sudah melakukan hal yang ada kaitannya dengan julukan Dragon. Bisa jadi, Pemerintah Dunia mengetahui jika para penduduk Ohara berhasil melarikan diri dari serangan buster call dan diselamatkan oleh Dragon. Menyelamatkan musuh  Pemerintah Dunia tentunya bisa dianggap menjadi sebuah ancaman besar.

Yang menarik adalah salah satu pasukan revolusi memiliki nama Olvia. Olvia sudah pernah muncul di beberapa cerita dan beberapa chapter. Apakah sosok perempuan itu merupakan Nico Olivia? Bisa jadi. Mungkin ini juga alasan mengapa Dragon sudah mengenal Nico Robin sejak dulu, meskipun belum bertemu dan ingin bertemu dengan Robin. Dia bercerita banyak tentang sosok anaknya, dan tahu jika dia pasti selamat. Kita nantikan aja ya Geeks apakah Nico Olivia dan Saul benar masih hidup.

Hiro Studios