Jiraiya merupakan salah satu karakter klasik yang mana sosoknya maish terus dikenang oleh para fans. Dalam franchise Naruto, nama Uzumaki Naruto dan Boruto mungkin adalah dua nama yang paling populer. Namun, pada kenyataannya selain mereka berdua ada juga karakter lain yang tidak kalah populer. Salah satunya adalah Jiraiya.

Rasanya hampir semua Geeks mengenal siapa Jiraiya. Dia adalah salah satu legenda Sannin Konoha dan merupakan mentor bagi Naruto. Jiraiya sendiri diceritakan tewas, saat dia bertarung melawan Akatsuki. Dan tidak dipungkiri bahwa kematian Jiraiya membawa kesedihan bagi para fans. Meskipun kecil kemungkinan Jiraiya kembali hidup, berikut adalah beberapa hal yang bisa dia lakukan jika dia masih hidup.

Hiro Studios

Menulis Buku Lainnya

Jiraiya memang adalah seorang shinobi yang sangat kuat, dan sama seperti halnya para shinobi lain, dia tidak mengandalkan misi yang dia jalani untuk mendapatkan uang. Yang menarik adalah selain menjadi shinobi, Jiraiya juga dikenal sebagai seorang penulis buku. Meskipun buku pertamanya bisa dibilang gagal dan tidak laku di pasaran, namun dia tidak menyerah untuk terus menulis.

Kesuksesan akhirnya muncul kepada Jiraiya, setelah dia menjadi penulis novel dewasa. Seri yang paling populer adalah Icha Icha series. Bahkan, Kakashi sendiri merupakan salah satu pembaca setia dan fan dari Jiraiya dan bukunya. Seri tersebut membuat Jiraiya memiliki banyak uang, dan dia sering melakukan “riset” untuk bukunya. Jika Jiraiya masih hidup, mungkin dia akan menulis buku lainnya.

Tinggal Bersama Tsunade

Tsunade memang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun, harus diakui Tsunade sangat peduli terhadap Jiraiya. Mereka berdua tumbuh bersama, dan banyak mengalami peristiwa bersama-sama. Itulah mengapa mereka selalu terlihat dekat seperti seorang sahabat. Namun, pada kenyataanya Jiraiya memiliki perasaan lebih kepada Tsunade.

Jiraiya sangat mencintai dan peduli terhadap Tsunade, bahkan sampai dia tewas. Tsunade sendiri pun menyadari tentang perasaan peduli Jiraiya. Namun, Tsunade terlambat menyadari bahwa ada sesuatu yang lebih dari perasaan Jiraiya tersebut. Setelah perang besar ninja keempat, Tsunade memutuskan untuk mundur sebagai Hokage. Jika Jiraiya tidak tewas, mungkin ada kesempatan bagi mereka untuk bersama.

Dia Akan Bekeliling Dunia

Jiraiya mungkin merupakan sosok yang tepat untuk menjadi Hokage. Namun, sering kali dia menolak tawaran tersebut karena dia meyakini dia tidak pantas untuk posisi tersebut. Terlepas apakah Jiraiya adalah sosok yang pantas atau tidak, Jiraiya kemungkinan besar akan membenci posisinya tersebut jika diambil, karena dengan menjadi Hokage maka dia tidak bisa bepergian lagi.

Jiraiya sengaja berkeliling ke seluruh desa ninja demi mengumpulkan informasi yang mungkin bisa membantu Konoha atau desa lainnya. Namun, selain itu juga dia bepergian untuk menemukan sosok anak seperti Naruto, yang memang membutuhkan bimbingan agar menjadi shinobi hebat. Jika Jiraiya masih hidup, mungkin dia akan kembali melanjutkan hobinya ini.

Menelusuri Kara

Jiraiya merupakan salah satu shinobi terkuat dalam sejarah Konoha, dan hal tersebut terbukti dimana Jiraiya berhasil mengalahkan berbagai musuh yang sangat kuat. Namun, sebenarnya, dibandingkan dengan bertarung Jiraiya lebih ahli dalam mengumpulkan informasi. Seperti yang disebutkan di atas, saat dia bepergian ke seluruh desa ninja, dia juga menggali informasi sebanyak mungkin.

Bahkan, berkat informasi dari para informannya Jiraiya berhasil menggali informasi tentang Akatsuki. Namun, ternyata Akatsuki bukanlah satu-satunya kelompok atau organisasi jahat di dunia Naruto. Dalam seri Boruto, kita mengenal Kara yang dipimpin oleh Jigen – yang sekarang sudah tewas. Jika Jiraiya masih hidup, mungkin dia akan melakukan hal yang sama seperti yang dia lakukan terhadap Akatsuki.

Jadi Penasihat Naruto

Naruto merupakan Hokage baru di Konoha. Meskipun dia baru sebentar menjadi Hokage, namun dia membuktikan bahwa dia adalah Hokage terbaik yang pernah ada. Naruto mungkin pada akhirnya berhasil mewujudkan mimpinya, namun seperti halnya Kage lain, dia membutuhkan seorang penasihat yang bisa memberikan saran. Saat ini posisi tersebut dipegang oleh Shikamaru.

Harus diakui Shikamaru sudah berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Dia juga adalah sosok yang cerdas. Namun, dibandingkan dengan Jiraiya, tentu akan jauh lebih cocok Jiraiya yang mengisi posisi tersebut. Jiraiya memiliki pengalaman dan informasi yang melimpah. Belum lagi, Naruto adalah “anaknya,” yang mana tentu Jiraiya tidak akan keberatan untuk kemudian membantu Naruto dengan saran-sarannya.

Jadi Sosok Pengawas Orochimaru

Orochimaru merupakan salah satu Sannin legendaris lainnya selain Jiraiya. Dia juga merupakan shinobi paling cerdas dan kuat. Orochimaru merupakan salah satu shinobi yang dianggap mampu menandingi kekuatan Jiraiya. Jiraiya sendiri menganggap Orochimaru adalah sahabatnya, dan ketika dia mencoba untuk kabur dari Konoha, Jiraiya yang kemudian berusaha membawanya kembali.

Dia akhir perang ninja keempat, Orochimaru memutuskan untuk berhenti dengan segala sifat dan perilaku jahatnya. Dia kemudian berdamai dengan Konoha, meskipun pihak Konoha akhirnya tetap mengawasinya dengan membuat sebuah tim yang dipimpin oleh Yamato. Jika Jiraiya masih hidup, tugas itu sepertinya akan dilakukan olehnya.

Menjadi Sosok Penting Bagi Himawari dan Boruto

Di akhir serinya, naruto mewujudkan mimpinya untuk menjadi Hokage. Tidak hanya itu, dia juga menikahi temannya sedari kecil, Hinata, dan membangun sebuah keluarga kecil. Dua orang anak kemudian melengkapi hidupnya. Dia adalah Himawari dan Boruto. Jiraiya sendiri adalah sosok yang melatih Minato. Dia juga yang kemudian melatih dan membesarkan Naruto.

Jadi, rasanya masuk akal jika kemudian Jiriaya juga terlibat dalam hidup Himawari dan Boruto, karena mungkin Jiraiya adalah sosok kakek bagi mereka. Jiraiya akan memberikan mereka nasihat penting tentang kehidupan dan juga sebagai seorang shinobi. Dan bahkan jika Boruto mau, Jiraiya bisa menjadi mentornya.

Hiro Studios