Superman

Dalam salah satu komik crossover paling epik yaitu JLA/Avengers yang dirilis pada 2003 silam, kita diperlihat sesuatu yang menarik dan tidak biasa. Dalam komiknya, kita melihat bagaimana Superman bukan hanya menggunakan tameng Captain America tapi juga mengangkat Mjolnir milik Thor. Para Avengers dan Justice League diceritakan harus bekerja sama untuk menghadapi musuh besar.

Superman held Cap's shield and Thor's hammer in the epic JLA vs Avengers series.Musuh besar tersebut benar-benar memberikan ancaman bagi kedua universe. Dan untuk bisa mengalahkan musuh tersebut, Steve Rogers dan Thor akhirnya meminjamkan senjata andalan mereka. Superman menjadi sosok pertama, selain karakter Marvel yang pernah menggunakan tameng milik Steve Rogers tersebut.

Bucky Barnes

Di MCU, Bucky Barnes bisa dibilang adalah sosok yang pertama kali menggunakan tameng ikonik Captain America selain Steve. Hal ini bisa dilihat dalam film Captain America: The First Avenger, kemudian dalam film Winter Soldier bahkan Bucky menggunakan tameng tersebut untuk bertarung melawan Steve Rogers. Terakhir adalah ketik Bucky bertarung dengan Steve melawan Tony Stark dalam film Civil War.

Namun, di komiknya pun Bucky pernah melakukan hal tersebut. Bucky menggunakan identitasn Captain America dan menjadi pewaris tameng tersebut pada 2008 dalam komik Captain America #34 setelah Steve diceritakan tewas. Bucky benar-benar harus berjuang untuk mendapatkan kepercayaan bukan hanya dari para masyarakat Amerika, tapi juga para Avengers.

Sam Wilson

Seperti halnya Bucky, Sam juga sebenarnya adalah mantan rekan dari Steve Rogers dalam menghadapi berbagai kejahatan. Namun, setelah bertahun-tahun bertarung menghadapi kejahatan bersama Steve kemudian mewariskan tameng miliknya kepada Sam juga identitas Captain America. Hal itu terjadi setelah Steve memutuskan untuk menghilangkan serum tentara supernya, yang mana membuatnya menjadi sosok yang sudah sangat tua.

Seperti yang diperlihatkan dalam seri The Falcon & The Winter Soldier, menjadi sosok pengganti Steve Rogers sebagai Captain America tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun begitu, sosok Sam Wilson versi Captain America merupakan salah satu versi Captain America yang populer selain versi Bucky Barnes.

John Walker

John F. Walker pada akhirnya menjadi sosok yang ditunjuk resmi oleh pemerintah Amerika sebagai pengganti Steve untuk mewarisi tameng istimewa Captain America beserta identitasnya. Namun, sayangnya sosok John Walker sangat berbeda dengan sosok Steve. Jika Steve merupakan sosok yang penuh dengan nilai-nilai dan kebaikan, John justru sebaliknya. Semuanya penuh dengan kekerasan.

Dia bahkan pernah diceritakan membunuh musuhnya, sesuatu hal brutal yang tidak dilakukan oleh Steve. Inilah yang kemudian membuat Steve harus kembali bertindak. John sendiri kemudian menyerahkan kembali semuanya, dan kemudian menggunakan nama lain yaitu U.S. Agent. John Walker sendiri saat ini diperlihatkan sedang menjadi pemilik tameng tersebut dalam seri The Falcon & The Winter Soldier.

Isaiah Bradley

Karakter Isaiah Bradley sendiri pertama kali muncul dalam sebuah miniseri karya Robert Morales, Truth: Red, White, and Black yang dirilis pada 2003. Isaiah Bradley merupakan sosok yang dipaksa ikut dalam perang dunia kedua. Ditugaskan di Black Regiment, dia dan para tentara lainnya kemudian menjadi salah satu subjek uji coba untuk serum tentara super.

Isiah Bradley is the first African-American Captain America in canon. Isaiah sendiri menjadi satu-satunya yang selamat dari program tersebut, dan serumnya bekerja dengan baik di tubuhnya. Berkat keberhasilan inilah, pihak pemerintah akhirnya memberikan Isaiah kesempatan untuk menggunakan tameng ikonik dan menjadi sosok Captain America kulit hitam pertama. Sayangnya, Isaiah harus mendapatkan perlakuan yang tidak adil setelah perjuangan dan pengorbanan yang dia lakukan.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.