Bagi banyak orang dan para penggemar Marvel comics Steve Rogers akan selalu menjadi sosok dibalik nama Captain America. Ketika Joe Simon dan Jack Kirby menghadirkan karakter ini lebih dari 80 tahun yang lalu, tujuan awalnya adalah menjadikan Steve sebagai panutan bagi para superhero bertameng lainnya. Dan sepertinya impian dari kedua legenda tersebut terbukti saat ini.

Namun, mungkin ada sebagian dari Geeks yang belum mengetahui bahwa sebenarnya ada sosok lainnya selain Steve Rogers yang juga pernah menggunakan tameng dari Captain America. Senjata andalan dari Captain America tersebut pernah juga digunakan oleh beberapa karakter Marvel bahkan DC. Lalu, siapa saja mereka? Berikut adalah daftarnya.

Hiro Studios

William Naslund

William Naslund adalah salah satu orang pertama dalam sejarah Marvel Comics yang pernah menjadi pengganti Steve Rogers dan juga menjadi sosok pemilik tameng Captain America. Pertama kali diperkenalkan dalam komik Invaders #14, Naslund adalah sosok pahlawan yang dikenal dengan julukan “The Spirit of ’76.” Naslund sendiri menggunakan tamengnya dalam komik What If? #4 yang ditulis oleh Roy Thomas pada 1977.

Naslund sendiri menggunakan tameng tersebut setelah kematian Steve Rogers dan Bucky Barnes dalam perang dunia kedua. Naslund sendiri menggunakan tameng tersebut atas permintaan pihak Pemerintah Amerika, yang ingin menjadikannya sebagai pengganti Steve. Meskipun hanya sebentar Naslund menjadi “pionir” dari karakter lain yang pernah menggunakan tameng ikonik tersebut.

William Burnside

Sosok William Burnside pertama kali muncul 20 tahun sebelum Captain America muncul yaitu dalam komik Young Men #24. Namun, baru pada 1972 Burnside mendapatkan kesempatan untuk menjadi pemilik selanjutnya dari tameng Captain America. Burnside juga bahkan menjadi Captain America keempat. Berbeda dengan Steve, Burnside adalah sosok gelap dan jahat seperti diperlihatkan dalam Captain America #153 karya Steve Englehart dan Sal Buscema.

Yang menarik dari Burnside adalah dia sangat terobsesi kepada sosok Steve Rogers. Dia benar-benar berusaha untuk bisa seperti sosoknya, mulai dari penampilan sampai kepada perilaku bahkan namanya. Burnside sendiri kemudian mendapatkan suntikan serum tentara super, yang mana hal itu justru memperburuk situasinya. Burnside justru berubah menjadi sosok yang semakin gila.

Jeffrey Mace

Sebagian orang mungkin mengenao Jeffrey Mace sebagai sosok pahlawan bernama the Patriot. Nama Jeffrey Mace sendiri sebenarnya pernah muncul dalam seri Agents of S.H.I.E.L.D., yang mana dia adalah sosok pengganti pemimpin dari S.H.I.E.L.D. Yang menarik adalah Jeffrey Mace dianggap sebagai sosok yang “sepadan” dengan Steve, apalagi keduanya memiliki standar moral yang sama.

Namun, jauh sebelum dia muncul dalam versi live-action, Mace pernah menjadi pemilik tameng Captain America dalam komik Captain America Comics #59. Berbeda dengan karakter lainnya sebenarnya tidak ada alasan khusus mengapa kemudian dia menjadi pengganti Steve sebagai pemilik tamengnya. Ada kemungkinan dirinya sendirilah yang inisiatif untuk mengisi kekosong Steve yang hilang dan Naslund yang tewas.

Dainelle Cage

Danielle Cage merupakan putri dari Luke Cage dan Jessica Jones. Percaya atau tidak Dainelle pernah menjadi pemilik tameng Captain America. Seperti halnya Roberta Mendez, dia merupakan sosok Captain America di universenya sendiri. Berbeda dari sosok Steve Rogers yang merupakan Captain America di Earth-616.

Perbedaan besar antara Danielle Cage dan karakter lain yang pernah mengisi peran tersebut adalah bagaimana dia mendapatkan kekuatannya. Danielle tidak disuntikan serum tentara super. Dia mendapatkan semua kekuatan dalam dirinya dari kedua orang tuanya. Inilah yang kemudian membuat Danielle Cage berbeda dengan yang lain.

Peggy Carter

Geeks mungkin sudah mengetahui bahwa dia akan menjadi pemilik selanjutnya dari tameng Captain America beserta identitas tersebut dalam salah satu seri animasi What If…? yang akan tayang di platform Disney Plus nanti. Namun, sebenarnya Peggy sendiri sebenarnya sudah pernah melakukan hal tersebut sebelumnya, seperti yang diperlihatkan dalam komik Exile karya Judd Winick dan Mike McKone.

Peggy Carter ini bukan berasal dari universe utama Marvel, melainkan realita alternatif, tepatnya dari Earth-86315. Margaret Carter versi realita alternatif tersebut diceritakan mengikuti program serum tentara super. Setelah Steve Rogers dan Dr. Erskine tewas Howard Stark meyakinkan Carter untuk ikut dalam programnya, yang mana kemudian menjadikannya sosok Captain America pertama di universe itu.

Major Victory

Vance Astrovik mungkin lebih dikenal sebagai bagian dari tim pahlawan luar angkasa, Guardians of the Galaxy. Namun, ternyata dia juga pernah menjadi “pewaris” dari tameng Captain America. Diceritakan bahwa Vance menjalan sebuah misi, untuk mencari keberadaan tameng Captain America yang hilang. Yang unik adalah Vance kemudian merubah tampilannya.

Before Young Avengers had a hero named Patriot, the Golden Age had Jeffrey Mace in the role.Dia menggunakan kostum yang mirip dengan Steve Rogers dan Captain America meskipun ada beberapa perbedaan mencolok. Dia juga menggunakan nama samaran lain, Major Victory. Fakta menarik dari sosok ini adalah seperti halnya Steve, dia juga pernah terjebak di dalam es selama bertahun-tahun lamanya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

Hiro Studios

1
2