Dalam chapter terbaru dari One Piece terdapat sebuah momen menarik, dimana Law mengatakan bahwa dia tidak bisa memindahkan Big Mom atau Kaido dengan menggunakan Shambles – seperti yang dia lakukan terhadap Red Scabbards. Menurut Law, kemampuan Haki mereka sangatlah kuat sehingga Shambles tidak efektif terhadap mereka. Hal tersebut ternyata memunculkan banyak reaksi.

Banyak fans yang beranggapan bahwa dengan pernyataan Law di chapter 1009 kemarin, artinya kemampuan buah iblis Ope Ope no Mi Law tidak akan bisa atau berlaku terhadap Big Mom. Kemudian anggapan lainnya adalah Haki mampu “menetralkan” kekuatan buah iblis. Kemudian anggapan lainnya adalah Haki dari Big Mom pasti lebih besar dan kuat dibandingkan orang lain, yang pernah dipindahkan oleh Law dengan teknik Shambles.

Hiro Studios

Namun, benarkah hal tersebut? salah seorang fan, SLC_Girl, di salah satu situs berbagi menjelaskna bahwa semu spekulasi tersebut tidaklah benar. Shambles tidak bisa digunakan kepada Big Mom artinya hanya teknik itu saja yang memang tidak mampu digunakan kepada Big Mom. Kita masih belum tahu apakah teknik Law lainnya – seperti Room – juga tidak bekerja kepada Big Mom.

one-piece-1009-6 — ImgBBKemudian, Haki sebenarnya bukan “menetralkan” kekuatan buah iblis melainkan “menahan” kekuatan buah iblis dan hal itu terjadi hanya secara langsung (direct). Ini juga artinya Haki Big Mom mampu menahan kekuatan dari Shambles Law. Itulah mungkin alasan mengapa Law kemudian mengatakan bahwa Haki Big Mom sangat kuat, karena Hakinya mampu menahan kekuatan law.

Perlu diingat kembali bahwa Haki memiliki kaitan dengan tekad. Jadi, penjelasan simpel mengenai mengapa seseorang tidak bisa atau mampu menolak untuk dipindahkan dengan teknik Shambles adalah orang tersebut memang menolak untuk dipindahkan. Dan hal itu dimanifestasikan atau diwujudkan melalui Haki, yang mana kemudian Haki tersebut mampu menolak teknik Shambles.

Selain itu, dengan kemampuan buah iblis yang berbeda bisa juga menghasilkan kekuatan dan daya hancur yang berbeda, yang mana mungkin Haki pun tidak akan mampu menahannya. Misalnya, ketika Luffy terkena serangan dari Kaido di awal pertemuan mereka. Berdasarkan hal ini juga, besar kemungkinan bahwa Luffy akan terluka parah akibat terkena serangan Three Realm: Ragnarok yang digunakan Kaido untuk menghajar Luffy.

Perlu dicatat ya Geeks bahwa semua penjelasan ini hanya berdasarkan spekulasi dari salah satu fans saja. Artinya bukan tidak mungkin jika Geeks memiliki pendapata atau spekulasi masing-masing. Lagipula, Oda Sensei sendiri masih belum menjelaskan secara rinci mengenai Haki dan buah iblis, meskipun sudah ada banyak penjelasan di ceritanya. Sehingga, wajar jika para fans banyak berspekulasi mengenai Haki dan buah iblis.

Saat ini Big Mom sendiri berhasil didorong jatuh dari Onigashima berkat kerja sama keempat Worst Generation. Masih belum diketahui apakah Big Mom selamat atau ada kejadian lain menanti. Menarik juga apa yang akan dilakukan Law selanjutnya, jika memang Big Mom selamat. Apakah Law akan menggunakan Room kepada Big Mom dan Kaido? Apakah teknik tersebut akan berfungsi terhadap Kaido? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Hiro Studios