Setelah lebih dari satu dekade, akhirnya seri Attack on Titan akan segera menutup cerita petualangan mereka. Saat ini, serinya hanya tinggal menyisakan beberapa chapter lagi sebelum ceritanya benar-benar selesai. Attack on Titan sendiri diketahui akan menutup ceritanya di chapter ke 139, berdasarkan informasi yang beredar beberapa waktu lalu.

Dengan cerita Attack on Titan yang akan segera selesai, para fans pun mulai berlomba-lomba untuk mengungkapkan teori mereka mengenai cerita akhir serinya. Ada banyak sekali spekulasi dan teori tentang akhir ceritanya. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

Hiro Studios

Eren Tewas

Ini adalah salah satu teori yang sudah banyak sekali digaungkan para fans, bahkan sejak peristiwa Rumbling dimulai. Para fans sendiri dibuat terkejut bahwa Eren ternyata adalah musuh yang mengancam nyawa mereka. Eren adalah ancaman besar bagi seluruh umat manusia. Namun, semua itu tentunya tidak serta merta muncul dalam benak Eren. Ada sejarah panjang cerita mengapa Eren menjadi seperti itu.

Dengan Eren sekarang bertransformasi menjadi sosok mengerikan, berkat adanya kekuatan Founding Titan dari Ymir yang dipinjamkan kepada Eren, Eren pun mau tidak mau harus dihentikan dan peristiwa Rumbling ini harus segera dihentikan. Menurut teorinya, satu-satunya cara untuk menghentikan ini semua adalah dengan menghabisi nyawa Eren. Dan menurut spekulasi yang beredar, Mikasa adalah orang yang akan melakukannya.

Attack on Titan's Newest Chapter Reveals Highest Death Toll YetDi chapter 138, kita melihat bagaimana Mikasa berhasil masuk ke mulut Founding Titan Eren, dan menemukan kepala Eren di dalamnya. Mikasa pun kemudian diperlihatkan menebas kepala Eren tersebut yang mana hal tersebut membuat para fans terkejut. Meskipun masih belum ada konfirmasi, namun diprediksikan Eren tewas pasca kejadian tersebut.

Kematian Eren ini dipastikan akan menjadi pukulan berat bagi para fans, dan melihat apa yang sudah dia lakukan kepada manusia demi memuaskan rasa bencinya, rasanya mungkin mengakhiri nyawa Eren adalah sebuah langkah yang tepat meskipun mungkin ada cara lainnya. Lagipula, jikapun Eren selamat mungkin dia tidak akan bisa lagi bertemu dengan rekan-rekannya setelah apa yang terjadi.

Eren Masih Hidup

Selain prediksi Eren yang sudah tewas, ada juga skenario lainnya tentang Eren yaitu dia ternyata masih hidup. Seperti disebutkan di atas, di chapter 138 kemarin Mikasa diperlihatkan berhasil menebas kepala Eren yang ada di dalam mulut Founding Titan. Namun, belum ada konfirmasi apakah Eren benar-benar sudah tewas atau belum.

Attack on Titan Anime Shows Eren vs The Warhammer Titan - OtakuKartDalam skenario ini, Eren dispekulasikan masih hidup. Semua yang terjadi di momen Rumbling dikendalikan oleh Eren dari jauh, tepatnya dari pulau Paradis. Eren dispekulasikan menggunakan kekuatan War Hammer Titan, yang mana pemilik kekuatannya bisa mengendalikan tubuhnya dari jauh dengan adanya “kabel” pengendali.

Skenario ini juga didukung oleh sebuah gambar yang sempat viral di kalangan fans, dimana Hajime Isayama memperlihatkan panel terakhir dari chapter terakhir Attack on Titan. Dalam panel tersebut diperlihatkan seorang pria, berambut panjang, sedang menghadap ke belakang dan menggendong bayi. Pria tersebut diduga adalah Eren, dan bayi yang dia pegang tersebut adalah anaknya dan juga Historia.

Situasi Kembali Damai

Entah Eren belajar dari sosok Garou dalam cerita One-Punch Man atau tidak, namun Eren adalah sosok villain yang pada akhirnya berhasil membuat penduduk Marley dan Eldian bersatu. Alasan mengapa Eren ingin menghabisi semua manusia yang ada di dunia – selain di wilayah Paradis – adalah dia ingin melindungi teman-temannya, tempat kelahirannya, dan menghancurkan apa yang sudah membuat hidupnya berubah.

Dan pada kenyataanya, peristiwa Rumbling ini benar-benar meruntuhkan tembok perbedaan tersebut. Peristiwa mengerikan yang mengancam nyawa umat manusia tersebut berhasil menyatukan kedua bangsa tersebut, demi nama kemanusiaan. Hal ini bahkan didukung oleh pernyataan salah satu perwira militer Marley, yang menyebutkan bahwa jika dia dan seluruh penduduk selamat, maka dia akan berjanji tidak akan lagi melakukan kesalahan yang sama.

Crack Theories Week — Snk Crack Theories WeekSeperti yang kita ketahui, perselisihan antara Eldian dan Marley nyatanya sudah berlangsung sejak ribuan tahun lalu. Sebenarnya, kedua bangsa ini sempat merasakan perdamaian, sebelum kemudian ada upaya balas dendam yang muncul, yang membuat akhirnya perang pun kembali pecah.
Teori ini sendiri didukung oleh panel terakhir yang pernah diperlihatkan Hajime Isayama, dimana seorang bayi lahir dan dikatakan bahwa sosok bayi tersebut sudah bebas. Dan dalam hal ini, Titan dispekulasikan sudah tidak ada lagi sehingga manusia bisa hidup dengan bebas dan saling berdampingan.

Munculnya Sosok Pahlawan Baru

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa Eldian dan Marley pernah bertempur di masa lalu. Namun, mereka pada akhirnya berhasil menghentikan pertempuran tersebut. Semua itu berkat adanya kerja sama antara keluarga Tybur, Karl Fritz, dan pihak Marley yang dilakukan secara diam-diam. Mereka kemudian menciptakan sosok pahlawan palsu, yang diceritakan mampu menghentikan semua serangan Titan tersebut.

Sosok pahlawan palsu tersebut adalah Helos. Dia adalah pasukan dari Marley. Salah satu teori lainnya mengenai cerita akhir Attack on Titan adalah munculnya sosok Helos yang lain. Yang membedakan kali ini adalah sosok “Helos” tersebut bukanlah sosok yang palsu atau tidak nyata, melainkan karakter yang memang jelas-jelas berperan dalam menghentikan Rumbling.

Misalnya adalah Mikasa, Armin, atau Reiner dan pasukan Warrior lainnya. Jika dulu semua cerita yang dibuat tentang Helos adalah hasil rekayasa, sekarang semuanya benar-benar nyata. Seperti halnya sosok Batman dalam film The Dark Knight Rises, para penduduk Gotham akhirnya tahu bahwa Batman adalah pahlawan mereka. Dalam Attack on Titan, mereka tahu bahwa Survey Corps dan Warrior Unit adalah pahlawan mereka.

Hiro Studios