Meskipun Pluton masih belum dimunculkan dalam ceritanya, namun Pluton direferensikan sebagai sebuah kapal laut kuno yang mampu membuat sebuah kehancuran yang sangat luar biasa mengerikan. Kabarnya, kapal tersebut dibangun di pulau Water 7 pada saat abad yang hilang, dan para tukang kapal disana kemudian menyimpan cetak biru dari Pluton demi keamanan.

Selain itu, ada juga spekulasi bahwa kapal tersebut digerakan oleh kekuatan listrik/petir dari Enel dan menggunakan emas sebagai konduktor atau penghantar listriknya. Kapal milik Enel, Ark Maxim, diduga adalah versi kecil dari Pluton. Spekulasi tersebut didukung oleh beberapa hal. Pertama, selama bertahun-tahun Pemerintah Dunia tidak bisa mendapatkan lokasi Pluton dan hanya bisa mencoba mencuri cetak birunya dari Tom.

Kedua, ada dua hal yang diketahui dari Pluton. Pertama, Pluton adalah kapal. Kedua, menurut Crocodile, Pluton memiliki kemampuan senjata yang bisa menghancurkan pulau secara sekejap. Petunjuk ketiga, apakah kita sudah pernah melihat satu serangan mematikan dari sebuah kapal sebelumnya? Jawabannya adalah sudah. Hal tersebut dipraktikan saat Ark Maxim menembak ke arah Angel Island (Raigo).

Efek yang ditimbulkan adalah muncul sebuah kawah yang sangat dalam, mirip seperti lubang. Yang menariknya, lubang dalam tersebut pun pernah diperlihatkan di Enies Lobby, yang mana hal tersebut rasanya terlalu aneh jika merupakan buatan manusia. Kemudian, ada dua hal penting dari Ark Maxim. Pertama, kapalnya butuh listrik untuk bergerak dan butuh emas sebagai penghantarnya.

Melihat perjalanan Enel, rasanya tentu menarik seolah dia sudah mengetahui apa yang harus dia lakukan dan butuhkan untuk membangun kapal seperti Ark Maxim. Teknologi yang digunakan di kapal Maxim, yaitu menggunakan listrik sebagai penggerak, benar-benar melampaui teknologi canggih para pembuat kapal di Water Seven. Pada dasarnya, Maxim adalah sebuah kapal yang bekerja dengan memanfaatkan konversi energi.

Franky, orang terakhir yang melihat cetak biru Pluton, berhasil mengubah soda dalam minuman kola menjadi energi bagi Sunny. Di Maxim sendiri, terdapat sebuah tabung yang berisi cairan, yang bisa jadi sama sistemnya seperti cairan kola di Sunny. Franky juga bisa membuat Sunny terbang, seperti halnya Maxim. Yang juga menarik adalah mengapa Crocodile bisa tahu dan yakin bahwa Pluton ada di Alabasta?

OnePieceChallenge Dia 3 | •Anime• AminoDengan kedahsyatan yang dimiliki – dan juga terdapat rahasia gelap dibaliknya – senjata kuno merupakan alasan yang digunakan oleh Pemerintah Dunia untuk melarang berbagai program, atau upaya riset tentang abad yang hilang. Mereka beralasan bahwa jika orang-orang mengetahui tentang teknologi senjata kuno ini maka akan terjadi sebuah perang besar.

Meskipun bentuknya sudah diketahui, namun masih ada banyak misteri besar yang belum terjawab. Dan Enel diprediksikan menjadi kunci dari misteri tersebut. Semua itu karena kekuatan petir yang dia miliki. Namun, dengan adanya Nami dengan kemampuan cuacanya, mungkin sosok Enel bisa digantikan oleh Nami. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan ceritanya, termasuk apa dan bagaimana kelompok Topi Jerami menghadirkan salah satu senjata kuno tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.