Setelah lama dinantikan, pada akhirnya film Godzilla vs. Kong akhirnya resmi dirilis beberapa hari yang lalu di platform streaming HBO Max. Filmnya sendiri berhasil mengeksplor lebih banyak cerita dan juga sejarah dari MonsterVerse. Contohnya kita akhirnya melihat Hollow Earth secara keseluruhan, termasuk adanya petunjuk dari nenek moyang Kong yang hidup di era lalu.

Diperlihatkannya Mechagodzilla dan juga koneksinya dengan King Ghidorah memberikan rasa penasaran lainnya kepada para fans, tentang bagaimana sebenarnya sistem kerja dari para Titan. Meskipun pada akhirnya kita mendapatkan suguhan lain, namun pertanyaan lainnya justru muncul. Lalu, apa saja pertanyaan yang ada di film Godzilla vs. Kong?

Hiro Studios

Apa Yang Terjadi Dengan Para Titan Terdahulu?

Film ini akhirnya membeberkan lebih banyak tentang Hollow Earth kepada para fans. Saat berada disana, Kong mengunjungi sebuah tempat yang kemungkinan dulunya adalah tempat berkumpulnya para spesiesnya. Kita melihat bangunan, seni, bahasa, dan arsitektur lainnya yang mana jauh lebih berkembang dari para Titan lain. Terdapat juga referensi jelas tentang peperangan antara ras Kong dan Godzilla.

Namun, filmnya sendiri hanya memperlihatkan bahwa mereka sudah tewas. Ada banyak petunjuk-petunjuk kecil tentang bagaimana monster lama tewas di berbagai film MonsterVerse, namun cerita lengkapnya sendiri masih belum dipaparkan dengan jelas. Masih belum diketahui apa yang membuat spesies Kong bertarung melawan Godzilla. Kita juga tidak tahu mengapa mereka berhibernasi di dunia manusia, dan masih banyak lainnya.

Bagaimana Sistem Kerja Hollow Earth?

Hollow Earth sendiri adalah sebuah tanda tanya besar di MonsterVerse. Konsep dasarnya sendiri hanya sekedar ilmu pengetahuan semu yang dipersiapkan untuk ceritanya. Kita masih belum dijelaskan bagaimana batu disana bisa melayang, maslaah gravitasi, mengapa terowongan tersebut ada, dan sebagainya. Yang juga menarik adalah bagaimana Monarch dan Kong pergi ke Hollow Earth melalui sebuah portal, sedangkan Godzilla hanya perlu membuat lubang yang langsung terhubung dengan Hollow Earth. Perlu ada penjelasan lebih dalam lagi mengenai sistem kerja Hollow Earth tersebut.

Bagaimana King Ghidorah Selamat?

Di filmnya kita mengetahui bahwa Mechagodzilla ternyata mampu dibangkitkan berkat otak dari King Ghidorah. Semua kendali juga berasal dari otak King Ghidorah. Apex Cybernetics diperlihatkan menghubungkan salah satu tengkorak kepala Ghidorah dengan sistem komputer Mechagodzilla, yang mana kemudian semuanya dikendalikan oleh Ren Serizawa.

Bernie kemudian mengatakan bahwa tengkorak kedua harus ada di dalam robotnya, sehingga kepala Ghidorah bisa saling berkomunikasi secara telepati. Yang menjadi pertanyaan kemudian, bagaimana caranya sebuah tengkorak kepala Titan masih bisa berfungsi – meskipun hanya bagian otaknya – setelah mereka tewas? Apakah Apex berhasil menghidupkan kembali fungsi otak Ghidorah?

Bagaimana Sistem Kerja Mechagodzilla?

Apex Cybernetics memiliki satu misi, yaitu menciptakan sebuah senjata yang bisa melindungi manusia dari serangan para monster. Karena itulah, mereka kemudian menciptakan Mechagodzilla. Sayangnya, filmnya tidak menjelaskan bagaimana sistem kerja dari Mechagodzilla. Dari sisi mekanisme sendiri ada banyak hal dari Mechagodzilla yang dirasa tidak masuk akal.

Mengapa Mechagodzilla memiliki ujung runcing? Mengapa monsternya memiliki ekor? Mengapa mereka membutuhkan otak Ghidorah untuk menjalankannya? Apex mungkin ingin menggantikan sosok Godzilla, sehingga dengan Godzilla kalah tidak akan ada Titan yang berani macam-macam – Titan lain akan menganggap Mechagodziila sebagai sosok Godzilla. Namun, sepertinya pertanyaan lainnya tentang Mechagodzilla masih belum akan terjawab dalam waktu dekat.

Dimana Kepala Terakhir King Ghidorah?

Apex diketahui memiliki dua kepala Ghidorah – satu sebagai pusat kendali dan yang satunya berada di dalam Mechagodzilla. Lalu, dimana kepala yang ketiganya? Ada kemungkinan bahwa kepala ketiganya dibeli oleh kelompok teroris lingkungan di akhir Godzilla: King of the Monsters. Karena kelompok teroris lingkungan tersebut memiliki perbedaan pendapat dengan Apex Cybernetic, rasanya kecil kemungkinan mereka bekerja sama.

Dan dengan tidak adanya Alan Jonah di film Godzilla vs. Kong, dan informasi bahwa kepala Ghidorah masih bisa berfungsi meskipun sudah lama tewas, menjadi petunjuk bahwa mungkin akan ada ancaman lainnya yang melibatkan Ghidorah. Kepala ketiga dari Ghidorah tersebut mungkin adalah bagian yang paling penting.

Apakah Godzilla dan Kong Akan Kembali Bertarung?

Setelah bersatu melawan Mechagodzilla, Godzilla dan Kong sepertinya mencapai sebuah kesepakatan. Hal ini dilihat dari Kong yang menjatuhkan kapaknya dan Godzilla yang pergi tanpa kembali menyerang Kong. Apakah kemudian mereka akan kembali bertarung? kemungkinan tidak. Melihat apa yang terjadi di Hong Kong, Kong bisa saja tewas jika bukan karena Jia dan karakter manusia lain.

Untuk saat ini, sepertinya keduanya bisa tetap “bersama” selama Kong tetap berada di Hollow Earth dan tidak menantang Godzilla lagi. Tapi, MonsterVerse tentunya bisa saja melakukan set up untuk cerita selanjutnya. Film Godzilla vs. Kong mungkin bukan jadi yang terakhir kedua Titan tersebut saling bertarung. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan disuguhkan MonsterVerse selanjutnya.

Hiro Studios