MCU memang memiliki sejumlah negara fiksi yang tidak akan kita temukan di peta dunia nyata. Di serial Falcon and Winter Soldier, kita juga baru diperkenalkan dengan salah satu negara fiksi bernama Madripoor yang penuh kejahatan. Nah sebenarnya Geeks, negara tersebut kemungkinan besar akan terkait dengan X-Men. Mengapa negara tersebut dapat terkoneksi dengan X-Men? Inilah yang perlu Anda ketahui tentang Madripoor.

Apa itu Madripoor?

Madripoor adalah negara kepulauan kecil yang terletak di Asia Tenggara, tepatnya di Selat Malaka. Seperti Singapura, Madripoor terdiri dari satu kota saja. Negara ini awalnya didirikan oleh bajak laut berabad-abad yang lalu, sehingga pemerintah di sana sekarang memiliki rasa toleran terhadap kejahatan dan korupsi. Madripoor adalah tempat di mana hampir semua kejahatan dapat dimaafkan, dan para pelaku tidak akan ditangkap atau di ekstradisi. Dan jika anda telah menghasilkan banyak uang di pasar gelap, tidak ada tempat yang lebih aman selain Madripoor untuk menyembunyikan uang anda.

Hiro Studios

Tapi Geeks, bukan berarti semua orang di Madripoor adalah penjahat, teroris atau pengedar narkoba. Madripoor juga merupakan salah satu pusat ekonomi di Marvel Universe. Sejumlah bisnis besar diciptakan di sana. Para penduduk Madripoor umumnya juga tidak peduli dengan moralitas. Yang terpenting bagi mereka adalah uang. Sayangnya, obsesi terhadap uang itulah yang membuat Madripoor menjadi tempat yang sangat kaya. Seperti yang kita lihat di Falcon and Winter Soldier, kota ini terbagi menjadi dua wilayah, Hightown dan Lowtown. Bahkan saat penduduk Hightown menikmati kemewahan, penduduk Lowtown malah terjebak dalam kemiskinan. Hidup di Lowtown tidak pernah mudah bagi para penduduknya.

Sejarah Wolverine di Madripoor

Jika ada salah satu karakter Marvel yang terkait dengan Madripoor adalah Wolverine. Setelah debut di New Mutants # 32 pada tahun 1985, Madripoor menjadi tempat utama dalam seri komik Wolverine tahun 1988. Komik tersebut menceritakan saat penduduk dunia percaya bahwa X-Men sudah mati, sehingga Wolverine menghabiskan waktu di Madripoor untuk melawan villain seperti Silver Samurai dan lainnya. Wolverine bahkan menggunakan identitas baru dan menggunakan penutup kepala sebagai identitasnya.

Wolverine sangat akrab dengan Lowtown dan masyarakatnya. Terlebih lagi, Wolverine sangat mencintai Madripoor sehingga dia berjuang untuk menyelamatkannya. Wolverine membantu sekutu barunya, Jessan Hoan, yang keluarganya memiliki salah satu bank terbesar di Madripoor, dan mengambil kendali atas dunia kriminal Madripoor dan mencoba untuk membawa hukum dan ketertiban ke negeri tanpa hukum tersebut. Dengan menggunakan nama sandi Tyger Tiger, Hoan mengkonsolidasikan kekuatannya dan membuat larangan perbudakan dan perdagangan narkoba.

Setelah kesuksesan Hoan, Wolverine pun mulai meninggalkannya dan meminta agar Hoan terus mengarakan Madripoor ke arah yang baik. Sejak itu, Tyger Tiger telah melakukan banyak pekerjaan untuk menjaga perdamaian di Lowntown yang tertindas.

Princess Bar

Walau di MCU belum memperkenalkan karakter seperti Tyger Tiger atau Wolverine, tetapi yang harus dicatat bahwa ini masih awal phase 4 MCU. Jadi masih terlalu dini untuk mengharapkan kemunculan X-Men. Tapi Geeks, ada salah satu cameo kecil tapi cukup penting di episode ketiga lalu. Kita melihat ada sebuah cuplikan singkat yang memperlihatkan tanda The Princess Bar, yang menjadi tempat favorit Wolverine. Tyger Tiger sendiri adalah salah satu pemilik bar itu. Ini mungkin cara Marvel Studios untuk memenuhi keinginan fans untuk segera memperkenalkan X-Men di MCU. Tetapi mereka melakukan hal tersebut dengan sangat pelan.

Masa Depan Mutan di MCU

Serial Falcon and Winter Soldier adalah proyek MCU pertama yang menyertakan elemen X-Men yang nyata dan dapat memberi kita beberapa petunjuk tentang bagaimana karakter-karakter X-Men dapat muncul ke MCU. Dengan adanya Princess Bar, kemungkinan itu akan menjadi kode kemunculan Wolverine di MCU, dan ia akan menjadi salah satu karakter mutan pertama di MCU. Jika Wolverine menjadi mutant pertama, maka itu adalah hal yang wajar mengingat Wolverine berumur sangat panjang dan ia sudah lebih dulu aktif sebelum direkrut oleh Charles Xavier. Bisa jadi di MCU, Wolverine sudah ada sejak dulu, dan sekarang ia tinggal di Madripoor. Wolverine menunggu hingga seseorang menemukannya.

Hiro Studios

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.