Demi mengungkap apa yang terjadi dengan Flag-Smashers, Bucky Barnes dan Sam Wilson akhirnya kembali bertemu dengan Baron Helmut Zemo. Bucky kemudian membantu Zemo kabur dari penjara, dan merekapun kemudian pergi ke Madripoor. Dibangun sebagai tempat bagi bajak laut di era 1800an, Madripoor tetap menjadi wilayah yang tidak memiliki hukum.

Saat ini, wilayah tersebut berada di bawah kendali seseorang bernama Power Broker. Madripoor sendiri merupakan tempat bagi para kriminal dan penjahat. Zemo sendiri hendak bertemu dengan kontaknya bernama Selby di sebuah wilayah yang paling buruk, Lowtown. Untuk bisa masuk kesana, mereka tentunya perlu menyamar. Bagi Bucky dan Helmut tentu hal tersebut tidak masalah, namun hal itu jadi masalah bagi Sam.

Hiro Studios

Akhirnya Sam menyamar menjadi sosok lainnya yaitu Condrad Mack. Sosok Condrad Mack sendiri sebenarnya bukanlah nama asing, khususnya bagi para penggemar komik Marvel. Dia adalah sosok dibalik nama Smiling Tiger. Siapa sebenarnya Smiling Tiger? Berikut pembahasannya.

Siapa Condrad Mack

Diciptakan oleh Fabian Nicieza dan Mark Bagley, Condrad Mack muncul pertama kali pada komik New Warriors #19 yang dirilis pada 1992. Dia merupakan hibrida antara manusia dan hewan. Nama Smiling Tiger sendiri dia dapatkan dari bulu berwarna jingga yang menutupi seluruh tubuhnya. Selain itu, dia juga selalu tersenyum sesaat setelah dia membunuh orang lain.

Condrad merupakan bagian dari sebuah kelompok bernama Folding Circle, dan pernah bertarung melawan kelompok lainnya seperti New Warriors dan Night Trashers. Namun, setelah mengetahui tentang asal usulnya, Condrad kemudian bergabung dengan para pahlawan tersebut untuk mengalahkan seorang penyihir bernama Tai. Dalam petualangan tersebut, Condrad dan yang lain mencuri sebuah Quinjet dan kemudian tiba di Madripoor.

Disana, sosok Midnight Fire kemudian mengambil alih Folding Circle. Dibawah arahan Midnight Fire, Smiling Tiger dan yang lainnya menjadi sosok populer di Madripoor. Mereka bahkan dipilih langsung untuk membantu Tyger Tiger, pemimpin wilayah tersebut, untuk mengalahkan rivalnya. Dalam peristiwa Civil War, Smiling Tiger sendiri bergabung dengan tim Thunderbolts. Tinggal di wilayah Los Angeles, Condrad sering kali menjadi pelindung dari wilayah Universal Wellspring. Dia pernah melindungi wilayah tersebut dari Grandmaster.

Asal Usul dan Kekuatannya

Asal usul dari Smiling Tiger sendiri sempat menjadi misteri. Ditemukan di jalanan, dia kemudian direkrut ke tim Folding Circle oleh Diego Casseas alias Left Hand. Kemudian terungkap bahwa dia dan beberapa orang di Folding Circle mendapatkan kekuatan dari orang tua mereka. Dalam kasus Condrad, penampilan dan juga kemampuannya diakibatkan oleh sang ayah.

Saat perang Vietnam terjadi, Collier Mack menjadi bagian dari sebuah pasukan yang disebut Half-Fulls. Mereka kemudian pergi ke sebuah kuil yang menjadi tempat pemujaan bernama Dragon’s Breath. Mereka kemudian bertemu dengan sang penyihir, Tai, yang mengatakan bahwa mereka akan menikahi seorang wanita yang menjadi bagian dari pemujaan tersebut. Anak-anak mereka kemudian akan menjadi penguasa dunia.

Dalam masalah kemampuan, Condrad lahir dan dibesar secara normal. Namun, seiring berjalannya waktu, sang ayah mulai melatih Condrad untuk bertarung, Setelah Condrad bertransformasi, dia kemudian mulai mengembangkan cakar tajam dan menanamkannya ke jari kaki dan tangannya. Condrad pun mulai belajar untuk beradaptasi dengan cakar-cakar tersebut.

Ketika dia mulai mendapatkan julukan Smiling Tiger, kemampuan bertarung, kekuatan, kelincahan, dan indranya juga meningkat. Bahkan, Condrad mampu mencium bau meskipun dia tidak memiliki hidung. Dengan segala kemampuannya tersebut, tidak peduli di pihak mana – baik superhero ataupun villain – Condrad adalah sosok yang sulit untuk ditaklukan.

Bagaimana MCU Mengubah Smiling Tiger

Digambarkan sebagai sosok yang “menarik, menawan, dan berkulit hitam,” Condrad Mack versi MCU bisa dibilang mengalami banyak perubahan. Saat Sam menyamar, Selby menyadari bahwa dia lebih tinggi dari yang dibayangkan. Sebenarnya, tinggi Anthony Mackie dan versi komiknya memiliki kesamaan. Artinya, berdasarkan penuturan Selby, sosok Conrad Mack versi MCU sedikit lebih pendek posturnya.

Yang juga menjadi pembeda adalah tidak ada bulu di tubuhnya, tidak ada cakar, tidak ada mata merah, dan sosok Condrad pun memiliki hidung. Berdasarkan hal itu, sosok Condrad Mack versi MCU jauh dari penggambaran versi komiknya. Namun, bisa juga nama Smiling Tiger hanyalah sebuah nama julukan saja dari seorang pembunuh bayaran lainnya.

Yang juga menjadi pembeda dengan versi komik adalah dalam komiknya, Condrad tidak bisa berbicara. Dia hanya mampu menggeram. Versi MCU kemungkinan jauh lebih komunikatif, atau setidaknya mampu untuk berkomunikasi. Sayangnya, tidak diketahui apakah sosok Condrad Mack ini menghadirkan sisi Kamboja dari dirinya dan juga masih belum diketahui apakah dia juga dilatih oleh sang ayah.

Kemunculan Condrad Mack ini bisa menjadi kesempatan bagi Marvel untuk menghadirkan cerita dimana Sam atau Bucky akan bertarung menghadapi karakter tersebut. Momen penyamaran Sam bisa menjadi set up cerita pertarungan tersebut, dimana Smiling Tiger akan mengincar Sam karena sudah merusak reputasinya dan berpura-pura menjadi sosoknya. Namun, untuk saat ini sepertinya Smiling Tiger hanya menjadi easter Egg saja bagi para fans Marvel. Lagipula, menghadirkan hibrida manusia dan hewan di serinya merupakan langkah yang terlalu jauh.

Hiro Studios