Kekecewaan tampaknya akan kembali dirasakan oleh para fans DC. Setelah sebelumnya CEO dari Warner Media, Ann Sarnoff dalam statementnya memastikan tidak akan melanjutkan Snyderverse, kini mereka memastikan bahwa dua film DC lainnya, New Gods dan The Trench yang merupakan spin-off dari Aquaman dipastikan batal diproduksi.

News Gods yang awalnya akan digarap oleh sutradara Ava Duvernay dan The Trench yang digarap oleh James Wan, harus berhenti ditengah jalan karena alasan yang tidak jelas. Warner Bros sendiri melalui press release resminya hanya mengungkapkan bahwa kedua film tersebut tidak akan berjalan lebih lanjut, seperti dikutip dari The Hollywood Reporter dibawah ini:

Hiro Studios

“Sebagai bagian dari DC slate kami, beberapa judul film dari pengembangan lama termasuk New Gods dan The Trench tidak akan bergerak maju. Kami berterima kasih kepada mitra kami Ava DuVernay, Tom King, James Wan, dan Peter Safran atas waktu dan kolaborasi mereka selama proses ini. Teruskan kemitraan kami yang berkelanjutan dengan mereka dalam cerita DC lainnya. Proyek akan tetap berada di tangan terampil mereka jika [film] kembali maju di masa depan.”

Film New Gods sendiri seharusnya akan bercerita mengenai karakter Dunia Keempat seperti Darkseid, Big Barda, Mister Miracle, dan lainnya. Penulis Komik DC Tom King diumumkan akan menulis skenario dengan DuVernay karena dia telah menulis buku-buku terkenal seperti Mister Miracle. Sayang sekali karena mungkin melalui film ini kita bisa mengetahui kisah Darkseid alias Uxas lebih mendalam.

Meskipun “cut project” adalah hal biasa di industri film Hollywood, namun untuk kedua film ini dirasa sangat mengecewakan. Apalagi dengan hype Snyder’s Cut yang masih hangat, harapan para penggemar untuk mendalami mitologi DC lebih jauh sangat tinggi. Entah apakah karena film ini memiliki keterkaitan dengan Darkseid versi Snyder Cut atau hal lainnya hingga Warner Bros harus menghentikan produksinya, hanya Warner bros yang tahu jawabannya.

Namun perlu dicatat bahwa DC dan Warner Bros menyatakan bahwa jika proyek tersebut dihidupkan kembali, DuVernay dan Wan masih akan terlibat. Jika saja rumor mengenai HBO Max yang menginginkan Snyderverse digarap melalui platformnya, mungkin saja proyek film New Gods akan kembali dihidupkan.

Hiro Studios

Writer for Greenscene.co.id, i'd love every genre of movies but specially, i'm nolan fans.