Tewasnya Kurama dalam pertarungan melawan Isshiki Otsutsuki menjadi sebuah kehilangan besar bagi Naruto. Harus diakui, Kurama merupakan sumber kekuatan terbesar bagi Naruto. Artinya, kehilangan Kurama membuat Naruto harus kehilangan sebagian besar kekuatannya. Dan hal ini juga pasti sudah disadari oleh Geeks semua. Kurama sering kali meminjamkan chakra miliknya kepada Naruto, yang mana hal inilah yang membuat Naruto menjadi salah satu shinobi kuat.

Lalu, bagaimana kemudian Naruto menghadapi berbagai ancaman yang akan datang? itulah kira-kira yang menjadi pertanyaan para fans saat ini. Naruto memang sudah berkembang sangat jauh, dimana dia terus berlatih dan berlatih. Ada beberapa skenario yang mungkin akan terjadi kepada Naruto di masa yang akan datang. Apa saja? Berikut adalah ulasannya.

Kembali Menjadi Jinchuriki

Apakah kemudian Naruto bisa kembali menjadi Jinchuriki? Seperti yang pernah ditulis di artikel sebelumnya, jika melihat sejarahnya, seorang Jinchuriki adalah sosok yang ditugaskan untuk menjadi wadah bagi para bijuu agar bisa diawasi dengan mudah. Ide ini muncul dari Hokage pertama, Hashirama. Namun, banyak shinobi yang kemudian mengincar para Tailed Beasts demi menjadikan mereka sebuah senjata mematikan.

Berdasarkan hal tersebut, dan melihat sejarah Naruto, bisa saja – jika Naruto mau – dia kembali menjadi seorang Jinchuriki. Lagipula, para bijuu sudah percaya terhadap Naruto seperti yang diperlihatkan saat mereka berkumpul di dalam diri Naruto. Yang menjadi masalah adalah Naruto sendiri sudah tidak mau lagi “memanfaatkan” para bijuu. Mereka ingin mereka bisa hidup bebas tanpa perlu merasa tereksploitasi.

Selain hal itu, Naruto juga tidak memiliki chakra seorang bijuu sehingga dia tidak akan bisa berkomunikasi dengan bijuu lainnya. Jadi, kesimpulannya adalah apakah Naruto bisa kembali menjadi seorang Jinchuriki? Jawabannya adalah bisa. Hanya saja, ada banyak catatan yang perlu diperhatikan jika memang hal itu terjadi.

Percaya Dengan Kekuatannya

Sejak awal kemunculannya, sudah ada pendapat yang mengatakan bahwa Naruto sebenarnya tidak ada apa-apanya jika tanpa kehadiran Kurama. Dia adalah seorang shinobi biasa yang keras kepala dan sering berbuat onar. Bahkan, mungkin dia tidak akan bisa menjadi seorang shinobi. Alasan tersebut memang masuk akal, tapi di sisi lain alasan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Harus diakui, tanpa adanya Kurama, Naruto hanyalah seorang shinobi biasa. Namun, dia memiliki semangat dan tekad yang kuat untuk belajar. Ada banyak contoh yang bisa ditiru dalam hal ini, misalnya adalah Konohamaru. Dia bukanlah Jinchuuriki atau memiliki warisan kekuatan apapun, namun dia sekarang tumbuh menjadi sosok Jonin yang hebat.

Naruto juga masih memiliki keunggulan dalam hal lain, misalnya suplai chakra yang besar. Mengingat dia adalah seorang Uzumaki, rasanya wajar jika suplai chakra dalam diri Naruto sangatlah besar. Hal ini tentunya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Naruto dalam pertarungan. Belum lagi Naruto menguasai berbagai macam ninjutsu yang hebat. Naruto juga bisa menggunakan Sage Mode miliknya sebagai kekuatan utama.

Tidak Berlatih dan Menjadi Mentor

Perlu diperhatikan bahwa maksud dari poin ini adalah bukan Naruto sama sekali tidak berlatih. Naruto kemungkinan akan merasakan bahwa dia sudah berada di puncak kekuatannya, alias dia sudah mencapai batasnya. Kecil kemungkinan dia mampu melampaui batasnya tersebut. Karena itulah, Naruto mungkin akan merasa “percuma” jikapun dia berlatih atau mempelajari teknik baru.

Boruto Chapter 34 English : Training!! - Kawaki Meets Kurama! - Page 4 of 4 - Anime ScoopKarena hal itulah Naruto mungkin akan berpikir bagaimana caranya untuk bisa melanjutkan perjuangnnya. Dan salah satu jalannya adalah melatih generasi baru, dalam hal ini adalah Boruto dan Kawaki. Sejauh ini, Naruto diperlihatkan jarang sekali melatih Boruto. Naruto pun hanya sesekali melatih Kawaki. Ada banyak hal yang bisa dipelajari mereka berdua dari Naruto.

Dan seperti yang diperlihatkan di chapter 56 kemarin, Boruto menyadari bahwa yang hanya bisa mereka lakukan sekarang adalah berlatih untuk bersiap menghadapi ancaman baru yang lebih kuat. Itulah yang biasanya dilakukan oleh seorang shinobi. Dan Naruto bisa menjadi mentor bagi mereka – Sasuke pun pastinya akan membantu keduanya mengembangkan potensi mereka.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.