Mechagodzilla akhirnya menjadi villain utama di film Godzilla vs Kong. Berbeda dengan versi lainnya, Mechagodzilla di Monsterverse adalah ciptaan manusia. Asal-usul Mechagodzilla memang diceritakan sangat banyak, tetapi pada akhirnya Mechagodzilla selalu dianggap sebagai kunci untuk mengalahkan Godzilla. Nah berikut ini, Greenscene akan membahas asal-usul Mechagodzilla untuk versi Monsterverse. Apa saja? Simak di bawah ini ya Geeks!

Asal-usul Mechagodzilla & Kepala Ghidorah

Dalam Godzilla vs Kong, Mechagodzilla diciptakan oleh Apex Cybernetics. Dengan kepemimpinan Walter Simmons dan kecerdasan ilmuwan utama mereka, Ren Serizawa (putra mendiang Dr. Serizawa), mereka mampu menciptakan sosok Mechagodzilla yang sangat kuat. Meskipun sudah 10 tahun sejak peristiwa di San Francisco dan tiga tahun sejak penampakan Titan terakhir yang diketahui, Apex Cybernetics tidak pernah mundur dari tujuannya untuk menggantikan Godzilla dengan monster buatan mereka. Tujuan utama mereka adalah untuk melindungi dunia tanpa harus bergantung pada para Titan. Bahkan jika Apex mau, mereka bisa menghancurkan kota manapun hingga rata dengan tanah.

Hiro Studios

Di post-credit scene film Godzilla: King of the Monsters, Apex memperoleh kepala Ghidorah yang terpenggal. Apex mendapatkan kepala tersebut dari Alan Jonah. Karena ketiga kepala Ghidorah dapat berkomunikasi secara telepati satu sama lain, Simmons dan Serizawa memanfaatkan kemampuan itu untuk Mechagodzilla. Mereka membuat koneksi antara kepala Ghidorah dan Mechagodzilla, sehingga dengan begitu, Serizawa dapat mengendalikan Mechagodzilla tanpa harus berada dalam robot tersebut. Namun, ada kekurangannya, di mana Mechagodzilla hanya memiliki daya sebesar 40% selama pengujiannya, jadi mereka membutuhkan sumber energi dari Hollow Earth untuk meningkatkan daya Mechagodzilla.

Kekuatan Mechagodzilla

Kekuatan dan persenjataan Mechagodzilla mirip seperti versi Toho. Pada dasarnya, Mechagodzilla diciptakan untuk menyaingi kekuatan Godzilla, yang berarti ia mendapatkan peningkatan kekuatan. Itulah sebabnya mengapa Mechagodzilla memiliki banyak kesamaan dengan Gozilla. Secara keseluruhan, Mechagodzilla memiliki empat kekuatan utama yang digunakannya selama pertarungan melawan Godzilla dan Kong dalam film tersebut. Pertama adalah Proton Scream, sebuah pancaran energi atom yang menyembur keluar dari mulut Mechagodzilla. Pada satu titik, Mechagodzilla mencoba menembaknya ke tenggorokan Godzilla, seperti bagaimana saat Godzilla membunuh MUTO terakhir di film Godzilla 2014.

Kekuatan kedua Mechagodzilla adalah pendorongnya. Beberapa kali Mechagozilla sempat menunjukkan kemampuannya, dan Mechagodzilla menggunakan pendorongnya untuk bergerak cepat tanpa perlu berlari. Meskipun tidak jelas apakah Mechagodzilla bisa terbang dengan pendorong tersebut, tetapi pendorong tersebut sangat berguna di daratan. Mechagodzilla juga memiliki peluncur rudal. Rudal tersebut sebenarnya tidak cukup kuat untuk melukai Godzilla, tetapi rudal tersebut dapat digunakan untuk menahan Godzilla sementara.

Kemampuan terakhir yang dimiliki Mechagodzilla adalah ekornya. Sementara Godzilla sering menggunakan ekornya untuk “menampar” musuhnya, ekor Mechagodzilla malah dilengkapi semacam bor yang hampir membunuh Kong. Bor tersebut terinspirasi dari iterasi Mechagodzilla sebelumnya dari era Milenium, yang memiliki bor di kedua tangannya.

Siapa Pengendali Mechagodzilla di Akhir Godzilla vs Kong.

Sepanjang fase pengujian Mechagodzilla, Ren Serizawa memegang kendali. Baru setelah Simmons mendapatkan sampel dari sumber energi Hollow Earth dari putrinya, Maya Simmons, dia dan Serizawa mampu mendorong Mechagodzilla mencapai kekuatan 100%. Tapi setelah berhasil melakukannya, Ghidorah mengambil alih kendali. Godzilla vs Kong gagal menjelaskan bagaimana kesadaran Ghidorah dapat hidup kembali, tetapi ada dua kemungkinan. Pertama, kemampuan Ghidorah untuk beregenerasi berarti menunjukkan bahwa dia tidak pernah benar-benar mati, sampai akhirnya sumber kekuatan Hollow Earth menghidupkannya kembali.

Titan seperti Godzilla dan Ghidorah memang memakan radiasi dan energi. Jadi, dengan digunakannya sumber energi Hollow Earth, hal tersebut membuat Ghidorah hidup kembali. Kemungkinan kedua, Ghidorah masih hidup, tetapi tidak aktif. Sebagai tengkorak, Ghidorah tidak bisa melakukan apapun, tetapi ketika Mechagodzilla mencapai kekuatan 100%, itulah yang menyebabkan Ghidorah dapat hidup kembali.

 

Hiro Studios

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.