Dengan episode terakhir dari musim keempat bagian pertama Attack on Titan yang sudah tayang, para fans kini memiliki banyak sekali pertanyaan yang mungkin bisa terjawab di bagian kedua nanti. Episode terakhir, “Above and Below,” ditutup dengan sebuah cliffhanger atau cerita menggantung – yang mana memberikan kita petunjuk akan pertarungan Titan terbesar.

Ada banyak momen menarik selama musim pertama, seperti penyerangan Eren ke Liberio yang benar-benar mengejutkan banyak orang. Kemudian munculnya para Yeagerist, dan mungkin yang paling epik adalah rencana jangka panjang dari Zeke Yeager, yang mana dia akan berkolaborasi dengan Eren untuk hal tersebut. Lalu, apa saja pertanyaan yang harus dijawab di babak kedua nanti?

Apakah Levi Masih Hidup?

Terakhir kali kita melihat Levi, dia diperlihatkan sedang berdiri di atas tubuh Zeke di episode 13, “Savagery.” Kemudian, Thunder Spear digunakan kepada Zeke yang berusaha untuk kabur. Meskipun sebagai seorang Ackerman kemampuan fisik Levi sangat luar biasa, apakah dia bisa bertahan dari efek Thunder Spear yang ditembakan dari jarak dekat?

Kita melihat bagaimana tubuh dari Zeke benar-benar hancur setelah terkena serangan tersebut, namun dia memiliki kemampuan regenerasi seorang Titan. Sedangkan Levi tidak. Sayangnya, episode terakhir kemarin tidak memperlihatkan bagaimana kondisi Levi. Besar kemungkinan bahwa Levi terluka sangat parah. Hange Floch sendiri sudah pergi menuju arah ledakan saat.

Apakah Falco dan Gabi Akan Kembali ke Liberio?

Nasib Gabi dan Falco akan ditentukan di Part 2 nanti. Falco sendiri ada dalam kondisi bahaya, dimana dia tidak sengaja meminum anggur yang sudah dicampurkan dengan cairan tulang belakang Beast Titan Zeke. Artinya ketika suatu hari nanti Zeke menggunakan kekuatannya untuk mengubah para Subject of Ymir, maka Falco akan juga berubah menjadi Pure Titan.

Gabi sendiri berada dalam penjagaan dan tidak tahu apa yang terjadi di luar sana. Dia melihat Eren berubah menjadi Attack Titan setelah Porco menyerangnya dari bawah gedung, di akhir episode terakhir Part 1. Dia juga melihat kapal milik Marley mendekati lokasi merkea yang artinya dia terjebak di tengah peperangan. Sama halnya seperti Falco, nyawa Gabi juga dalam bahaya. Apakah mereka akan selamat?

Apakah Hubungan Mikasa, Armin, dan Eren Berakhir?

Hubungan persahabatan dari tiga karakter utama serinya berada di ujung tandung. Percakapan terakhir mereka bertiga benar-benar sangat buruk. Eren menjelaskan bahwa dia membenci Mikasa, yang mana hal tersebut membuat Armin berusaha untuk memukul Eren. Namun, yang terjadi adalah Armin yang justru menjadi bulan-bulanan bagi Eren.

Apa yang dilakukan oleh Eren bisa dipastikan justru memperburuk hubungan diantara mereka, dan semakin membuat Eren dipandang buruk. Apakah setelah semua yang terjadi diantara mereka Eren benar-benar tidak lagi menganggap keduanya sebagai sahabat? Meskipun Eren sepertinya sekarang sedang menjalin hubungan dengan keluarga barunya, Zeke, sulit rasanya untuk percaya bahwa persahabatan mereka benar-benar berakhir.

Apakah Zeke dan Eren Akan Bertemu?

Semenjak kembali dari penyerangan di Liberio, Eren dan Zeke sengaja dipisahkan untuk mencegah mereka mengakses kekuatan penuh dari Founding Titan dan memulai momen Rumbling. Sudah menjadi misi utama mereka untuk kembali bersatu, tapi halangan demi halangan selalu membuat semua rencana mereka tertunda – Levi kembali mengalahkannya. Eren sendiri sekarang sedang menghadapi para pasukan Marley.

Apakah Eren dan Zeke pada akhirnya akan bertemu? Apakah rencana mereka akan terlaksana? Melihat bagaimana begitu determinasinya mereka berdua, rasanya semua yang sudah dipersiapkan bisa terjadi, terutama Zeke yang kemungkinan kembali sembuh setelah terkena Thunder Spear. Jika Eren selamat dari pertarungannya, maka dia akan bisa bertemu dengan saudaranya.

Apakah Annie Akan Kembali Dibangkitkan?

Salah satu detail kecil namun penting di musim terakhir Part 1 ini adalah percakapan Armin dengan annie, yang masih membeku di dalam kristal. Meskipun sebenarnya tidak ada percakapan dalam artian sebenaranya, dan lebih kepada bagaiman Armin menjelaskan semua yang terjadi kepada Annie, hal tersebut justru menarik untuk diperhatikan.

Kita tahu bahwa seorang Titan Shifter memiliki kemampuan untuk melihat kenangan dari pemilik sebelumnya. Mungkin Annie memiliki petunjuk yang bisa mengubah semuanya, atau kehadirannya akan memberikan kekuatan lebih bagi Marley. Namun, yang kemudian menjadi pertanyaan adalah apakah Annie akan kembali dibangkitkan? Atau dia akan tetap mengeras untuk selamanya?

Siapa Yang Akan Menang?

Episode terakhir dari Part 1 memberikan kita sedikit gambaran pertarungan besar para Titan antara Eren Yeager, Reiner Braun, dan Galliard. Pieck pun kemungkinan akan bergabung dalam pertarungan tersebut. Namun, siapa yang akan menang? Dari segi kekuatan perang, Marley memiliki keunggulan dari segi jumlah – ditambah para Titan dan pasukan serta hal lainnya. Eren sendiri memiliki keunggulan dari jumlah Titan.

Dengan Eren yang memiliki War Hammer Titan, Eren bisa memunculkan benda atau senjata apapun yang bisa digunakan untuk mengalahkan musuh. Meskipun di atas kertas Marley mungkin yang akan unggul terlebih dahulu, namun Eren tentu sudah memiliki sesuatu untuk memberikan perlawanan. Eren juga mungkin sudah mempersiapkan diri untuk situasi seperti ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.