Musim keempat dari seri Attack on Titan benar-benar merubah pandangan ceritanya secara keseluruhan. Mulai dari karakter, sifat, bahkan sampai hubungan antara teman dan musuh pun berubah. Serinya sendiri pada awalnya berfokus pada upaya manusia yang mencoba bertahan hidup dari serangan para Titan, namun sekarang semuanya berubah. Titan sudah dianggap menjadi bagian dari para penduduk Eldian.

Selain itu, ada banyak juga plot twist yang terjadi selama di musim keempat ini. Bagian pertama dari musim keempat ini menghadirkan 12 episode, yang mana seiring berjalannya cerita para fans banyak dibuat terkejut oleh apa yang terjadi. Lalu, apa saja plot twist menarik yang muncul di sepanjang musim keempat ini? berikut adalah ulasannya.

Eren Menyerang Willy Tybur

Di awal musim keempat, Gabu Braun dan teman-temannya akhirnya kembali ke rumah mereka di Liberio. Tidak lama kemudian, Willy Tybur mengadakan sebuah pertunjukan besar yang membeberkan fakta sebenarnya tentang sejarah Titan dan kutukan Fritz. Willy sendiri mengatakan bahwa Marley akan mampu menghancurkan pulau Paradis, dan mereka akan menyerangnya.

Namun, tanpa diduga, Eren ternyata sudah siap untuk menyerang Willy. Dia bersembunyi di bawah tanah, tepat ketika Willy berpidato. Yang juga mengejutkan adalah selain Eren, pasukan Survey lainnya juga ikut bergabung dalam penyerangan tersebut. Willy Tybur dan adiknya harus tewas dalam penyerangan tersebut, yang mana Eren berhasil mendapatkan kekuatan War Hammer Titan. Sayangnya, Sasha harus menjadi korban dalam penyerangan ini akibat ditembak Gabi.

Eren Menjadi Sosok Dibalik Kudeta Pulau Paradis

Pasca penyerangan tersebut, Eren langsung kembali menyiapkan rencana besar selanjutnya. Dan kali ini, Eren tidak sendiri. Saudara tirinya, Zeke Yeager, akhirnya mau membantu rencananya. Eren mengatakan pada dirinya untuk terus berjuang dan bertarung, dan itulah yang memang dilakukan Eren. Dia kemudian menjadi ancaman serius bagi siapapun yang menghalangi jalannya.

Dia bahkan tidak peduli jika itu harus menghancurkan pasukan yang dulu pernah dia bela. Aksi yang dilakukan oleh Eren ternyata mendapatkan dukungan dari sebagian orang. Mereka adalah kelompok baru yang muncul di pulau Paradis, yang menyebut diri mereka sebagai Yeagirist. Kekuatan mereka mampu membuat pihak militer Paradis berpikir dua kali untuk menghadapinya. Mereka sepakat dengan ide Eren untuk menghancurkan Marley.

Zeke Menggunakan Cairan Tubuhnya

Ketika Zeke dan beberapa Marley lainnya tiba di pulau Paradis, mereka membawakan masakan laut dari Marley – yang dimasak oleh Nicolo. Selain itu, banyak botol anggur yang juga diambil dan dianggap sebagai hadiah. Beberapa pasukan, dan hampir semua perwira militer Paradis, meminum anggur tersebut. Sayangnya, mereka tidak sadar apa yang ada di dalamnya.

Zeke sebenarnya sudah mencampurkan Wine tersebut dengan cairan tulang belakang Beast Titan, yang mana artinya mereka akan berubah menjadi Pure Titan ketika Zeke berteriak. Ini sebenarnya bukan yang pertama bagi Zeke. Sebelumnya, dia juga melakukan hal ini di desa Ragakko. Sayangnya Mikasa dan Zoe terlambat menyadari hal tersebut. Zeke saat ini menjadi sosok yang memegang kendali.

Kemungkinan Ingatan Mampu Mempengaruhi Titan Shifter

Eren dan Armin diperlihatkan saling bersitegang, meskipun mereka sebenarnya adalah sahabat sejak kecil. Eren sempat membahas tentang Armin yang selalu mengunjungi Annie Leonheart yang mengeras dan merupakan pemilik kekuatan Female Titan. Eren tahu bahwa Bertolt Hoover dulu adalah pemilik Colossal Titan sebelum menjadi milik Armin.

Bagaimana jika Bertolt, yang merupakan teman Annie, mempengaruhi Armin? Melalui kemampuan Colossal Titan, kenangan dari Bertolt mungkin muncul di pikiran Armin dan membentuk emosinya. Hal itulah yang membuat Armin terus mengunjungi sosok Annie. Hal ini juga yang kemudian menjadi pertanyaan besar bagi Eren. Apakah para pendahulunya yang membuat Eren seperti sekarang?

Rencana Besar Zeke

Zeke Yeager pertama kali diperkenalkan sebagai Beast Titan, ancaman lain selain Female Titan Annie. Tapi, ternyata Zeke bukan hanya seorang Warrior bagi Marley. Dia juga sebenarnya bersimpati dengan orang-orang yang mengalami penderitaan. Disaat dia masih muda, Zeke menyadari semua penderitaan yang ada di dunia diakibatkan oleh Subjects of Ymir yang memiliki kekuatan Titan.

Bahkan, Eldian sendiri mengalami penderitaan akibat hal tersebut. Berdasarkan hal tersebut, Zeke mencoba untuk menghentikan penderitaan tersebut. Zeke memiliki sebuah rencana besar, yang mungkin pada awalnya terlihat sangat mendukung Eldian. Tapi, ternyata rencana tersebut bukan hanya bertujuan melindungi Eldian dari musuh, namun juga dari semua orang untuk memiliki kemampuan Titan. Zeke berencana menghancurkan semuanya dari dunia.

Para Marley (Kembali) Menyusup Ke Paradis

Dalam episode terakhir musim keempat, Pieck Finger sempat menginterupsi saat Eren bertemu dengan Gabi. Pieck mengatakan bahwa dia sekarang ebrada di pihak Eren, semenjak Marley tidak bisa memberikan usulan nyata bagi para Eldian. Pieck sendiri diborgol yang terhubung dengan Gabi, yang membuat keduanya akan tewas jika Pieck memutuskan berubah.

Mereka bertiga kemudian pergi ke atap, karena Pieck berjanji akan menunjukan dimana musuh yang lain. Dan Pieck pun akhirnya menunjuk musuh tersebut – Eren Yeager. Di momen bersamaan, Jaw Titan Porco muncul dari bawah gedung dan para pasukan udara Marley pun sudah bersiap untuk menyerang paradis. Reiner dan Magath ada di kapal tersebut. Apakah Eren dan Reiner akan kembali bertarung? Mampukan Eren melindungi Paradis?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.