Episode terakhir dari seri anime Attack on Titan Season 4 Part 1 menjadi patokan yang tinggi untuk cerita yang bisa diharapkan di Part 2 nanti. Banyak juga pertanyaan yang kemudian muncul di akhir babak 1 tersebut. Salah satu pertanyaan terbesar yang muncul adalah apakah Levi Ackerman masih hidup? Kelompok Floch, termasuk Hange Zoe, mendengar suara Thunder Spears dari kejauhan.

Kaget dan bingung, mereka kemudian mencoba untuk menelusuri suara tersebut. Meskipun hal inilah yang diperlihatkan dari kelompok tersebut di episode terakhirnya, kita tahu bahwa apa yang mereka dengar merupakan suara dari Thunder Spear Levi yang ditembakan ke tubuh Zeke Yeager. Tapi, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana keadaan Levi. Apakah dia selamat dari ledakan tersebut? Zeke sendiri diperlihatkan tewas dengan tubuhnya yang berantakan.

Kemudian kita melihat para Yeagerist berusaha mengambil alih kendali kota disaat Komandan Dot Pyxis dan Yelena duduk bersama dalam sebuah jamuan makan. Mereka mendiskusikan tentang perbedaan warna ikat di lengan mereka – yang menggambarkan atau menandakan siapa saja yang sudah meminum anggur yang sudah dicampur dengan cairan tulang belakang Zeke dan apakah mereka mau bekerja sama atau tidak.

Pyxis sendiri kemudian memperjelas bahwa meskipun dia mau bekerja sama, dia tidak setuju dengan taktik yang dimiliki oleh Yelena ataupun para Yeagerist. Sementara itu, para pasukan Scout yang dipenjara, termasuk Connie, Jean, Armin, dan Mikasa, berbicara tentang apa yang dilakukan oleh Eren beberapa waktu belakangan. Armin sendiri membahas tentang percakapan terakhir mereka.

Armin mengatakan bahwa percakapan tersebut menjadi yang terakhir dan menjadi percakapan yang memulai perselisihannya dengan Eren. Ketika Armin ditanya tentang alasannya, dia menjelaskan bahwa Eren mengatakan sesuatu yang buruk kepada Mikasa. Namun, Jean dan Connie tidak percaya bahwa Eren akan melupakan persahabatan mereka begitu saja tanpa ada alasan jelas.

Di tengah-tengah percakapan, sosok Yelena pun muncul. Kemunculan Yelena justru membawa hawa negatif karena para pasukan tersebut meminta untuk dibebaskan. Salah satu bawahan Yelena, Greiz, sempat memperburuk keadaan dengan mengatakan bahwa rasa sayang Nicolo terhadap Sasha merupakan sebuah pengkhianatan terhadap bangsa Marley. Greiz terus berkelakar sampai kemudian Yelena menembak kepalanya.

Yelena kemudian meminta maaf atas apa yang terjadi, yang mana hal itu mengejutkan semuanya. Yelena kemudian menjelaskan tentang rencana besar Zeke kepada mereka. Setelah mendengarkan rencana besar dari Zeke tersebut, Armin langsung menangis. Dia kemudian memahami mengapa rencana tersebut dibuat untuk jangka waktu panjang dan bagaimana itu menjadi satu-satunya jalan damai bagi semua.

Cerita akhir pun dimulai. Eren mendatangi Gabi di sebuah ruangan dimana dia ditahan dan memintanya untuk membantunya menyelundupkan orang. Pada momen tersebut, tiba-tiba Pieck Finger pun muncul. Dia kemudian membunuh penjaga lainnya dan mengarahkan senjatanya ke kepala Eren. Pieck meminta Gabi melakukan hal yang sama dengan menggunakan senapan dari penjaga yang sudah tewas.

Eren sama sekali tidak gentar dengan hal tersebut, dan menganggap apa yang dilakukan oleh Pieck hanya bualan saja. Dia mengatakan bahwa Pieck tidak akan mau membunuh Eren karena pihak Marley membutuhkan kekuatan Founding Titan. Pada momen inilah Pieck kemudian berbohong dengan mengatakan bahwa dia adalah sekutu dan setuju dengan semua rencananya.

Pieck sendiri berjanji untuk berkerja sama dengan Eren dan bahkan menawarkan untuk memberi tahu dimana lokasi para penyusup Marley lainnya setelah mereka berada di atap. Yelena kemudian bertemu mereka di atap bersama para penjaga lainnya. Pieck dan Gabi diborgol bersama sebagai langkah pencegahan bagi Pieck untuk berubah, yang mana jika hal itu terjadi maka Gabi pun akan tewas.

Ketika Eren bertanya kepada Pieck dimana musuh yang lain, dia berbalik dan kemudian menunjuk ke arahnya. Pada momen itulah, Galliard, yangmuncul dari bawah bangunan dengan berubah menjadi Jaw Titan, menyerang Eren. Kedua kaki Eren sendiri berhasil digigit oleh Galliard. Eren pun kemudian langsung berubah ke form Attack Titan. Pieck kemudian memperlihatkan kepada Gabi, bahwa pasukan Marley sudah menyerang pulau Paradis.

Di dalam kapal terbang Marley, terlihat sosok Reiner yang sedang memandang Eren. Reiner sendiri sangat bernafsu untuk membalas dendam atas apa yang terjadi di Liberio. Eren sendiri menyadari keberadaan Reiner, yang mana hal itu seolah menjadi petunjuk pertarungan ulang antara Eren dan Reiner. Part 2 dari Season 4 sendiri akan dirilis pada musim dingin 2022 mendatang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.