Mengapa Darkseid bisa lupa mengenai keberadaan Anti-Life Equation dalam film Zack Snyder’s Justice League? Anti-Life Equation merupakan salah satu hal yang paling dicari oleh Darkseid, selain ketiga Mother Boxes. Singkatnya, Anti-Life Equation merupakan “kunci untuk mengendalikan semua kehidupan dan kehendak yang ada di seluruh multiverse.” Darkseid sendiri mengetahui hal tersebut saat pertama kali dia tiba ke bumi, dan para penduduk bumi berhasil menghentikan usaha dari Darkseid.

Yang menarik adalah meskipun Darkseid mengetahui dimana lokasi Mother Boxes, tapi dia lupa dimana lokasi Anti-Life Equation meskipun keduanya ada di planet yang sama. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Para fans sendiri sempat memberikan spekulasinya mengenai hal ini, dan salah satu teori berkaitan dengan apa yang diungkapkan oleh Diana dalam filmnya.

Hiro Studios

Saat Diana menerangkan tentang Darkseid kepada Bruce Wayne, dia mengatakan bahwa bumi merupakan salah satu dari “miliaran planet yang ada di alam raya.” Berdasarkan hal tersebut, rasanya wajar jika kemudian Darkseid lupa dimana lokasi dari Anti-Life Equation, sampai kemudian Mother Boxes memberi tahu dimana lokasi dari Equation kepada Steppenwolf.

Darkseid mengatakan bahwa dia sudah menaklukan 100.000 planet, dengan angka tersebut mungkin dia sudah lupa seperti apa bentuk dari planet bumi. Menjawab pertanyaan tersebut, Zack Snyder mencoba menjawabnya di akun Vero miliknya. Zack mencoba menjelaskan mengapa Darkseid lupa keberadaan Anti-Life, dimana menurutnya pada saat itu Darkseid hampir tewas saat kembali ke Apokolips.

Darkseid juga sudah banyak bertarung dan menaklukan banyak sekali planet, sebelum kemudian dia kembali mendapatkan kekuatannya dan mendapatkan kembali kekuasaanya. Selain itu, sudah ada banyak juga orang-orang yang menjadi bawahannya harus tewas dalam pertempuran. Berdasarkan penjelasan dari Zack tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa spekulasi fans memang tepat.

Seperti yang diketahui, ribuan tahun lalu saat Darkseid (Uxas) pertama kali datang ke bumi untuk menaklukan bumi, misinya gagal karena semua penghuni bumi bersatu. Itulah yang kemudian menurut Diana disebut sebagai Age of Heroes. Bumi sendiri menjadi satu-satunya planet yang gagal untuk ditaklukan oleh Darkseid. Karena itulah bumi menjadi tempat yang “berkesan” bagi mereka.

DeSaad mengatakan bahwa perlawanan dari para penduduk bumi sangat legendaris. Artinya mereka semua tentu sudah pernah mendengar cerita perlawanan tersebut. Lalu, bagaimana kemudian mereka tidak mengetahui dimana lokasi bumi? Mungkin, seperti yang DeSaad katakan, bahwa bumi dulu adalah tempat yang primitif. Sebuah planet tentunya berkembang seiring berjalannya waktu.

Dan bumi di era modern berbeda dengan bumi di era dulu. Sehingga mungkin perubahannya cukup membuat mereka tidak mengenali bumi lagi. Steppenwolf sendiri pada akhirnya berhasil menemukan lokasi bumi setelah Mother Boxes kembali bangkit akibat teriakan Superman, di akhir film Batman v Superman: Dawn of Justice. Menarik memang detail mengenai Darkseid yang lupa akan salah satu senjata terkuat di DC Universe tersebut. Tapi, setidaknya Zack akhirnya memberikan jawaban atas pertanyaan fans tersebut.

Hiro Studios