Sony PlayStation dikenal sebagai salah satu konsol game yang paling populer sejak pertengahan 90an. Namun, sepertinya nama tersebut akan sedikit bergeser dari semula dengan banyaknya adaptasi film dan seri TV dari berbagai game konsol mereka. Sony sendiri sudah meluncurkan PlayStation Production, sebuah rumah produksi yang memang khusus membuat berbagai film dan TV seri dari game PlayStation.

Meskipun adaptasi game masih menjadi sebuah kutukan besar bagi industri Hollywood, sepertinya hal itu tidak menjadi masalah bagi Sony. Terbukti mereka memiliki beberapa proyek film layar lebar dan TV series yang memang sudah direncanakan akan dibuat. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

Hiro Studios

Uncharted – 11 Februari 2022

Film layar lebar ini merupakan adaptasi dari game populer dengan judul yang sama, Uncharted. Filmnya sendiri akan secara resmi menjadi pembuka bagi PlayStation untuk merambah media baru. Proyek film ini sudah masuk tahap pengembangan sejak lama. Sayangnya, ada banyak sekali kendala yang muncul dalam proses tersebut, yang sering kali membuat proses produksi tertunda.

Ruben Fleischer sudah ditunjuk sebagai sutradaranya, sedangkan Tom Holland akan berperan sebagai Nathan Drake. Filmnya sendiri direncanakan akan menjadi prekuel bagi gamenya, dan akan menghadirkan karakter populer seperti Sully, yang diperankan oleh Mark Wahlberg. Meskipun sempat tertunda, proses produksinya sendiri dikabarkan selesai pada akhir 2020 kemarin. Dan masih belum ada perubahan jadwal perilisan sampai sejauh ini.

The Last of Us – TBA

Jika Uncharted akan menjadi pembuka bagi Sony untuk film layar lebar, maka The Last of Us akan menjadi pembuka bagi berbagai proyek TV series dari PlayStation Production. The Last of Us sempat akan diadaptasi menjadi film layar lebar pada 2014 kemarin, namun pihak Naughty Dog beranggapan bahwa game ini akan lebih cocok untuk dibuat dalam format seri.

Here are the actors who will play Joël and Ellie on The Last Of Us on HBO -Pada Maret 2020 kemarin, diumumkan bahwa HBO berminat untuk mengembangkan adaptasi tersebut, dan tidak lama setelah kabar tersebut muncul kabar lainnya. Pedro Pascal dan Bella Ramsey sudah ditunjuk sebagai pemeran utama. Pascal akan berperan sebagai Joel, sedangkan Ramsey akan berperan sebagai Ellie. Selain harus menghadapi manusia kejam dan jahat lainnya, mereka harus berpetualang menghadapi makhluk mengerikan. Ceritanya sendiri akan mengikuti alur dari game pertama, meskipun ada beberapa bagian yang dirubah.

Twisted Metal – TBA

Twisted Metal dianggap sebagai salah satu game paling populer semenjak franchisenya dimulai pada 1995. Dengan delapan game yang ada beserta beberapa spinoff, serinya tetap menjadi salah satu franchise paling populer baik di era 90an maupun di era 2000an. Seperti yang banyak diketahui, Twisted Metal akan membawa kita pada sebuah turnamen ala derby, yaitu saling menghancurkan mobil satu sama lain.

Pada awalnya, Twisted Metal direncanakan akan diadaptasi menjadi film pada 2012. Namun, Sony menolak ide tersebut. pada awal 2019, muncul rumor bahwa Sony mulai berminat untuk mengadaptasi game ini. Dan pada Februari kemarin, muncul konfirmasi bahwa Twisted Metal akan dibuat dalam versi TV series. Rhett Reese dan Paul Wernick akan mengembangkan serinya. Michael Jonathan Smith sudah ditunjuk sebagai penulisnya. Will Arnett sendiri akan berperan sebagai Sweet Tooth.

Ghost Of Tsushima

Ghost of Tsushima dirilis pada Juli 2020 kemarin dan menjadi salah satu game populer di era next gen. Meskipun masih baru, Sony sudah memiliki rencana untuk mengembangkan gamenya untuk muncul dalam versi layar lebar. Game produksi Sucker Punch Productions ini berkisah tentang seorang samurai bernama Jin Sakai, yang berusaha melindungi pulau Tsushima dari serangan bangsa Mongolia. Chad Stahleski sudah ditunjuk untuk menjadi sutradara proyek ini. Karena masih dalam tahap pengembangan awal, masih belum ada informasi apapun tentang proyeknya.

Sly Cooper

Para fans dari Sly Cooper pada akhirnya bisa menikmati adaptasi Tv series dari game ini berkat PlayStation Production. Pertama kali dirilis pada konsol PlayStation 2, Sly Cooper berkisah tentang seekor rakun yang ahli dalam mengendap-endap yang berasal dari keluarga pencuri. Bukannya mencuri dari warga biasa, keluarga Cooper justru mencuri barang dari pencuri lainnya.

Game ini dikenal karena nuansa komik dan noir klasiknya, yang dianggap lebih cocok untuk diadaptasi ke media lain. Game ini sempat akan dibuat dalam versi film pada 2016 lalu, namun dengan Ratchet & Clank yang kurang mendapatkan respon positif pada akhirnya rencana tersebut dibatalkan. Pada 2017, muncul kabar bahwa Sony sedang mengerjakan animated TV series untuk gamenya. Sayangnya, tidak ada kabar kelanjutannya sampai saat ini.

Hiro Studios