Episode kedua dari serial Falcon and Winter Soldier sudah dirilis beberapa hari lalu. Di episode kedua, kita diperlihatkan dengan lebih banyak Super Soldier. Namun dari banyak hal yang menarik, ada satu yang menurut kita paling menonjol yaitu kemunculan anak buah Power Broker. Nama Power Broker sendiri sempat disebutkan oleh Flag Smasher saat mereka memasukan barang ke pesawat. Salah seorang anggota Flag Smasher memberi tahu yang lainnya bahwa mereka harus segera pergi karena mereka telah dilacak. Bahkan, mereka menyebutkan bahwa anak buah Power Broker akan datang.

Beberapa kendaraan pun datang dan tiba-tiba menembaki anggota Flag Smasher dengan brutal, dan salah satu anggota Flag Smasher menahan mereka semua, hingga pesawat yang ditumpangi Karli terbang. Yang menjadi pertanyaan besar adalah siapa sosok Power Broker? Di komik, sebenarnya Power Broker terkait erat dengan John Walker. Nah berikut ini adalah penjelasan tentang Power Broker. Apa itu? Simak di bawah ini Geeks!

Hiro Studios

Siapa itu Power Broker?

Power Broker diciptakan oleh Roger Stern dan Sal Buscema dan pertama kali muncul dalam komik Marvel’s Machine Man pada tahun 1978. Power Broker sering kali menjadi musuh bagi banyak superhero Marvel, terutama Captain America. Power Broker sebelumnya belum pernah muncul sama sekali di MCU, meskipun teman dekat Power Broker, Karl Malus, pernah muncul sebagai villain di serial Jessica Jones Season 2. Nama Power Broker sebenarnya sempat kembali terkenal di tahun 2008 saat ia kembali muncul dalam salah satu komik Marvel.

Lantas, akan seperti apa Power Broker dalam serial Falcon and Winter Soldier nanti? Nah walaupun anak buah Power Broker sudah muncul di episode kedua, tetapi kita tidak diperlihatkan secara jelas sosok Power Broker sendiri. Power Broker memang memiliki sumber daya yang luar biasa banyak, dan itu sudah dibuktikan saat pasukan Power Broker memburu Flag Smasher dengan persenjataan yang lengkap. Bahkan sepertinya pasukan Power Broker memburu Flag Smasher di seluruh penjuru dunia, dan beroperasi secara profesional.

Asal-usul dan Kekuatan Power Broker

Dalam komik, Power Broker adalah nama yang digunakan oleh beberapa karakter berbeda. Versi asli dan terlama yang pernah menjadi Power Broker adalah Curtiss Jackson, yang awalnya merupakan villain kecil, dan akhirnya menjadi villain utama dalam sindikat kejahatan, the Corporation. Setelah mendapatkan ketenaran dan sumber daya, Jackson lantas mendirikan Power Broker Corporation, sebuah perusahaan yang memberikan kemampuan super untuk orang-orang yang rela membayar dengan harga tinggi. Eksperimen yang Power Broker Corporation lakukan memang sangat berbahaya, yang menyebabkan mutasi. Banyak klien Power Broker pun yang meninggal dalam prosesnya.

Jackson juga menggunakan obat-obatan yang sangat adiktif dalam setiap melakukan eksperimen, yang membuat kliennya menjadi ketergantungan pada obat-obat yang diberikan Jackson dan perusahannya. Selama masa kepemimpinan Jackson di Power Broker Corporation, mereka telah memberikan pasukan super kepada para villain super. Akhirnya, Curtiss Jackson pun mencoba melakukan eksperimen pada dirinya sendiri. Namun eksperimen tersebut gagal sehingga membuat Jackson begitu besar dan cacat, sehingga Jackson hampir tidak bisa bergerak. Power Broker kedua setelah versi Curtiss Jackson memang tidak pernah disebutkan namanya, namun ia tetap melanjutkan apa yang dilakukan Curtiss Jackson sebelumnya, yaitu menjalankan Power Broker Corporation.

Apa Arti Power Broker bagi Captain America Baru?

Seperti yang disebutkan di atas, dalam komik, Power Broker telah memberikan banyak kemampuan kepada banyak villain berbeda. Power Broker jugalah yang memberikan kekuatan Super Soldier kepada John Walker. Karena John Walker sudah muncul di serial Falcon and Winter Soldier, dan Power Broker juga sudah disebutkan dalam serial tersebut, maka kemungkinan besar MCU akan menceritakan hal yang sama seperti komiknya. Namun, showrunner serial Falcon and Winter Soldier, beberapa waktu lalu menekankan bahwa Jon Walker di MCU sangat berbeda dengan komiknya.

Perbedaan itu memang sudah jelas diperlihatkan, di mana dalam serial Falcon and Winter Soldier, John Walker jauh lebih simpatik daripada di komiknya. Dalam serialnya, John Walker memang sedikit kurang ajar, dan jelas tidak pantas melindungi Sam, tetapi dia sepertinya bukan orang jahat. Namun, saat John Walker tidak mampu menghadapi villain super seperti Flag Smasher, bisa jadi pada akhirnya ia putus asa dan menggunakan cara instan untuk membuat dirinya menjadi sangat kuat, yaitu dengan mendatangi Power Broker untuk mendapatkan kekuatan super.

Jika John Walker pergi ke Power Broker untuk mendapatkan kekuatan Super Soldier dalam serial Falcon and Winter Soldier, maka itu adalah cerita yang sangat menarik. Sementara itu Karli Morgenthau sepertinya terlihat lebih simpaktik daripada versi komiknya. Bisa jadi ketika Power Broker mulai merubah John Walker menjadi jahat, nah Karli inilah yang akan bergabung dengan Bucky dan Sam untuk melawan John Walker. Tentu saja hal ini masih sebatas spekulasi dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Hiro Studios

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.