Seri terbaru Marvel di platform Disney Plus, The Falcon & The Winter Soldier, memberikan kesempatan bagi Marvel Cinematic Universe untuk menggali lebih dalam cerita tentang Captain America. Serinya sendiri sudah memperkenalkan sosok baru, John Walker, yang dianggap sebagai “Captain America yang baru,” yang di komiknya sendiri dikenal sebagai U.S. Agent.

Selain John Walker, seri ini juga memperkenalkan sosok yang berkaitan dengan sejarah Captain America, yaitu Isaiah Bradley. Namun, sosok sang cucu dari Isaiah, yaitu Eli Bradley, banyak menjadi perbincangan para fans. Siapa sebenarnya Eli Bradley? Dan apa maksud dari Marvel Studios dengan menghadirkan sosok Eli Bradley? Apah MCU sedang mempersiapkan sesuatu?

Hiro Studios

Siapa Eli Bradley

Dalam cerita komiknya, Eli Bradley adalah sosok dibalik pahlawan bernama Patriot. Dan Patriot sendiri merupakan salah satu dari anggota pendiri Young Avengers. Eli sendiri sebenarnya tidak memiliki kekuatan super, namun dia sangat ingin menjadi sosok pahlawan. Karena hal itulah Eli kemudian menggunakan sebuah obat-obatan yang pada awalnya diberikan kepada para mutan, untuk memberikan kekuatan pada mereka setelah apa yang terjadi di M-Day.

Eli mulai menyalahgunakan MGH (Mutant Growth Hormone). Eli selalu membantu Young Avengers untuk menghentikan jalur peredaran obat-obatan terlarang, namun di sisi lain dia juga selalu mencuri dan menyimpan MGH. Dia bahkan menyembunyikan hal tersebut dari rekan-rekannya, yang menyangka bahwa Eli memang memiliki kekuatan super. Mereka semua percaya bahwa kekuatan Eli berasal dari sang kakek, Isaiah.

Eli sendiri kemudian memutuskan untuk mengundurkan diri dari tim, setelah dia menyadari efek yang muncul di tubuhnya setelah dia mengkonsumsi MGH. Dalam komik Young Avengers #10 karya Allan Heinberg dan Jim Cheung, para Young Avengers kemudian meyakinkan Eli untuk kembali bergabung, setelah Hulkling diculik oleh Super Skrull. Dalam misi penyelamatkan Hulkling, Eli sempat tertembak saat melindungi Captain America.

Para Avengers juga ternyata ikut membantu, karena ada Skrull dan Kree dalam pertempuran tersebut. Eli kemudian dibawa ke rumah sakit, dan Isaiah pun muncul untuk mendonorkan darahnya, yang mana di dalam darah Isaiah masih terdapat sisa serum tentara super yang dulu sempat disuntikan kepadanya – meskipun komponennya berbeda. Dan semenjak saat itu, Eli baru benar-benar memiliki kekuatan super.

Kekuatan Eli Bradley

Seperti halnya mereka yang sudah pernah disuntikan serum tentara super, Eli Bradley pun memiliki beberapa kelebihan dalam tubuhnya. Contohnya adalah mampu mengangkat beban yang sangat berat sampai 370 kg dan mampu berlari kencang mencapai kecepatan 56 km/jam. Eli juga memiliki kemampuan penyembuhan yang cepat, dimana luka di bagian dalam bisa sembuh dalam waktu singkat.

Who is PATRIOT? The YOUNG AVENGER Who Was Almost in BLACK PANTHER - NerdistCedera pada tulang, otak, sel, bahkan otot pun semuanya bisa sembuh dalam waktu singkat. Eli juga menjadi tahan terhadap alkohol, dimana alkohol tidak akan bisa meracuni tubuhnya. Selain alkohol, racun, obat-obatan, gas, dan semacamnya tidak mempan terhadap Eli. Dan yang paling utama adalah Eli mengalami penuaan yang sangat lama, membuatnya bisa tetap awet muda.

Dalam setiap aksinya, Eli – atau the Patriot – selalu membawa serta tameng yang sudah menjadi ciri khasnya. Mirip seperti Captain America. Dia juga memiliki sebuah senjata andalan, yaitu bintang yang bisa dilemparkan ke arah musuh. Dan Eli juga merupakan sosok yang ahli dalam hal bertarung jarak dekat, serta ahli dalam hal taktik.

Kemunculan Eli Bradley di MCU

Eli Bradley merupakan salah satu dari beberapa anggota Young Avengers yang sudah diperkenalkan atau direncanakan akan muncul di MCU. Sebelumnya, sosok Cassie Lang sudah lebih dulu diperkenalkan di dua film Ant-Man. Cassie sendiri dalam komiknya akan menjadi sosok pahlawan bernama Stature. Cassie juga rencananya akan muncul di film ketiga, Ant-Man and the Wasp: Quantumania.

Elijah Richardson as Eli Bradley in The Falcon & The Winter SoldierKemudian yang paling baru adalah kemunculan Speed dan Wiccan dari seri WandaVision, yang namanya dirubah menjadi Billy dan Tommy. Kemudian Kate Bishop yang akan diperkenalkan di seri Hawkeye, serta America Chavez yang kabarnya akan diperkenalkan di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Berdasarkan hal tersebut, besar kemungkinan bahwa MCU sedang mempersiapkan Young Avengers, untuk menggantikan para Avengers lama.

Tersisa Hulkling, Iron Lad, dan Prodigy yang masih belum diketahui akan muncul di MCU. Meskipun masih belum ada rencana untuk membuat film atau seri tentang Young Avengers, bukan tidak mungkina jika Marvel akan atau bahkan sedang merencanakannya. Yang paling penting untuk sekarang adalah memperkenalkan tim ini kepada para fans, sebelum kemudian mereka mulai beraksi.

Hiro Studios