Apa yang sebenarnya terjadi kepada Zeke dalam episode terakhir bagian pertama season terakhir Attack on Titan? Dengan kabar baik bahwa seri anime Attack on Titan akan muncul untuk bagian keduanya, para fans tidak perlu khawatir tentang apa yang terjadi di akhir bagian pertama. Episode “Above & Below” memperlihatkan Pieck Finger yang akhirnya memperkenalkan diri di pulau Paradis.

Menyamar sebagai informan Marley lainnya, Pieck meyakinkan Eren bahwa dia adalah sekutu dan membawanya ke atap, memperlihatkan lokasi dari Founding Titan kepada sekutunya tersebut. Pertarungan antara Eren vs. Reiner sepertinya akan kembali terjadi. Tujuan utama dari Eren sendiri adalah membuka kekuatan penuh dari Founding Titan melalui Zeke, namun sayangnya Zeke sendiri saat ini berada jauh dari Shiganshina.

Zeke sendiri sebelumnya ditahan oleh Levi dan dia terkena serangan Thunder Spear. Zeke mengorbankan dirinya untuk membebaskan diri, dan menyiapkan ledakan. Levi sendiri terkena ledakan tersebut dan terhempas ke suatu tempat, sementara kepala dan bagian bahu dari Zeke berada di rerumputan. Zeke kemudian mengalami sebuah kejadian dimana dia melihat seorang gadis yang aneh.

Tidak lama setelah momen tersebut, sesosok Titan muncul, dan kemudian membelah dirinya sendiri, menghancurkan sisa-sisa tubuh zeke dan memasukannya ke dalam tubuhnya. Apa yang sebenarnya terjadi? Pertama, perlu dijelaskan bahwa Zeke memang benar-benar tewas setelah terkena Thunder Spear. Meskipun dia memiliki kemampuan Beast Titan, tidak ada tanda-tanda regenerasi muncul akibat luka parah yang dia derita, terutama di bagian tulang belakangnya.

Tapi, sosok gadis misterius yang dia lihat menjadi petunjuk besar untuk memahami masa depan dari Zeke. Berdasarkan dari apa yang diperlihatkan, sosok gadis tersebut adalah Ymir Fritz, pemilik pertama kekuatan Titan. Seperti yang banyak disampaikan oleh sosok seperti Eren Yeager dan juga Krueger, setiap Titan terhubung melalui sebuah jalur yang berujung pada sosok Ymir.

Jadi, rasanya tidak mengherankan jika kemudian Zeke melihat “nenek moyangnya” disaat dia akan tewas. Tapi, dengan Ymir yang melihat kembali ke arah Zeke menandakan bahwa dia menyadari keberadaan Zeke. Disinilah ketika Abnormal Titan muncul untuk mengambil tubuh Zeke dan memasukannya ke tubuhnya. Sesuai dengan namanya, Abnormal Titan memang bertindak sangat tidak normal.

Tapi, yang anehnya adalah Abnormal Titan tersebut justru tidak memakannya, disaat dia bisa saja melakukannya. Pasti ada seseorang yang mengendalikan Titan tersebut. Eren sendiri masih belum memiliki kemampuan untuk mengendalikan Titan, dan Zeke – yang memiliki darah kerajaan – saat ini kondisinya sudah kehilangan kesadaran. Artinya hanya Ymir Fritz yang bisa melakukan hal tersebut, membuat tubuh Zeke kembali menyatu.

Apa yang dilakukan oleh Ymir sepertinya dia mencoba untuk membangkitkan kembali Zeke. Tubuhnya tidak bisa meregenerasi sendiri, maka dia akan mampu kembali hidup dengan bantuan dari Titan lain. Sistem biologis Titan sendiri masih belum jelas, sehingga alasan tersebut yang mungkin paling logis. Masih belum diketahui, mengapa Ymir ingin kembali menghidupan Zeke, yang pasti Zeke memiliki peran penting.

Seperti yang disebutkan di atas, Zeke memiliki darah kerajaan. Dia adalah anak dari Diana Fritz, pewaris kerajaan Fritz. Mungkin, Ymir Fritz setuju dengan rencana besar dari Zeke dan karena itulah dia tidak ingin Zeke untuk tewas. Eren sendiri mungkin sudah melihat di Path bahwa Zeke akan memiliki peran penting kedepannya. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang sebenarnya terjadi di musim keempat bagian kedua.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.