Film Zack Snyder’s Justice League resmi ditayangkan pada 18 Maret kemarin, setelah sekian lama dinantikan oleh para fans. Rencana awalnya, film ini akan dirilis pada 2020 kemarin. Namun, akibat pandemi yang melanda seluruh dunia, pada akhirnya film ini ditunda sampai 2021. Berdasarkan ulasan dan reaksi dari para fans dan kritikus, mayoritas film ini mendapatkan sambutan positif.

Meskipun begitu, tidak sedikit juga kritik negatif dilayangkan kepada filmnya. Yang menarik adalah sempat muncul bocoran dari rencana Zack Snyder untuk membangun kembali universe yang rencananya akan dia bangun di DCEU. Dalam bocorannya, Zack sepertinya sudah mempersiapkan dua film lanjutan yaitu Justice League 2 dan 3 untuk melanjutkan film pertama. Lalu, apa cerita yang akan ditampilkan di filmnya?

Hiro Studios

Justice League 2 (2019)

Batman dan Masalahnya

Justice League memperlihatkan kemampuannya. Mereka semua bersatu. Meskipun ada banyak ancaman yang datang, mereka semua bekerja secara efisien, bekerja sama sebagai tim, dan menjadi pelindung bagi semuanya. Mereka semua bersama, mereka menyelamatkan banyak nyawa, namun mereka semua bergerak sendiri. Tensi politik yang pada akhirnya membuat semuanya kembali goyah.

Justice League kemudian berkumpul di markas mereka, Batcave. Dari semuanya, hanya Superman yang masih sedikit menjaga jarak – terutama kepada Batman. Aquaman juga masih menghadapi skeptisme dari para penduduk Atlantis. Diana sendiri bisa merasakan apa yang dirasakan oleh Arthur. Batman sendiri ternyata memiliki masalahnya sendiri, yang mana masalah yang dia hadapi juga tidak kalah berat.

Bruce dan Lois Lane

Bruce kemudian secara diam-diam bertemu dengan Lois, mereka mencoba mencari keberadaan Lex Luthor yang kabur dari penjara. Ada semacam tensi yang muncul diantara mereka berdua semenjak Superman kembali hidup. Pertemuan tersebut berakhir setelah Lois mengatakan pada Bruce bahwa Superman membutuhkan dia lebih dari apapun. Namun, melihat gelagat tersebut Bruce tahu bahwa Lois menyembunyikan sesuatu.

Lex Luthor Merekrut Legion of Doom

Sementara itu di dalam hutan Brazil, Lex berhasil menemukan Dr. Maru. Dia masih hidup, dan masih melakukan eksperimen berbahaya. Dia menjadikan tubuhnya sendiri sebagai subyek uji coba. Dr. Maru sendiri melakukan ujicoba untuk menemukan senjata kimia yang baru, yang lebih mematikan. Dr. Maru sendiri ternyata masih menyimpan obsesinya untuk mengumpulkan informasi dan artefak tentang Diana Prince dan juga para Amazon.

Dengan Diana sekarang sudah dikenal oleh seluruh orang di dunia, Lex memberikan Maru sebuah kesempatan untuk membalas dendam. Lex sendiri mengatakan dia memiliki dendam terhadap Batman dan Superman. Maru pun setuju dan Lex pun tersenyum, seraya mengatakan, “Mari kita mulai..” Di gurun Atacama, dengan bantuan dari Maru, Lex berhasil membebaskan Orm dan juga Black Manta dari penjara gurun. Kemudian di luar Central City, Lex berhasil membebaskan Len Snart yang memiliki keahlian dalam hal persenjataan dan juga memiliki dendam terhadap The Flash.

Cerita Tentang Para Justice League

Di Metropolis, Superman bertanya kepada Lois kapan dia akan mengatakan sesuatu kepadanya. Lois kemudian menjawab, “mengatakan tentang apa, Clark?” Superman mengatakan bahwa dia bisa mendengar ada suara detak jantung lainnya. Lois sendiri terlihat ragu dan ketakutan mendengar hal tersebut. Superman kemudian menjawab bahwa dia tidak akan menyakiti Lois.

Di Paris, Diana dan Menalippe menemukan bahwa mungkin ada cara untuk “mengingat” jalur kembali menuju Themyscira. Diana harus menggunakan Lasso tersebut sendiri untuk membuka kembali ingatannya. Tapi, itu adalah sebuah proses yang berbahaya, tapi Diana ingin membantu Menalippe untuk pulang. Diana juga sekaligus ingin kembali melihat sang ibu.

Diana kemudian menggunakan Lassonya, dan kemudian dia terkejut dengan apa yang dia lihat. Pada awalnya, semua terlihat begitu indah. Untuk pertama kali dalam satu abad terakhir, Diana kembali melihat rumahnya, dia melihat Amazon, dan tentunya sang ibu. Namun, kemudian semua berubah menjadi gelap. Diana melihat dirinya sebagai dewa perang – dimana dia bertarung melawan Superman.

Diana pun bahkan membunuh Superman. Diana kemudian menangis melihat hal itu. Beruntung Menalipper berhasil menyadarkan Diana. Meskipun dia sedih, bingung, dan takut, Diana mengingat kemana arah pulang. Di sisi lain, di pengadilan Central City, Barry hadir dalam sebuah persidangan. Berkat Cyborg, Iris, dan para pengacara suruhan Bruce wayne, kasus ayah dari Barry Allen, Henry Allen, akhirnya dibuka kembali. Barry pun gembira dengan hal ini.

Di wilayah lautan, Aquaman dan Mera diperlihatkan sedang bertarung melawan kerajaan terakhir dari 7 kerajaan yang ada – The Unseen. Pertarungan tersebut memunculkan putaran arus yang sangat besar, juga membuat lahar bawah air mengalir. Arthur berhasil mengalahkan raja ketujuh dengan menggunakan trident miliknya. Arthur sebenarnya sempat mengajak pemimpin tersebut untuk beraliansi, namun mereka menolak.

Di Batcave, Cyborg membantu Alfred dan Bruce merenovasi Batcave. Cyborg bahkan menambahkan suara A.I wanita, untuk menggantikan suara Alfred. Melihat kondisi Batcave yang kosong, Cyborg kemudian bertanya mengapa Bruce tidak pernah pulang ke rumah. Alfred kemudian dengan tegas menjawab, “karena dia harus menghadapi dirinya sendiri ketika dia pulang.”

Batman dan Lois Lane Memburu Lex Luthor

Batman bergerak menuju hutan terdalam di Kanada, mencoba untuk mengikuti petunjuk terakhir tentang keberadaan Lex Luthor. Kabarnya, Lex terlihat di sebuah kota kecil. Setelah mengalami pertarungan, Batman kemudian terkejut dimana dia ternyata bukan menemukan tempat persembunyian Lex, melainkan the Riddler. Riddler diperlihatkan sangat kotor dengan janggut panjang.

Ternyata Lex yang membuatnya seperti itu. Lex sempat datang ke tempatnya dan memberikan pertanyaan tentang Riddler. Riddler sendiri masih mencari jawabannya. “Luthor bertanya kepadaku – aku harus tahu jawabannya!” Lois juga ternyata mencoba menelusuri jejak Lex.  Dia berhasil menemukan markas Dr. Maru di Brazil. Lois menulis semuanya di sebuah jurnal, dan merahasiakannya.

Lois kemudian dibuat terkejut dengan fakta yang ada. Dia mengetahui bahwa Lex dan Dr. Maru ternyata juga sedang membentuk timnya sendiri. Kembali ke hutan Kanada, Batman bertarung menghadapi the Riddler. Dia mengatakan kepada Bruce tentang bagaimana Lex mendatanginya untuk sebuah informasi. Dia memperkenalkan Anti-Life Equation – sesuatu yang membuat Riddler bertanya-tanya.

Namun Riddler pada akhirnya berhasil menjawab pertanyaan tersebut. Dia tahu apa yang bisa dilakukan oleh Anti-Life Equation. Ketika benda tersebut diaktifkan, maka semua kehidupan akan menjadi sia-sia. The Riddler kemudian mengarahkan pistol ke kepalanya. Dia tahu bahwa Lex serius dengan tujuannya. Dan pada akhirnya Riddler pun mengakhiri dirinya sendiri.

Justice League Bekumpul Kembali Dengan Keluarga

Wonder Woman dan Menalippe akhirnya kembali ke Themyscira. Diana tidak yakin apa reaksi ibunya nanti. Namun, Hippolyta justru menyambutnya dengan sangat gembira dan penuh air mata. Dia bahkan mengadakan sebuah pesta yang belum pernah ada dalam sejarah Amazon. Di sisi lain, Aquaman dan Mera ternyata pada akhirnya berhasil membuat The Unseen menjadi bagian dari aliansi mereka.

Zack Snyder's Justice League: A 'vindication' of director's vision, say critics - BBC NewsItu merupakan sesuatu yang pertama kali terjadi sejak Atlantis tenggelam. Tujuh kerajaan yang ada kembali membantuk aliansi. Di Metropolis, Lois kembali kepada Superman, dan mengatakan bahwa dia menerima Clark sudah tiada. Lois memutuskan untuk meneruskan pencarian Lex Luthor. Di Gotham, Batman kembali dari pedalaman dan masih terkejut dengan apa yang dia alami sebelumnya. Cerita kemudian bersambung kepada Lois yang mendapatkan kabar dari Jendral Swanwick bahwa Lex memiliki ketiga Motherboxes.

Lex Mengaktifkan rencananya

Di sungai Three, helikopter mengawasi area tersebut. Lex berada disana, namun timnya berada di tempat lain sambil tetap menjaga kontak dengan Lex yang akan mengaktifkan Motherboxes. Tujuan dari Lex sendiri adalah menghancurkan Justice League dan mengambil Anti-Life Equation untuk dirinya sendiri. Anti-Life Equation kemudian menyala saat Lex hendak mengaktifkan Motherboxes.

Cyborg kemudian merasakan adanya “sesuatu,” dimana suplai data tiba-tiba terhenti untuk pertama kalinya dia menjadi robot. Sebuah Boom Tube kemudian mengejutkan Lex Luthor. Ternyata muncul dari portal tersebut DeSaad, jendral perang dari Darkseid. Darkseid sendiri pun muncul dihadapan Lex. Dia ingin Lex memberikan Anti-Life Equation tersebut.

Superman vs. Darkseid

Di Batcave, Superman, Batman dan Lois berkumpul. Mereka kemudian mengetahui tentang kemunculan Darkseid. Superman berkata kepada Batman bahwa ini adalah pertarungan para dewa. Superman kemudian menyampaikan pesan kepada Bruce, “dia adalah duniaku. Lindungi dia.” Superman pun kemudian pergi untuk menghadapi Darkseid.

Setelah Superman pergi, Bruce dan Lois pun berdebat. Bruce mengetahui bahwa Lois sedang hamil. Lois kemudian mengakhiri perdebatannya dengan mengatakan pada Bruce, “kau bukanlah ayahnya.” Meskipun Lois mencoba mengalihkan perhatiannya kepada hal lain, tentang Lex, namun Bruce tidak mendengarnya. Di sungai Three, Lex mengatakan pada Darkseid bahwa dia memiliki kekuatan untuk membunuh Superman.

Review Film 'Zack Snyder's Justice League', Kisah Penutupan yang MegahDarkseid kemudian maju, dan mengenali Lex. Dia mengtakan, “aku tidak mau dia mati, aku ingin Superman menderita.” Lex kemudian menimpali pernyataan tersebut dengan, “gadis itu.” Lex mengatakan bahwa Lois Lane adalah kunci untuk menghancurkan jiwanya. Superman kemudian tiba dan pertarungan melawan Darkseid pun terjadi. Namun, Darkseid pergi dari lokasi.

Darkseid pergi menuju Batcave, yang menyebabkan Batcave hancur dan membuat Bruce dan Lois terjebak. Bruce kemudian menatap Darkseid dan Los dari balik tembok kaca di atas. Darkseid memandang ke arah Lois. Bruce terkejut dan kebingungan, apa yang harus dia lakukan. Superman kemudian berteriak, menangis, jiwanya hancur melihat Lois Lane berubah menjadi abu akibat Omega Beam Darkserid. Disaat Superman berusaha menghabisi Darkseid, sang pemimpin Apokolips sudah berhasil memasukan Anti-Life Equation ke dalam diri Superman. Dia pun berubah menjadi sosok yang menakutkan.

Justice League Diserang

Sebelum Lois bisa memperingatkan semuanya, Lex kemudian memberikan sinyal kepada timnya untuk mulai menyerang. Ke Themyscira, Dr. Maru melepaskan serangan gas kimia yang menutupi pulau tersebut dan para penduduknya. Diana bahkan harus tewas di pangkuan sang ibu. Dr. Maru sendiripun tewas dalam serangan itu. Dia tewas sambil tersenyum puas.

Zack Snyder's Justice League aspect ratio explained: Why the Snyder Cut is not in widescreen on HBO Max | GamesRadar+Di Atlantis, Orm dan Black Manta menyerang prosesi pengesahan Arthur. Arthur dan Mera harus tewas dalam penyerangan tersebut. Di Central City, Len menyerang Flash dengan senjata buatannya. Cyborg sendiri harus terluka parah, dimana dia harus kehilangan bagian bawah tubuhnya saat akan menyelamatkan Barry. Di Batcave, Batman melihat semua yang terjadi dengan tatapan kengerian. Dia melihat bagaimana Darkseid berhasil mengendalikan Superman.

Superman bahkan mulai mengarahkan tujuannya kepada Batman. Melihat situasi tersebut, Lex percaya bahwa dia sudah menang, namun kemudian dia harus menghadapi sosok Superman. Dia melihat Lex dengan keadaan mata menyala dan akhirnya membunuhnya. Ketika Lex berteriak, dunia kemudian berubah menjadi merah.

Lima Tahun Kemudian

Dunia berubah menjadi apa yang kita lihat di Knightmare. Muncul dari balik pasir-pasir tersebut, sosok post-apocalyptic Batman bersama dengan pasukannya. Mereka semua berusaha untuk pergi ke Wayne Manor. Batman memandu mereka menuju kesana. Flash menarik apa yang tersisa dari Cyborg di belakangnya. Bruce sendiri meminta semuanya untuk bergegas sebelum malam datang, dan Superman menemukan mereka. Babak pertama pun selesai.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

Hiro Studios

1
2