Para Titan dalam cerita Attack on Titan memiliki kekuatan yang sangat luar biasa, yang bisa dianggap menjadi salah satu kekuatan terkuat dan menakutkan dalam sejarah anime. Baik Pure Titan maupun Abnorman/Mindless Titan, menjadi seorang Titan bisa dipastikan mampu mengalahkan manusia biasa yang hidup baik di pulau Paradis ataupun di tempat lainnya.

Meskipun ada berbagai kelemahan saat seseorang menjadi Titan, namun tidak sedikit juga kelebihan-kelebihan yang bisa didapatkan ketika seseorang menjadi Titan. Dan kelebihan tersebut tentunya bisa dimanfaatkan dengan sangat baik oleh seseorang, dan menjadi sebuah kemampuan yang mereka andalkan. Lalu, apa saja kelebihan menjadi seorang Titan?

Memiliki Kemampuan Fisik Yang Kuat

Terlepas dari seberapa besar ukuran tubuhnya, Titan manapun memiliki kemampuan yang sangat luar biasa. Mereka bisa menghancurkan rumah atau bahkan menerbangkan rumah dengan mudah. Mereka juga mampu menghancurkan sebuah pasukan ataupun memantau musuh dari jarak yang sangat jauh. Mereka memiliki kemampuan yang mampu melebihi kemampuan manusia.

Quora.com

Meskipun mereka bergerak tanpa pikiran, sekelompok Pure Titan mampu membuat pasukan di pulau Paradis kerepotan. Tidak jarang mereka juga harus kehilangan rekan mereka akibat dimakan. Para Titan Shifter bahkan jauh lebih kuat lagi, dimana sembilan Titan yang ada memiliki kemampuan unik mereka masing-masing.

Misalnya, Beast Titan mampu melemparkan benda apapun dengan sangat mudah dan dengan kecepatan tinggi. Dia juga bahkan bisa merubah seseorang menjadi Titan dan sebagian Titan Shifter bisa mengendalikan para Pure Titan. Hal tersebut membuat mereka menjadi kemampuan mematikan dalam sebuah pertempuran.

Tidak Memerlukan Kebutuhan Dasar

Dalam sebuah dunia yang kejam dan penuh dengan penderitaan, seperti diperlihatkan di serinya, bertahan hidup adalah sesuatu yang harus mereka semua lakukan. Dan tidak semua orang mampu melakukannya. Hal tersebut dikarenakan kondisi di abad pertengahan yang serba terbatas, angka harapan hidup diantara manusia normal pun tidak terlalu tinggi.

CBR.com

Namun, ketika kita menjadi Titan kita tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Pure Titan bisa sembuh dari luka dalam waktu dekat dan tidak akan mati akibat kelaparan atau kehausan. Satu-satunya yang ada di pikiran mereka adalah mereka harus kembali berubah menjadi manusia, itulah mengapa mereka memakan manusia siapapun yang ada di sekitarnya, dengan harapan mereka adalah Titan Shifter.

Menjadi Kekuatan Yang Tidak Terkalahkan

Level kekuatan dari para Titan tidak main-main, yang mana kemudian hal ini diperlihatkan dalam serinya dimana banyak orang yang ketakutan atau bahkan menginginkan kekuatan dari para Titan. Pasukan Pure Titan sudah cukup untuk membuat pasukan sebuah negara atau wilayah kerepotan, karena mereka tidak bisa dihentikan. Satu Titan Shifter dirasa cukup untuk membalikan sebuah situasi dalam waktu cepat di sebuah peperangan.

ign.com

Pada awalnya memang Titan hanyalah makhluk yang mengerikan, monster, yang terjebak dibalik tembok-tembok yang ada di pulau Paradis. Namun, kemudian kita diperlihatkan bahwa para Titan juga bisa dijadikan senjata. Hal ini sendiri sebenarnya pernah terjadi dulu, raja Fritz mencoba memperbesar kekuasaannya dengan bantuan Ymir Firtz.

Berumur Panjang

Ketika seseorang berubah menjadi Pure Titan, maka mereka akan terus terjebak di usia tersebut sampai kemudian mereka kembali menjadi manusia atau menjadi seorang Shifter. Karena itulah pada dasarnya Pure Titan adalah sosok yang abadi. Mereka tidak akan pernah hilang ditelang oleh waktu. Ymir dan para Eldian Restorationist menjadi bukti nyata hal tersebut.

Caribgames.com

Meskipun mereka sudah berubah menjadi Titan jauh sebelum cerita utama Attack on Titan dimulai, para Eldian Restorationist memiliki bentuk fisik yang tetap sama. Ymir pun sama, meskipun dia kurang lebih sudah menjadi Pure Titan selama 60 tahun, dia masih tetap sama seperti dulu saat berhasil mengkonsumsi Jaw Titan. Saat kembali menjadi manusia, dia sama sekali tidak bertambah tua.

Mampu Mengubah Realita

Berberbeda dengan Pure Titan, para Tian Shifter menggunakan kekuatan salah satu dari sembilan Titan yang ada: Armored, Attack, Beast, Cart, Colossus, Female, Founding, Jaw, dan War Hammer. Meskipun saat seseorang berubah menjadi Titan Shifter membuat jatah hidup usianya berkurang drastis, mereka memiliki kekuatan yang bisa mengubah dunia dan realita.

CBR.com

Beberapa Titan seperti Attack dan Founding Titan memiliki kelebihan untuk bisa melihat ke masa depan, “bermain-main” dengan waktu dan realita. Penggunanya bisa saja merubah realita yang ada. Eren Yeager adalah sosok nyata dari sosok yang merubah realita, dengan menggunakan kekuatan Titan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.