MCU sekarang menghadirkan Captain America baru. Debutnya diperlihatkan dalam serial Falcon and Winter Soldier. Sebenarnya, Steve Rogers menunjuk Sam Wilson untuk menjadi Captain America baru. Tetapi Sam Wilson menganggap dirinya tidak layak menjadi Captain America sehingga ia menyerahkan seluruh perlengkapannya ke Pemerintah Amerika Serikat. Sam Wilson sendiri mengangap bahwa keputusan tersebut adalah keputusan terbaik. Kemudian, tidak butuh waktu lebih lama lagi bagi pemerintah Amerika Serikat untuk memperkenalkan Captain America baru.

Dalam serial Falcon and Winter Soldier episode 2, kita pun diperlihatkan saat Captain America baru beraksi. Sosok dibalik setelan Captain America tersebut adalah John Walker. Kita diperlihatkan pengalaman John Walker saat ia bergabung dengan tentara America Serikat. Terungkap bahwa sebenarnya John Walker bukanlah seorang Super Soldier. Tidak seperti Steve Rogers ataupun Bucky Barnes, Walker menegaskan bahwa dia tidak memiliki kekuatan super.

Hiro Studios

Tentunya itu merupakan sebuah perbedaan yang signifikan dengan komiknya, karena Walker sebenarnya adalah seorang Super Soldier. Lantas mengapa sekarang John Walker bukanlah seorang Super Soldier di serial Falcon and Winter Soldier? Walker seharusnya bisa memiliki kekuatan super atau kekuatan serupa dengan Captain America di MCU saat ini. Sebelumnya, sudah ada beberapa Super Soldier di MCU, tetapi serial Falcon and Winter Soldier memperkenalkan lebih banyak lagi Super Soldier di MCU. Isaiah Bradley adalah salah satunya. Ia merupakan Captain America pertama dan ia sudah mengkonfirmasi bahwa dirinya adalah Super Soldier.

image source: cbr.com

Isaiah Bradley menjadi ujicoba pemerintah dan darahnya dipelajari selama tiga puluh tahun saat ia dipenjara. Artinya, pemerintah sebenarnya memiliki akses terhadap serum Super Soldier. Keputusan untuk tidak memberi John Walker tubuh seorang Super Soldier merupakan keputusan yang aneh, tetapi ada beberapa alasan yang membuat MCU tidak melakukannya.

Steve Rogers adalah seorang Captain America yang luar biasa kuat. Tetapi kekuatan yang dimiliki Steve Rogers juga bisa membuatnya melawan balik pemerintah Amerika Serikat. Sekarang pemerintah Amerika Serikat harus memilih sendiri Captain America baru, dan pemerintah menginginkan seseorang yang bisa berada di bawah kendali mereka seutuhnya. John Walker adalah seorang prajurit yang ulung, tetapi dia tidak akan mampu melawan pemerintah sendirian. Itu berarti Walker tidak akan berani melawan perintah pemerintah.

Atau bisa jadi pemerintah tidak bisa memberikan serum Super Soldier kepada John Walker. Kita mengetahui bahwa persediaan serum Super Soldier terbatas. Pemerintah mungkin tidak memiliki cukup serum lagi untuk memberi kekuatan Walker. Kemungkinan terakhir adalah bisa saja pihak pemerintah Amerika sengaja menunggu untuk memberi John Walker serum Super Soldier, sampai ia dianggap layak menggunakannya.

Meskipun John Walker bukan seorang Super Soldier saat ini, tetapi ia masih sangat mungkin mendapatkan kekuatan Super Soldier nanti. Kehadiran Flag-Smasher dan tentara super sepertinya bukanlah suatu kebetulan. Serial Falcon and Winter Soldier bisa memperlihatkan saat Walker mendapatkan serum Super Soldier dan menggunakannya pada dirinya sendiri sehingga dia memiliki kesempatan lebih baik untuk melawan Flag-Smasher. Serial tersebut juga memperlihatkan Power Broker, yang bertanggung jawab memberi kekuatan John Walker kekuatan di komiknya. (Featured Image: menshealth.com)

Hiro Studios

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.