Apakah membagi menjadi dua pertarungan merupakan sebuah keputusan yang tepat? Itulah yang menjadi pertanyaan besar saat ini, melihat situasi di chapter 1008. Setelah sempat “jeda” selama beberapa chapter, pada akhirnya para fans kembali disuguhkan pertarungan epik antara lima Worst Generation melawan dua Yonko. Dan diperlihatkan bahwa kelima Worst Generation masih belum berhasil mengalahkan kedua Yonko.

Kelima Worst Generation pada akhirnya bertarung melawan Kaido dan Big Mom. Pertarungan mereka benar-benar sangat luar biasa, karena kita bisa melihat bagaimana banyak kemampuan baru yang dahsyat ditunjukan dalam pertarungan ini. Dan dalam pertarungan ini juga kita melihat bagaimana Kaido dan Big Mom pada akhirnya dipaksa untuk menggunakan semua kemampuannya.

Di chapter 1008 ini, kita pada akhirnya melihat bentuk hybrid dari Kaido – yang tidak kalah menyeramkan – setelah Worst Generation berhasil memaksa Kaido melakukan hal tersebut. Dan di chapter ini juga kita melihat bagaimana para Worst Generation kesulitan dan kelelahan menghadapi mereka berdua sekaligus. Melihat situasi ini, Eustas Kidd kemudian muncul dengan sebuah ide menarik.

Worstgen.alwaysdata.net

Kidd menyarankan agar mereka memisahkan Big Mom dan Kaido, dan menghadapi mereka dalam dua pertarungan berbeda. Dan ide tersebut disambut positif oleh para Worst Generation lainnya, yang mengatakan bahwa menghadapi dua Yonko sekaligus adalah sesuatu yang sangat melelahkan. Namun, muncul sebuah pertanyaan yaitu apakah strategi tersebut bisa berjalan efektif?

Dilihat di satu sisi, ide untuk membagi dua pertarungan tentu sangat realistis dan masuk akal. Dengan memisahkan Kaido dan Big Mom, mereka lebih mudah untuk menyerang para Yonko. Pasalnya, saat keduanya ada di tempat yang sama, Worst Generation mengalami kesulitan untuk mengatasi mereka karena mereka akan saling dukung satu sama lain.

Misalnya, saat Killer berhasil menggunakan Sycther Sonic untuk melukai Kaido, tiba-tiba Big Mom menyerang Killer dengan teknik Indra dan berhasil melukai Killer. Kemudian saat Luffy menyerang Kaido dengan teknik barunya, Big Mom juga menyerang Luffy dengan serangan api, yang mana beruntung Zoro berhasil membelah serangan api tersebut dengan teknik Kinemon.

Dengan memisahkan kedua Yonko, mereka tidak perlu khawatir dengan serangan balasan dari Yonko lainnya saat pertarungan berlangsung. Dan secara taktik pun, membagi kekuatan musuh – seperti dengan cara memisahkan satu dengan yang lain – akan membuat mereka lebih mudah untuk bisa ditaklukan. Namun, di sisi lain, taktik ini juga memiliki kelemahan.

Myanimelist.com

Perlu untuk dicatat bahwa yang mereka hadapi bukanlah sosok yang biasa. Mereka adalah seorang kaisar laut, yang memiliki kemampuan dan kekuatan yang sangat luar biasa. Jika mereka dalam keadaan bersama saja sudah berbahaya, memisahkan mereka justru lebih berbbahaya lagi. Dalam kondisi 5 vs 2, setidaknya para Worst Generation memiliki keuntungan jumlah – meskipun pada akhirnya mereka kesulitan.

Namun, dengan memisahkan mereka artinya kekuatan para Worst Generation juga terbagi menjadi dua. Tiga orang akan menghadapi satu Yonko sedangkan dua orang lainnya menghadapi Yonko yang lain. Hal ini tentunya sangat buruk mengingat kemampuan Worst Generation tersebut belum tentu mampu menghadapi satu orang Yonko. Hal itu tentunya membuat pertarungan menjadi tidak seimbang.

Apakah strategi ini akan berjalan dengan baik? Apakah strategi ini justru akan menguntungkan para Yonko? Apakah akan ada karakter lain yang kemudian muncul untuk membantu mereka? Menarik tentunya untuk melihat bagaimana hasil dari strategi tersebut. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan dari cerita ini di chapter selanjutnya. (Featured Image: onepiece.fandom.com)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.