Akibat teriakan Superman yang tewas akibat serangan Doomsday, membangkitkan Mother Boxes dan juga yang menjadi awal mula mengapa Steppenwolf datang ke bumi. Sejarah tentang tiga Mother Boxes tersebut ditampilkan dalam film Zack Snyder’s Justice League kemarin. Seperti yang dijelaskan oleh Wonder Woman kepada Batman tentang pertempuran kuno dengan Apokolips, Mother Boxes adalah “mesin yang hidup, dan tidak bisa hancur,” yang bisa dikombinasikan dan membentuk Unity.

Unity tersebut bisa membuat Darkseid untuk menghancurkan sebuah planet dan kemudian membangun kembali planet tersebut sesuai dengan planet asalnya, Apokolips. Semua penghuni dari planet tersebut akan berubah menjadi makhluk mengerikan, Parademons. Namun, seperti yang dijelaskan oleh Diana, Darkseid muda gagal untuk menyatukan ketiga kotak tersebut. Bukan hanya gagal menyatukan ketiga Mother Boxes, dia juga lupa dimana posisi dari Anti-Life Equation.

thewrap.com

Singkatnya, Anti-Life Equation merupakan “kunci untuk mengendalikan semua kehidupan dan kehendak yang ada di seluruh multiverse.” Darkseid mengetahui hal tersebut saat pertama kali dia tiba ke bumi, dan para penduduk bumi berhasil menghentikan usaha dari Darkseid. Yang menarik adalah meskipun Darkseid mengetahui dimana lokasi Mother Boxes, tapi dia lupa dimana lokasi Anti-Life Equation meskipun keduanya ada di planet yang sama.

Ada kemungkinan bahwa Darkseid tidak ingat dimana terakhir kali dia bertarung saat Mother Boxes tertinggal. Lagipula, diperlihatkan bahwa Darkseid hampir tewas oleh Ares dan kemudian dia dibawa pergi dari bumi dengan kapalnya. Selain itu, bumi adalah satu-satunya planet yang gagal untuk ditaklukan oleh Darkseid. Seperti yang dijelaskan oleh Diana bahwa bumi merupakan salah satu dari “miliaran planet yang ada di alam raya ini.”

Gamek.vn

Berdasarkan hal tersebut, rasanya wajar jika kemudian Darkseid lupa dimana lokasi dari Anti-Life Equation, sampai kemudian Mother Boxes memberi tahu dimana lokasi dari Equation kepada Steppenwolf. Darkseid mengatakan bahwa dia sudah menaklukan 100.000 planet dan DeSaad mengatakan pada Steppenwolf bahwa dia harus menghancurkan 50.000 planet lainnya agar dia bisa kembali ke Apokolips.

Berdasarkan hal tersebut, kecuali memang dengan sengaja dicari keberadaanya, tidak ada dari mereka yang mengingat dimana posisi bumi diantara miliaran planet lain, sampai kemudian Mother Boxes kembali aktif. Namun, yang aneh dari alasan tersebut adalah DeSaad mengatakan bahwa perlawanan dari para penduduk bumi sangat legendaris. Artinya mereka semua tentu sudah pernah mendengar cerita perlawanan tersebut.

Lalu, bagaimana kemudian mereka tidak mengetahui dimana lokasi bumi? Mungkin, seperti yang DeSaad katakan, bahwa bumi dulu adalah tempat yang primitif. Sebuah planet tentunya berkembang seiring berjalannya waktu. Dan bumi di era modern berbeda dengan bumi di era dulu. Sehingga mungkin perubahannya cukup membuat mereka tidak mengenali bumi lagi. Mungkin ada alasan lainnya mengapa Darkseid yang belum kita ketahui. (Featured Image: heroichollywood.com)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.