Arc Wanokuni memberikan sesuatu yang berbeda terhadap cerita One Piece. Mulai dari diperkenalkannya sebuah wilayah yang terisolasi dari dunia luar, sampai kepada budaya “tradisional” yang ada di dunia tersebut seperti para samurai, ninja, dan sebagainya. Dan yang paling menarik adalah bagaimana ceritanya memperlihatkan sesuatu yang unik, dimana Luffy menggunakan sebuah pedang.

Seperti yang diketahui, bahwa Luffy adalah sosok petarung dimana dia sering kali menggunakan tangan kosong untuk bertarung menghadapi musuh. Meskipun tangan kosong, Luffy melapisinya dengan kemampuan Haki dan tentunya juga kemampuan buah iblis Gomu Gomu. Namun, di arc Wano kita melihat bagaimana Luffy untuk pertama kalinya menggunakan pedang.

Hal tersebut memunculkan pertanyaan yang menarik, yaitu apakah Luffy akan memiliki senjata dan menggunakan senjata pasca arc Wano? Mungkin Geeks sudah tahu bahwa sebagian besar karakter kuat dalam ceritanya memiliki sebuah senjata, yang umumnya adalah pedang. Contohnya adalah Gol D. Roger, yang diyakini merupakan pemilik dari Gryphon sebelum diberikan kepada Shanks.

Quora.com

Kemudian Whitebeard yang memiliki pedang Murakumogiri. Kemudian Kozuki Oden dengan Enma dan Ame no Habakirinya. Rayleigh juga dulunya merupakan sosok yang ahli dalam berpedang. Pada intinya, banyak karakter kuat yang memiliki pedang. Tentunya akan sangat menarik bila kemudian Luffy akan memiliki senjata di kemudian hari, yang kemungkinan adalah pedang, karena di Wano dia sudah memiliki sebuah pedang. Luffy juga belajar bagaimana berpedang.

Dengan menggunakan senjata, Luffy bisa menggunakan kemampuannya yang lain selain Gomu Gomu. Armament Hakinya juga kemudian bisa dilapisi ke senjata yang dia miliki, seperti yang Zoro lakukan. Meskipun di kru Topi Jerami sudah memiliki sosok yang memang ahli dalam menggunakan pedang, namun bukan berarti Luffy tidak bisa atau tidak boleh memiliki pedang.

Whitebeard dan Roger mungkin bisa menjadi contoh nyata. Selain kemampuan fisiknya, keduanya juga merupakan sosok yang ahli dalam menggunakan senjata mereka terutama pedang. Bahkan, dalam flashback Kozuki Oden kita juga bisa melihat bagaimana Roger dan Whitebeard sangat luar biasa dalam Haki mereka juga dalam kemampuan berpedang. Mereka bertarung selama tiga hari dan tidak ada yang menang ataupun kalah.

Twitter.com

Selain pedang, senjata yang mungkin juga cocok untuk Luffy adalah tongkat atau Kanabo. Dan rasanya Kanabo yang dimiliki oleh Kaido bisa digunakan oleh Luffy sebagai senjatanya. Selain bisa membantu Luffy mengalahkan musuh, Kanabo tersebut juga bisa menjadi sebuah bukti bahwa dia sudah berhasil mengalahkan makhluk paling kuat di seluruh dunia.

Meskipun Luffy memiliki senjata akan membuatnya semakin kuat, namun tetap menjadi Luffy seperti sekarang pun sebenarnya tidak menjadi masalah. Ada juga sosok yang memang sangat kuat, tanpa perlu menggunakan senjata seperti pedang atau kanabo. Contoh nyatanya adalah kakeknya sendiri, Monkey D. Garp. Dengan kekuatan pukulannya, gunung pun bisa hancur.

Atau mungkin sang ayah sendiri, Monkey D. Dragon, yang masih misterius mengenai kekuatannya. Namun, diyakini dia tidak memiliki senjata apapun. Jika dilihat dari segi narasi, memang akan sangat menarik jika Luffy memiliki sebuah senjata andalan. Tapi, Luffy adalah Luffy. Dia merupakan bagian dari keluarga Monkey D yang dikenal sebagai petarung ulung.

Jadi, rasanya akan lebih baik jika Luffy tetap seperti ini, bertarung tanpa menggunakan senjata. Lagipula, dia memiliki kemampuan Gomu Gomu yang luar biasa. Belum lagi adanya kemungkinan awakening dari Gomu Gomu tersebut yang membuatnya bisa berkali-kali lipat lebih kuat dibandingkan bertarung dengan menggunakan senjata. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.