Setelah lama dinantikan, akhirnya versi dari Zack Snyder untuk film Justice League, Zack Snyder’s Justice League, akhirnya dirilis pada 18 Maret kemarin. Dan film ini banyak mendapatkan kritik positif dari berbagai pihak, baik dari para kritikus maupun para fans. Sebagian besar ulasan positif memuji bagaimana cerita sebenarnya yang akan disuguhkan oleh Zack.

Namun, dengan kesuksesan saat ini, apakah sekuel dari filmnya akan dibuat? Itulah yang masih menjadi pertanyaan besar. Untuk saat ini, pihak WB sendiri sepertinya belum memiliki minat untuk membuat sekuelnya, seperti yang diungkapkan oleh Zack kepada Total Film. Padahal, menurut Zack, film Justice League versinya akan menjadi “dasar” dari cerita selanjutnya. Zack sendiri sudah memiliki rencana besar untuk DCEU khususnya Justice League kedepannya. Apa saja?

Hiro Studios

Menjelaskan Tentang Knightmare

Saat pertama momen ini muncul di film Batman v. Superman, para fans mungkin kebingungan dengan momen tersebut. Namun, Zack kemudian menjelaskan bahwa sebenarnya momen Knightmare memiliki koneksi yang mendalam bagi DCEU. Dalam film Justice League versi Joss Whedon, momen Knightmare sama sekali tidak disebut atau direferensikan.

darkknightnews.com

Sedangkan dalam versi Zack, momen tersebut sempat muncul dimana dia mengatakannya kepada Diana. Dan di akhir filmnya pun sempat diperlihatkan sedikit “kelanjutan” dari momen Knightmare dan apa yang terjadi. Zack sendiri sebenarnya memiliki rencana untuk menjelaskan lebih detail dari momen Knightmare di film selanjutnya, seperti bagaimana Lex Luthor menemukan Anti-Life Equation dan memberikannya pada Darkseid.

Lex Luthor Membentuk Legion of Doom

Di akhir Justice League, kita melihat bagaimana Lex bertemu dengan Deathstroke. Sebenarnya itu merupakan salah satu langkah dari Lex untuk membentuk Legion of Doom, kelompok saingan bagi Justice League. Jika Justice League berisi para pahlawan, maka Legion of Doom berisi para penjahat, termasuk Darkseid. Lex adalah sosok yang diceritakan memberi tahu Anti-Life Equation kepada Darkseid.

Syfy.com

Dibentuknya Legion of Doom sendiri menjadi awal mula hancurnya bumi, dan menjadi salah satu set up untuk momen Knightmare. Karena, pada momen ini Superman akan meminta Batman untuk melindungi Lois Lane selain Superman bertarung melawan Darkseid. Sayangnya, pada momen ini Batman gagal melindungi Lois, dan Darkseid berhasil membunuh Lois setelah Lex memberi tahu bahwa kelemahan dari Superman adalah Lois Lane.

Lois Lane Hamil Anak Bruce Wayne, Bukan Clark Kent

Dalam salah satu momen di film Zack Snyder’s Justice League, ketika Lois Lane akhirnya tersadar untuk bisa melangkah kembali, Lois mengambil sesuatu dari salah satu laci di apartemennya. Dan di laci tersebut kita bisa melihat salah satu alat tes kehamilan. Sebenarnya, itu merupakan rencana dari Zack di masa yang akan datang, dimana Lois diceritakan tengah hamil.

Looper.com

Namun, yang menarik adalah Lois bukan hamil anak dari Clark Kent melainkan Bruce Wayne. Cerita romantis muncul disaat Clark meminta tolong kepada Bruce untuk menjaga Lois, yang kemudian membuat Lois akhirnya hamil. Meskipun sempat ada perselisihan antara Bruce dan Clark, pada akhirnya Clark bisa menerima kenyataan. Namun, Lois tetap diceritakan tewas oleh Omega Beam Darkseid, yang membuat Clark sangat bersedih dan kemudian dimanfaatkan oleh Darkseid untuk menjadi anak buahnya, dengan bantuan Anti-Life Equation.

Kemunculan Ryan Choi Sebagai Atom

Sosok Ryan Choi merupakan asisten dari kepala STARS Lab, yaitu Silas Stone. Di film versi Joss Whedon, sosok Ryan Choi tidak diperlihatkan. Baru di versi Zack kemarin kita melihat peran dari sosok Choi. Setelah Silas Stone tewas, dialah yang kemudian menjadi kepala STARS Lab. Sosok Ryan Choi sebenarnya bukanlah sosok biasa. Dalam cerita komiknya dia juga merupakan seorang pahlawan yaitu Atom.

Thewrap.com

Zack berencana untuk memperkenalkan Ryan Choi sebagai Atom di film selanjutnya. Dia akan menjadi salah satu tambahan pahlawan untuk Justice League. Di film Justice League sendiri, kita baru diperlihatkan sedikit tentang sosok Choi. Tentunya akan sangat menarik bila kemudian WB mempertimbangkan sekuel Justice League agar kemudian karakter Atom bisa muncul di DCEU.

Perang Besar Melawan Darkseid

Apa yang kita lihat di epilog kemarin, sebenarnya merupakan pintu masuk untuk sebuah perang besar melawan Darkseid. Menurut Zack, sebenarnya setelah kejadian tersebut Cyborg akan berusaha untuk menggunakan Mother Box demi bisa mengirim kembali The Flash ke masa lalu, untuk memperingatkan Bruce Wayne tentang momen tersebut, dimana dia tidak memiliki keberanian untuk mengorbankan dirinya demi Lois Lane.

Digitalspy.com

Momen tersebut adalah apa yang kita lihat di film BvS, dimana Flash muncul di mimpi Bruce yang mana Bruce sendiri tidak memahami artinya. Dari momen tersebut, Bruce kemudian berhasil menyelesaikan teka-tekinya yang mana adalah dia harus mengorbankan dirinya demi menyelamatkan Lois dari Darkseid. Dan momen tersebut merubah semuanya.

Selain Superman tidak berubah menjadi jahat, momen yang epik adalah ketika para Justice League mengumpulkan bantuan lainnya. Misalnya, Aquaman yang memimpin pasukan Atlantis, kemudian Diana yang memimpin pasukan dari Themyscira, sedangkan Superman dan Flash memimpin para manusia. Mereka semuanya bertarung menghadapi Darkseid dalam sebuah perang besar. Mirip perang yang terjadi di momen Age of Heroes yang diceritakan oleh Diana kepada Bruce. (Featured Image: cameralook.it)

Hiro Studios