Dalam ending Avengers: Endgame, Steve Rogers menyerahkan tamengnya dan memberikan gelar Captain America kepada Sam Wilson alias Falcon. Itu berarti Sam Wilson secara resmi menjadi Captain America baru menggantikan Rogers. Tetapi sekarang lewat serial Falcon and Winter Soldier, terungkap bahwa menjadi Captain America baru memanglah tidak mudah. Dalam episode pertama Falcon and Winter Soldier, Sam menyerahkan tameng Captain America ke Pemerintah Amerika Serikat. Sam merasa bahwa perisai itu bukan miliknya dan merasa dunia baik-baik saja tanpa Captain America.

Namun Pemerintah Amerika Serikat punya pandangan berbeda. Mereka memilih John Walker untuk menjadi Captain Amerika baru. Sam mungkin tidak senang dengan keputusan ini, dan mungkin ia akan merebutnya kembali. Nah Geeks, sebenarnya serial Falcon and Winter Soldier menggoda keterlibatan Captain America kulit hitam pertama loh. Episode perdana Falcon and Winter Soldier memang tidak menyertakan post-credit scene, tetapi credit di Falcon and Winter Soldier menggoda tentang sosok baru yang mungkin akan muncul.

Hiro Studios

image source: screenrant.com

Dalam credit Falcon and Winter Soldier, tepatnya di menit 43:30, terlihat sebuah bagian bertuliskan “search log”. Bagian tersebut memang tidak mencantumkan nama karakter yang ditampilkan, tetapi ia disebut sebagai “Subject #07656” dan para penonton pun bisa melihat sebagian wajahnya. Wajah tersebut adalah wajah aktor Carl Lumbly. Sayangnya, ia tidak muncul dalam episode perdana serial Falcon and Winter Soldier. Namun, dapat dipastikan bahwa Carl Lumbly akan muncul dalam serialnya.

Kabarnya nih Geeks, Lumbly akan berperan sebagai Isaiah Bradley, Captain America kulit hitam bertama di komik. Isaiah Bradley diperkenalkan di Marvel Comics pada tahun 2003 lalu dalam komik Truth: Red, White, and Blue. Komik tersebut menceritakan kisah yang jarang diketahui tentang upaya pihak militer untuk menciptakan kembali Serum Super Soldier. Tentara memaksa 300 tentara kulit hitam untuk menjadi subjek uji coba. Namun pemerintah sangat merahasiakan program ini dan memberi tahu semua keluarga mereka bahwa mereka tewas dalam pertempuran.

Faktanya, uji coba tersebut memang memakan banyak korban jiwa. Isaiah Bradley adalah salah satu dari sedikit yang bertahan hidup dan ia menggunakan kostum Captain America untuk misi terakhirnya. Namun sebenarnya itu bukan bagian dari rencana, dan Bradley dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena mencuri kostum dan tameng Captain America. Bradley pun menjalani hukumannya selama tujuh belas tahun, sebelum akhirnya diberikan ampunan dan disumpah untuk merahasiakan apa yang terjadi.

Sudah jelas bahwa pria yang muncul di post-credit scene Falcon and Winter Soldier adalah Isaiah Bradley. Nomor subjeknya mengacu pada partisipasinya dalam proyek Super Soldier baru yang kemungkinan besar dihidupkan kembali. Namun jika angka “07656” menunjukkan jumlah peserta yang mengikuti uji coba Serum Super Soldier, itu berarti pesertanya berjumlah lebih dari 7000 perserta. Bradley mungkin menjadi salah satu dari sedikit orang yang selamat dalam percobaan tersebut.

Bisa jadi serial Falcon and Winter Soldier akan mengungkap bahwa sebenarnya Bradley telah menjadi Captain America di hari-hari terakhir Perang Dunia II, atau mengubah ceritanya sedikit berbeda untuk menempatkan Isaiah dalam perang Korea atau Vietnam. (Featured Image: cbr.com)

Hiro Studios

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.