Dalam cerita One Piece, buah iblis merupakan hal yang tidak terpisahkan selain elemen lainnya dalam cerita, seperti Haki. Buah iblis adalah salah satu sumber kekuatan dari sebagian besar karakter. Contoh paling nyata dari hal ini adalah Monkey D. Luffy, yang merupakan karakter protagonist utama dari seri ini.

Luffy memiliki kekuatan buah iblis Gomu Gomu dimana tubuhnya bisa elastis seperti karet. Buah iblis ini tentunya sangat berguna di dalam sebuah pertarungan, sama halnya dengan buah iblis lainnya seperti Magu Magu no Mi, Hie Hie no Mi, dan masih banyak lainnya. Namun, ada  juga buah iblis yang jauh lebih baik jika digunakan tidak di dalam sebuah pertarungan. Apa saja?

Kobu Kobu no Mi

Seperti yang kita ketahui, buah iblis Kobu Kobu no Mi adalah buah iblis yang dimakan oleh Belo Betty, salah satu komandan Pasukan Revolusi. Buah iblis tersebut memberikan Betty kekuatan untuk memberikan dukungan kepada siapapun yang dia inginkan. Kekuatannya pernah dia tunjukan pada saat memberikan semangat dan kekuatan kepada mereka rakyat miskin di sebuah wilayah kerajaan.

Wong-sello.blogspot.com

Meskipun baru diperlihatkan sekilas, namun dengan posisinya sebagai salah satu komandan Pasukan Revolusi menjadi bukti bahwa kekuatan Belo Betty tidaklah sembarangan. Mungkin kita akan melihat kekuatan Belo Betty lagi di cerita selanjutnya.

Giro Giro no Mi

Buah iblis Giro Giro no Mi adalah buah iblis berjenis Paramecia yang memiliki kekuatan untuk bisa membaca pikiran lawan ataupun melihat apapun dengan menggunakan penglihatan sinar X. Buah iblis ini dimiliki oleh Viola/Violet dan kemampuannya diperlihatkan saat arc Dressrosa. Viola menggunakan kemampuannya tersebut untuk memeriksa tubuh Sanji.

Pinterest.se

Dibandingkan dipakai dalam sebuah pertarungan, buah iblis ini lebih cocok digunakan di luar pertarungan, misalnya dipakai untuk menginterogasi seseorang untuk informasi. Inilah yang kemudian membuat Viola menjadi aset yang berharga bagi kelompok bajak laut Donquixote.

Doa Doa no Mi

Buah iblis ini diperkenalkan dalam Water 7 Saga. Buah iblis ini bertipe Paramecia dan dikonsumsi oleh Blueno, mantan anggota dari CP9. Kemampuan yang diberikan oleh buah iblis ini sangat luar biasa sebenarnya. Blueno bisa menciptakan sebuah pintu atau celah dimanapun dan kapanpun. Tidak peduli permukaannya seperti apa, Blueno akan selalu bisa muncul.

CBR.com

Kemampuan ini sebenarnya tidak cocok digunakan dalam pertarungan, karena lebih cocok jika kekuatan ini digunakan untuk sebuah misi penyusupan. Dengan menggunakan kekuatan buah iblis ini, seseorang bisa tiba di tempat tujuan dengan singkat dan tanpa diketahui oleh orang lain.

Inu Inu no Mi, Model: Kyuubi

Catarina Devon mengkonsumsi buah iblis tipe Zoan yang sama dengan Jabra, yaitu Inu Inu no Mi. Hanya saja modelnya yang berbeda yaitu Kyuubi, alias serigala berekor sembilan dan juga model buah iblisnya termasuk langka. Kelebihan dari buah iblis yang dikonsumsi oleh Catarina adalah dia mampu bertansformasi menjadi karakter tertentu (kloning). Kekuatan ini hampir mirip dengan kekuatan Mane Mane no Mi.

CBR.com

Namun, yang membedakan buah iblisnya dengan Mane Mane no Mi adalah Catarina tidak perlu menyentuh tubuh sosok yang hendak dia tirukan. Sama halnya seperti Doa Doa no Mi, buah iblis ini lebih cocok dipakai untuk misi penyusupan, karena penggunanya bisa menyamar menjadi siapapun yang memang bisa membantu mereka menyelesaikan misinya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.